Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Disiarkan Lewat TikTok, JFW 2021 Hadirkan 'Tribute to Barli Asmara'

Disiarkan Lewat TikTok, JFW 2021 Hadirkan 'Tribute to Barli Asmara' © MEN

Dream - Jakarta Fashion Week (JFW) kembali dihelat pada 26 hingga 29 November 2020. Gelaran tahun ini menghadirkan pertunjukan spesial bertajuk 'Tribute to Barli Asmara' untuk mengenang desainer kenamaan yang wafat pada pada 27 Agustus 2020.

Di tahun-tahun sebelumnya, desainer kelahiran 3 Maret 1978 itu kerap meramaikan panggung mode JFW dengan karya-karya bernuansa klasik.

"Semasa hidupnya, Barli adalah desainer yang banyak menghasilkan karya-karya indah sehingga beliau patut diberikan penghargaan," ucap Lenni Tedja, Direktur Jakarta Fashion Week, di Jakarta, Kamis 19 November 2020.

Beradaptasi dengan gaya hidup baru di tengah pandemi, JFW tahun ini hadir dengan konsep berbeda. Proses produksi JFW 2021 dilakukan di Senayan City, Jakarta Pusat, dengan mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Seluruh rangkaian acara disiarkan secara virtual melalui platform digital, seperti live stream melalui microsite JFW.TV, kanal media sosial resmi dan platform digital para partner.

Disiarkan Lewat TikTok

Jakarta Fashion Week 2021 juga menjadi perhelatan mode pertama di Indonesia yang disiarkan secara live melalui TikTok. Acara kali ini mengusung kampanye 'Inspiring Creativism', sebagai cerminan bahwa situasi pandemi tak menjadi halangan para pelaku mode dalam berkarya.

"Kita dapat mengubah pandemi menjadi momen penuh harapan. Di dalamnya ada tantangan untuk menciptakan berbagai inovasi baru, rasa semangat, kebersamaan dan kepedulian yang lebih kuat dibandingkan masa-masa sebelumnya," tutur Svida Alisjahbana, CEO GCM Group.

Barli Asmara di JFW 2019

Sebanyak 61 desainer dan label fashion akan memamerkan koleksi terbaru mereka di panggung runway. Mereka di antaranya Rinaldy Yunardi (Refounders), Wilsen Willim, Tities Saputra, KAMI, Jenahara, Rani Hatta (Hattaco), Restu Anggraeni (ETU), dan masih banyak lagi.

Gelaran ini turut dimeriahkan dengan kehadiran ratu-ratu kecantikan, yaitu Rr. Ayu Maulida Putri (Puteri Indonesia 2020), Putu Ayu Saraswati (Puteri Indonesia Lingkungan 2020), Jihane Almira Chedid (Puteri Indonesia Pariwisata 2020) dan para JFW 2021 Icons.

Serba Hitam Putih, Karya Desain Terakhir Barli Asmara Sarat Makna

Dream - Kabar meninggalnya desainer kondang Barli Asmara menutup usia pada Kamis, 27 Agustus 2020 mengejutkan banyak orang. Pria kelahiran Bandung itu berpulang di usia yang masih sangat muda, 42 tahun.

Sebelum meninggal dunia, Barli sempat dilarikan ke ruang ICU rumah sakit. Jenazah Barli dimakamkan di Barli sesuai prosedur Covid-19 karena tidak bisa diterbangkan ke Bandung, Jawa Barat.

Barli Asmara terjun ke dunia fashion pada 2002 silam dengan mendirikan koleksi baju siap pakai serta busana couture. Ia pergi meninggalkan dunia usai meluncurkan koleksi bertajuk 'Unchained' beberapa pekan sebelumnya.

"Terinspirasi oleh individu-individu yang berani mengekspresikan diri, koleksi Unchained menampilkan sisi feminin yang strong," tulis Barli di Instagram.

