Harga Sandal Birkinstocks Capai Rp1 Miliar?

Reporter : Dwi Ratih
Rabu, 10 Februari 2021 13:31
Harga Sandal Birkinstocks Capai Rp1 Miliar?
Apakah ada yang beli?

Dream – Akhirnya The Brooklyn Collective, MSCHF mengunggah postingan baru megenai teka-teki produk yang akan dikeluarkannya pada minggu kedua Februari ini.

Produk itu sandal eksklusif yang pernah di buat sepanjang masa. Sepotong alas kaki yang terbuat dari sol gabus dan karet Birkinstock asli, dengan bagian atas terbuat dari kulit tas Hermes Birkin, membuat syok para pembacanya.

Birkinstock menjadi salah satu mode kelas atas dan terobsesi dari luar angkasa.

Barang mewah ini banyak menerima komentar tajam dari nerizen berupa sindiran-sindiran. Seperti Bahkan lebih baik investasi ini daripada emas atau Ini awal kehancuran karya-karya kreatif dari Joseph Schumpeter's.

Hadirnya Brikinstock di pasar fashion menimbulkan pandangan masyarakat yang menyatakan, sebenarnya ini adalah aksi yang sengaja dilakukan untuk merusak internet, dan mengambil keuntungan pada saat bersamaan.

“ Kami hanya terpesona dengan menghancurkan hal-hal mahal dan menciptakan kembali sesuatu yang baru,” ujar Daniel Greenberg, Kepala Strategi MSCHF, tertulis pada The New York Times.

Namun, bagaimanapun juga MSCHF telah membuat banyak kericuhan dan kebisingan dalam kalangan Streetwear pada mode kelas atas, serta mereka mulai mencoba untuk beralih dari lelucon ke ranah meta-pop.

1 dari 7 halaman

Birkinstocks© Photo: MSCHF

Sepatu dengan kisaran harga 34.000–76.000 dolar setara dengan 500 juta rupiah hingga 1 miliaran ini hanya dibuat saat ada pesanan saja alias Pre-Order.

Harga yang dijual sesuai dengan ukuran sepatu yang dibuat. Meski begitu mahalnya, sepatu ini sangat cepat terjual, bahkan hanya dalam hitungan detik.

Diketahui, sepatu ini telah terjual kepada pembeli spesial yakni Future, orang yang menjadi model Instagram MSCHF, Kehlani, serta seorang kolektor seni yang tidak disebutkan namanya.

Mengapa mereka memilih Birkin untuk pertama kalinya masuk ke Mode kelas atas?

“ Birkin seperti budaya meme, simbol untuk jenis kekayaan tertentu, dengan menumbuknya menjadi objek yang benar-benar dapat diakses, ingin memaksa orang untuk mempertanyakan simbolisme itu ditambah permainan kata ini benar-benar lucu,” kata Lukas Bentel, salah satu Direktur Kreatif MSCHF.

MSCHF didirikan pada 2016 yang berawal di lingkungan Williamsburg, Brooklyn. Kemudian berkembang meluas, mulai dari ide, muncul ‘haters’, hingga produk konkret seperti Birkinstock.

Sehingga memunculkan penggemar fanatik di media sosial dan segelintir selebriti, seperti Drake yang kebetulan terobsesi dengan tas Birkin.

2 dari 7 halaman

Birkinstocks© Photo: MSCHF

Sebenarnya nama Birkin ini dibuat untuk aktris, Jane Birkin yang diciptakan Hermes pada 1984 dan menjadi sangat terkenal karena nilainya.

Salah satu tas termahal yang diproduksinya adalah Diamon Himalaya Niloticus Crocodile Birkin 30 dengan emas putih 18 karat serta berlian, dengan harga 370.000 dolar setara dengan 5 miliaran rupiah sekarang ini. Terjual di Christie’s, Hong Kong pada 2017 lalu.

Namun, bagaimanapun juga MSCHF tidak memikirkan hal itu, yang menjadi fokusnya adalah proyek memperbarui tas Birkin Hermes yang kemudian akan dibuat jadi sepatu Birkinstock.

Sebenarnya ide gila ini tidak hanya terjadi sekali ini saja, sebelumnya juga pernah ada kejadian serupa, seperti kejadian Daniel Day pada 1980an, Dapper Dan membuat namanya menggunakan logo dari merek Louis Vuitton dan Gucci dan pada 1999 Miguel Adrover mengambil alih acara New York Fashion Week dengan tampil memakai rok mini yang terbuat dari Vuitton Trunk.

