Instagram @jfwofficial
Dream - Bisnis fashion di masa pandemi rupanya tidak mengalami penurunan signifikan. Masyarakat tetap aktif membeli kebutuhan pakaian meskipun perekonomian sedang melambat akibat pandemi Covid-19.
Apalagi saat memasuki bulan Ramadan. Banyak masyarakat mengeluarkan anggaran ekstra untuk mempersiapkan berbagai outfit yang akan dipakai saat Hari Raya nanti.
Hal ini memicu para desainer untuk terus kreatif dan berinovasi sesuai keadaan untuk terus memenuhi kebutuhan para pecintanya. Termasuk 19 desainer lokal Indonesia yang menampilkan koleksi eksklusif mereka di Ramadhan Fashion Festival 2022 (RFF).
RFF berlangsung pada 7–17 April 2022 yang dilaksanakan secara hybrid di platform offline dan online. Secara offline, retail fisik tersedia di area Atrium Level 2 Pondok Indah Mall III dan secara online retail store tersedia di platform e-commerce Shopee.
Mengusung empat kategori terdiri dari quirky, romantic, ecletic-chic, dan essentials diharapkan koleksi eksklusif hasil kurasi JFW dapat menjadi inspirasi gaya di Hari Raya.
“ Setiap kategori disesuaikan dengan desain para desainer, pada kategori romantic desain yang ditampilkan lebih romantis memakai bahan ringan dengan sentuhan lace,” jelas Svida Alisjahbana CEO GCM Group & Chairwoman JFW pada press conference Ramadhan Fashion Festival, Kamis 7 April 2022.
Quirky lebih modest wear untuk anak muda dan essential untuk pakaian sehari-hari. Lalu ecletic-chic memberi sentuhan batik atau kain tradisional yang dibuat menjadi pakaian kontemporer.
RFF 2022 menghadirkan 6 seri virtual fashion show yang menampilkan 19 desainer berkonsep modest-wear, seluruh rangkaian RFF dapat diakses melalui situs web resmi JFW.TV.
“ Semua desainer yang sudah siap koleksinya, satu bulan yang lalu. Lalu kita harus membuat fashion video untuk merepresentasikan look dari para desainer,” tambah Svida.
Proses pengambilan gambar untuk virtual fashion show telah dilangsungkan di area Pondok Indah Mall III dan InterContinental Jakarta Pondok Indah dengan menampilkan jenama Bateeq, Sav Lavin, RTW Studio by Rinda Salmun, Everyday, Studiomoral, Scarfola, Sideline, Batik Tepa Selira, Kar, Glashka, Studio Yasa, Jenna&Kaia, Nona, Starry, Holy Peony, Saul, Agnala, Nadjani, dan Batik Chic.
Lebih dari sekedar peragaan mode virtual, saat pagelaran fashion show RFF 2022 akan ada fitur See Now Buy Now yang dihadirkan.
“ Saat video kami buat katalog foto juga untuk bisa masuk ke shopee online jadi bisa langsung see now buy now,” tambah Svida.
Jadi, para konsumen dapat membeli langsung ketika menonton fashion show tanpa tanpa harus meninggalkan laman streaming.
Melalui Multi-Label Pop Up Store yang dikelola oleh Fashionlink, audiens dapat langsung membeli koleksi eksklusif RFF 2022 secara offline di Atrium Level 2 Pondok Indah Mall III maupun online melalui Shopee.
“ Semoga melalui RFF kali ini, para fashionista, khususnya pecinta modest-wear semakin terinspirasi dan mendapatkan pengalaman baru yang menyenangkan. Khususnya shopping experience yang kini semakin mudah, cepat, dan tersedia di beragam channel yang tersedia baik secara offline maupun online,” tambah Svida.
Selama 7-11 April 2022 terdapat beragam penawaran menarik yang sayang untuk dilewatkan. Tersedia promo diskon langsung untuk setiap transaksi menggunakan kartu debit dan kredit dari Bank Mandiri dan beragam hadiah menarik untuk setiap transaksi menggunakan Livin by Mandiri.
Sementara itu untuk transaksi online melalui Shopee tersedia limited time voucher hingga Rp 50.000 dan pengguna baru berkesempatan mendapat cashback hingga 100%.