      View this post on Instagram      

A post shared by Barli Asmara (@barliasmara) on

 

Intip Koleksinya

Pria yang dikenal lewat rancangan couture bergaya Eropa klasik itu menghadirkan koleksi busana muslim nan elegan dalam siluet monokrom.

Barli Asmara

Terdapat enam maxi dress dan jumpsuit bersiluet oversized yang terdiri atas warna hitam, putih dan magenta. Setiap aksen dibubuhkan dengan sempurna oleh Barli Asmara.

Ia mengolah kain lace dan polyester dengan corak manis berupa stripes minimalis. Beberapa gaun dibiarkan terlihat polos tanpa motif guna menonjolkan detail lace serta kilau polyester yang mewah.

Sentuhan Klasik

Sahabat karib Dian Pelangi itu juga kembali bermain dengan siluet balon sleeve yang kerap ditampilkan di hampir seluruh koleksi klasik. Koleksinya menyiratkan sisi feminin dan juga kekuatan seorang wanita.

Barli Asmara

Barli turut menggandeng sejumlah publik figur sebagai muse untuk peluncuran koleksi 'Unchained'. Mereka di antaranya Jovi Adhiguna dan Okky Asokawati.

Menilik situs resmi Barli Asmara, koleksi tersebut dibanderol mulai dari Rp989 ribu - Rp1 juta. Barli juga sempat membagikan koleksinya secara cuma-cuma lewat program giveaway yang diadakan lewat Instagram.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Plaza Indonesia Fashion Week Kembali Hadir, Suguhkan Banyak Koleksi dari Desainer Ternama, Yuk Berburu Busana Ramadan!

Plaza Indonesia Fashion Week Kembali Hadir, Suguhkan Banyak Koleksi dari Desainer Ternama, Yuk Berburu Busana Ramadan!

Kamu bisa saksikan banyak koleksi mulai untuk anak-anak hingga modest wear.

Baca Selengkapnya
Style 4 Selebriti Indonesia Saat Ikut Pemilu di Luar Negeri

Style 4 Selebriti Indonesia Saat Ikut Pemilu di Luar Negeri

Meskipun berada di luar negeri, mereka tetap menunjukkan keseriusan dan tanggung jawab sebagai warga negara Indonesia.

Baca Selengkapnya
Potret Siti Atikoh Pakai Kerudung Motif Aksara Jawa

Potret Siti Atikoh Pakai Kerudung Motif Aksara Jawa

Kerudung dengan motif aksara Jawa yang dipilih Siti Atikoh merupakan simbol dari kekayaan budaya Indonesia.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Fashion Show Lempari Model dengan Sampah, Brand Ini Langsung Picu Kontroversi

Fashion Show Lempari Model dengan Sampah, Brand Ini Langsung Picu Kontroversi

Salah satu hal yang menarik perhatian dunia fesyen adalah yang didirikan duo desainer asal di Italia, AVAVAV.

Baca Selengkapnya
Tren Warna Busana Lebaran 2024, Tengok Pilihannya Sebelum Belanja

Tren Warna Busana Lebaran 2024, Tengok Pilihannya Sebelum Belanja

Berikut adalah beberapa warna yang diproyeksikan akan menjadi tren yang dibagikan Instagram @1safirausman dan inspirasi mix and match ala Dream.

Baca Selengkapnya
Potret Gibran Penuhi Panggilan Bawaslu Soal Bagi-Bagi Susu di CFD, Didampingi Eks Stafsus Jokowi

Potret Gibran Penuhi Panggilan Bawaslu Soal Bagi-Bagi Susu di CFD, Didampingi Eks Stafsus Jokowi

Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu mengaku tak ada persiapan khusus untuk bertemu pimpinan Bawaslu.

Baca Selengkapnya
DRESS IT! Tips Melipat Lengan Kemeja

DRESS IT! Tips Melipat Lengan Kemeja

Terdengar simple, cara membuat melipat lengan kemeja agar terlihat ternyata ada trik lho Sahaba Dream. Nah sekarang kamu bisa simak video berikut.

Baca Selengkapnya