(Laporan: Josephine Widya, Sumber: Nytimes)

 

3 dari 7 halaman

Fashion Item yang Wajib Ada di Lemari Kamu!

Dream – Saking banyaknya fashion item justru bikin bingung para wanita untuk menentukan outfit yang ingin dikenakan. Beberapa pakaian bahkan ada yang tidak terpakai sama sekali.

Sebenarnya pakaian yang kamu miliki tidak harus banyak hingga menumpuk. Kamu hanya perlu punya beberapa pakaian basic yang dapat kamu padu padan sesuai keinginan, untuk tampil berbeda di tiap harinya.

Ilustrasi© Shutterstock

Berikut ada beberapa pakaian wanita yang wajib kamu miliki. Apa saja ya?

4 dari 7 halaman

Atasan putih

Atasan putih yang kamu perlukan adalah kemeja dan kaus putih, karena pakaian ini tidak akan pernah salah dan pasti sering digunakan.

Item satu ini dapat kamu padukan dengan celana denim dan bahan lainnya yang digunakan untuk tampilan formal. Agar lebih trendi, kaus putih bisa kamu lapiskan dengan sweater atau sleeves.

Ilustrasi© Shutterstock

Jeans atau denim

Jeans atau denim merupakan salah satu pakaian dasar yang diperlukan setiap wanita. Model jeans bermacam-macam, dari skinny, high waist, flared, hingga cropped.

Jadi pilih dan belilah jeans yang dapat membuat nyaman dan kamu sukai.

5 dari 7 halaman

Blazer

Blazer dapat dipadukan dengan blouse atau kemeja atau juga gaun. Carilah blazer berwarna netral dan sesuaikan dengan bentuk tubuh.

Gaun hitam

Pakaian ini jadi pilihan dari waktu ke waktu yang tidak akan pernah hilang dari peradaban mode, busana yang sederhana namun rupawan, wajib kamu miliki, ya, Sahabat Dream.

Ilustrasi© Shutterstock

Celana hitam berbahan non denim

Selain jeans atau denim, celana hitam berbahan non denim ini juga perlu ada di lemari pakaian kamu. Tampilan yang biasa dapat menjadi memukau dengan celana hitam ini.

6 dari 7 halaman

Jaket kulit

Dengan jaket kulit akan memberikan tampilan terlihat lebih casual. Jika kamu akan bepergian di siang hari kamu bisa menggunakan jaket kulit ini.

Mantel

Pakaian ini harus kamu miliki saat musim dingin atau hujan, karena akan sangat berguna untuk menghangatkan tubuh. Padukan mantel dengan atasan kaus sederhana dan jeans, sudah terlihat keren, kok.

Nude heels

Beralih ke alas kaki, hak berwarna nude merupakan salah satu perlengkapan yang wajib dimiliki setiap wanita.

Dengan ini kamu akan terlihat lebih tinggi beberapa centi dan kaki akan terlihat lebih rupawan. Nude heels dapat dipadukan dengan pakaian apa saja yang berwarna netral.

Flat shoes

Sandal flat juga menjadi pilihan yang wajib kamu punya, nih, Sahabat Dream. Sandal ini akan terus menjadi tren dari waktu ke waktu dan tidak akan hilang.

Nyaman dipakai untuk kemana saja dan pada acara apa saja.

White sneakers

Punya sneaker putih juga penting, selain kenyamanan, sepatu ini dapat digunakan ke acara apapun. Bahkan untuk ke pesta kamu juga bisa menggunakan ini.

Perhiasan

Beberapa perhiasan yang harus kamu miliki adalah kalung, anting-anting, gelang. Perhiasan ini diperlukan untuk melengkapi setiap busana yang kamu kenakan, nih, Sahabat Dream.

7 dari 7 halaman

Tas jinjing

Belilah tas jinjing berukuran medium dan berwarna netral agar dapat dipakai dengan busana apapun yang kamu kenakan. Tas ini mudah untuk kamu kenakan sehari-harinya untuk bepergian.

Tas selempang

Bagi para remaja sekarang ini, tas selempang sedang ngetren, apalagi di masa pandemi yang membuat kita semakin malas membawa tas besar dan barang yang banyak. Jadi cocok untuk kamu yang malas membawa tas-tas besar.

(Laporan: Josephine Widya, Sumber: Fustany)

Beri Komentar