Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Sudah Lama Tidur tapi Masih Merasa Lelah, Waspada Kamu Mungkin Mengidap Deretan Penyakit Ini

Sudah Lama Tidur tapi Masih Merasa Lelah, Waspada Kamu Mungkin Mengidap Deretan Penyakit Ini Shutterstock

Dream - Kamu pasti sudah sering mendengar bahaya dari kurang tidur yang mengakibatkan sejumlah masalah kesehatan. Namun bukan berarti kamu juga menambah tidur lebih lama dari waktu yang disarankan. 

Waktu tidur berlebihan juga dapat menyebabkan masalah kesehatan, terutama jika kamu masih merasa lelah meskipun sudah tidur dalam periode yang lama. Hal tersebut bisa menjadi pertanda bahwa kamu mengalami masalah kesehatan.

Maka dari itu, penting untuk memperhatikan tanda-tanda ini untuk mencegah dampak yang buruk. Dilansir dari brightside.com, berikut alasan mengapa kamu menjadi banyak tidur.

Hipersomnia

Hipersomnia merupakan keadaan ketika durasi tidur pada malam atau siang hari meningkat. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa kantuk dan lelah pada siang hari, bahkan ketika tidur lebih dari jumlah yang disarankan.

Gejala hipersomnia dapat berupa merasa mengantuk dan lelah di siang hari, sulit untuk bangun di pagi hari, dan merasa bahwa tidur siang di siang hari tidak membantu sama sekali. Hal ini dapat menyebabkan kecemasan, kegelisahan, tidak berpikir dengan benar, sakit kepala, dan tidak nafsu makan.

 

Depresi

Tidur berlebihan dapat menjadi dampak akibat depresi. Hal ini dapat terjadi selama remaja, kebalikan dari orang dewasa yang biasanya mengalami insomnia ketika depresi. Selain itu, perempuan adalah golongan yang tidur lebih banyak dan merasa sangat lelah di siang hari ketika mereka mengalami depresi.

Masalah Jantung

Salah satu tanda bahwa kamu mungkin menderita penyakit yang berhubungan dengan jantung adalah tidur berlebihan, termasuk juga rasa kantuk di siang hari. Namun, hal ini bukan hal yang pasti karena sulit untuk menentukan penyebab dari terlalu banyak tidur.

 

Masalah Tiroid

Masalah tiroid yang mempengaruhi pola tidur ada dua jenis. Salah satunya menyebabkan insomnia, sedangkan yang lain menyebabkan tidur berlebihan atau perasaan lelah sepanjang waktu. 

Tiroid bertugas untuk membuat hormon, hormon yang terlalu banyak dapat menyebabkan terbangun sepanjang malam, merasa jengkel, dan berkeringat di malam hari. Sedangkan hormon yang terlalu sedikit dapat menyebabkan gangguan pada tidur, seperti kedinginan, nyeri otot, dan menyebabkan terlalu banyak tidur.

Gangguan Musiman

Seasonal Affective Disorder (SAD) atau Gangguan Afektif Musiman adalah jenis depresi yang terkait dengan perubahan musim. Musim yang berbeda memiliki dampak yang berbeda pada pengidap masalah kesehatan ini.

Jenis depresi ini dimulai dan berakhir pada waktu yang sama setiap tahun. Gejala seperti murung dan sensitif dimulai di musim gugur dan berlangsung sampai sepanjang dingin, dan berkurang ketika musim semi dan musim panas.

 

Tidur Kurang dari 6 Jam Per-Malam

Tidak mendapatkan jumlah tidur yang tepat dapat menyebabkan masalah tidur berlebihan yang serius. Kekurangan durasi tidur dapat membuat kamu tidur lebih lama dari biasanya. 

Sleep Apnea Obstruktif

Apnea tidur obstruktif terjadi ketika terdapat penyumbatan di jalur udara yang menyebabkan saluran udara bagian atas runtuh selama sekitar 10 detik. Hal ini dapat terjadi ratusan kali per-malam sehingga mengganggu tidur kita, dan waktu tidur menjadi sedikit sehingga menyebabkan rasa lelah keesokan harinya.

Laporan: Meisya Harsa Dwipuspita

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Dear Pengidap Hipertensi, Yuk Hindari 6 Makanan Pemicu Darah Tinggi Ini

Dear Pengidap Hipertensi, Yuk Hindari 6 Makanan Pemicu Darah Tinggi Ini

Darah tinggi juga biasa dikenal sebagai hipertensi yaitu suatu gangguan tubuh di mana kecepatan darah di dalam pembuluh darah meningkat secara signifikan.

Baca Selengkapnya
Sering Terlelap Sampai Durasi Tidur Berlebih Akhir-Akhir Ini? Mungkin Ini Penyebabnya

Sering Terlelap Sampai Durasi Tidur Berlebih Akhir-Akhir Ini? Mungkin Ini Penyebabnya

Ternyata, tidur berlebihan dapat berhubungan dengan masalah kesehatan, baik fisik maupun mental. Berikut adalah beberapa penyebab tidur berlebih.

Baca Selengkapnya
Ingin Tidur Lelap dan Stop Bergadang? Dokter Sarankan Berjemur 20 Menit Tiap Hari

Ingin Tidur Lelap dan Stop Bergadang? Dokter Sarankan Berjemur 20 Menit Tiap Hari

Insomnia atau kebiasaan begadang di malam hari sulit diatasi. Coba terapkan beberapa kebiasaan ini agar mudah tidur lebih cepat.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Kebiasaan Tidur Tengkurap Bahaya untuk Kesehatan Tubuh

Kebiasaan Tidur Tengkurap Bahaya untuk Kesehatan Tubuh

Ada saja yang lebih menyukai tidur dengan posisi tengkurap. Namun, apakah itu baik untuk tubuh?

Baca Selengkapnya
Susah Tidur Malam Walau Lelah, Ini Sebabnya

Susah Tidur Malam Walau Lelah, Ini Sebabnya

Tubuh yang lelah tidak menjamin kamu lebih mudah tertidur di malam hari. Kondisi mental ternyata bisa jadi penyebab kamu sulit tidur meski sudah lelah.

Baca Selengkapnya
7 Buah yang Ampuh Turunkan Kolesterol, Pastikan Konsumsi Rutin

7 Buah yang Ampuh Turunkan Kolesterol, Pastikan Konsumsi Rutin

Ternyata kadar kolesterol yang tinggi bisa mengakibatkan kondisi kesehatan menurun dan menyebabkan penyakit kronis.

Baca Selengkapnya