Daihatsu Optimistis Penjualan Mobil Tetap Positif Meskipun Tak Ada Diskon PPnBM 100 Persen. (foto: Astra Daihatsu Motor)
Dream – Bulan ini merupakan masa terakhir diskon 100 persen PPnBM. Setelah Agustus, nantinya yang berlaku adalah diskon 25 persen PPnBM. Meski demikian, Daihatsu optimistis penjualan mereka bisa positif.
“ Jawaban kita, optimistis,” kata Marketing and Customer Relations Division Head PT Astra Internationa-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso, dalam konferensi pers virtual, Jumat 20 Agustus 2021.
Ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan Daihatsu. Pertama, perusahaan otomotif itu akan melihat perkembangan pandemi Covid-19. Mereka optimistis badai Covid-19 bisa mereda. Apalagi, sekarang vaksinasi Covid-19 terus digencarkan.
“ Kita assume, setelah Agustus, September ke depan sana bisa lebih baik,” kata dia.
Ditambah lagi, ekonomi Indonesia tumbuh 7,07 persen pada kuartal II 2021. Hendrayadi mengaku tidak menyangka perekonomian Indonesia bisa tumbuh lebih baik.
“ Kami berharap pertumbuhan ekonomi akan lebih baik,” kata dia.
Kemudian, lanjut Hendryadi, perekonomian yang membaik berarti daya beli masyarakat juga mulai pulih. Ini berarti masyarakat sudah mulai tidak menahan uangnya di tengah kondisi yang tidak pasti. Apalagi, masih ada diskon PPnBM 25 persen.
“ Daihatsu optimistis melihat faktor-faktor itu tadi. Mudah-mudahan pasar otomotif bisa lebih baik sehingga penjualan lebih meningkat dari bulan ke bulan,” kata dia.
Dream – Berbagai cara dilakukan perusahaan untuk memanjakan konsumen saat peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2021 mendatang. Daihatsu tak mau ketinggalan momen spesial ini dengan menebar diskon untuk konsumen setianya hingga akhir Agustus 2021.
Dikutip dari keterangan tertulisnya, program diskon Daihatsu akan berlangsung di semua bengkel resmi dan berlaku untuk semua model kendaraan.
Ada dua pilihan paket promo, yaitu Paket Merdeka 1 yang memberikan diskon material fogging sebesar 17 persen dan spare part 8 persen. Sementara Paket Merdeka 2 memberikan potongan harga 45 persen untuk jasa servis dan diskon Rp76 ribu untuk tune up kendaraan.
“ Dengan semangat menyambut kemerdekaan, Daihatsu ingin memberikan apresiasi kepada pelanggan dengan memberikan paket service yang ekonomis,” kata Service Departement Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Ratno Yunanto, di Jakarta.
Pelanggan, lanjut Ratno, bisa memilih paket yang paling sesuai dengan kebutuhannya, sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Dia menyarankan pelanggan bisa memesan layanan terlebih dahulu di bengkel terdekat atau menghubungi Daihatsu Access di nomor 1-500-898. Ratno menerapkan protokol kesehatan yang ketat sehingga aman dan nyaman bagi setiap pengunjung.
“ Semoga program ini dapat membantu memudahkan pelanggan setia dalam merawat kendaraan Daihatsu kesayangannya agar tetap dalam kondisi prima saat digunakan beraktivitas,” kata dia.
Dream – Keputusan Pemerintah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat selama 3-20 Juli 2021 disambut pabrikan otomotif dengan mengurangi sementara operasional bengkel resmi. Layanan hanya diberikan untuk perawatan kendaraan di yang menunjang usaha sektor kritikal.
Penutupan sementara bengkel resmi untuk kendaraan pribadi salah satunya dilakukan oleh pabrikan Daihatsu. Langkah itu sebagai bentuk dukungan perusahaa terhadap program pemerintah serta mengutamakan kesehatan dan keselamatan karyawan.
“ Daihatsu dan seluruh pihak terus mendukung program pemerintah dalam memutus rantai penyebaran pandemi Covid-19,” kata Marketing and Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso, dalam konferensi pers virtual, Kamis 15 Juli 2021.
Di area yang terdampak PPKM Darurat, Hendrayadi menyebut semua showroom Daihatsu di Jawa-Bali tutup sementara. Begitu pula dengan tambahan 15 kota/kabupaten lainnya.
Daihatsu sudah menerapkan 100 persen work from home (WFH) pada karyawan dan tetap berkomitmen melayani pelanggan dengan maksimal dari rumah.
“ Kami mohon dukungan dan pengertiannya dari pelanggan atas kebijakan pembatasan beberapa layanan sementara ini,” kata dia.
Hendrayadi menambahkan layanan bengkel Daihatsu tetap beroperasi khususnya untuk merawat kendaraan yang bergerak di sektor kritikal seperti transportasi, logistik, distribusi barang dan jasa serta layanan kesehatan.
Namun, lanjutnya, bengkel hanya beroperasi 10 persen dari kapasitas. Perusahaan berharap pelanggan untuk memesan terlebih dahulu layanan perawatan berkala sebelum menuju ke lokasi bengkel ini.
Sementara untuk penjualan kendaraan, Daihatsu menyediakan layanan Daihatsu Access di nomor 1-500-898 mobile apss DaihatsuKu, situs resmi Astra Daihatsu Motors, serta layanan virtual assistant Chatbot Daisy. Pelanggan juga bisa menghubungi outlet atau bengkel Daihatsu terdekat.
“ Memang nggak bisa ketemu langsung, tapi yang di Jawa Bali bisa melalui online,” kata dia.