Wajib Diperhatikan Saat Memilih Skincare Pria, Ladies Ingatkan si Dia Biar Tak Salah Pilih!

Reporter : Cynthia Amanda Male
Senin, 25 Juli 2022 08:47
Wajib Diperhatikan Saat Memilih Skincare Pria, Ladies Ingatkan si Dia Biar Tak Salah Pilih!
Perhatikan hal ini saat memilih skincare agar proses perawatan kulit pria tetap nyaman.

Dream - Meski kebanyakan menggunakan model wanita sebagai bintang iklan, namun kebiasaan perawatan kulit harus dilakukan oleh semua orang, termasuk pria. Pemakaian skincare merupakan salah satu upaya menjaga kesehatan kulit.

Setiap orang tentu memiliki perawatan kulit yang berbeda sesuai dengan kondisinya masing-masing. Begitu pula ketika memilih skincare untuk kaum pria.

Pria memiliki kondisi kulit yang berbeda dari wanita sehingga kebutuhan skincare juga takkan sama.

" Perempuan kulitnya lebih tipis, pori-pori wajah laki-laki lebih besar. Laki-laki juga lebih banyak kegiatan outdoor dan nggak serajin perempuan dalam merawat kulit. Kulitnya lebih berminyak dan mudah jerawatan juga," ungkap Ika Ayu, Dokter Kulit dalam acara perkenalan Aceskin di iCantix & Co. Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Memakai Skincare© Shutterstock

Foto: Shutterstock

1 dari 9 halaman

Ika menyarankan para pria untuk mengutamakan pemakaian sunscreen karena cenderung lebih banyak beraktivitas di luar ruangan.

" Paling penting pakai sunscreen yang water-based dan oil free," tuturnya.

Hal penting lain yang harus diperhatian pria adalah berhati-hati saat memilih serum. " Jangan pakai bahan yang iritatif. Takutnya, nggak rajin pakai sunscreen dan justru menyebabkan masalah kulit" .

Tentunya, dia menyarankan untuk menggunakan pembersih wajah yang mampu mengontrol kadar minyak alami kulit agar tetap nyaman saat beraktivitas sehari-hari.

Jika wajah terasa kering, boleh menggunakan pelembap atau serum berformula ringan yang mampu melembapkan kulit tanpa terasa lengket.

2 dari 9 halaman

Tabir Surya Sulit Menyerap ke Kulit? Perhatikan 6 Hal Ini

Dream - Meski sangat dianjurkan, masih banyak orang yang malas menggunakan tabir surya, apalagi mengaplikasikannya setiap dua jam sekali. Maklum, tekstur tabir surya lengket ketika diaplikasikan.

Tabir surya juga bisa mengubah warna kulit menjadi keabu-abuan. Selain itu, tabir surya juga bisa menggumpal dan meninggalkan residu. Seakan-akan produknya sangat sulit menyerap pada kulit.

Penggumpalan atau pengelupasan tabir surya yang baru digunakan dinamakan sunscreen pilling. Penyebabnya cukup beragam dan berbeda pada setiap orang.

Tentunya, hal tersebut bisa diatasi agar kamu tetap bisa menggunakan tabir surya saat beraktivitas. Berikut beberapa tips dari Dokter Kulit, Dian Pratiwi untuk mencegah sunscreen pilling.

 

3 dari 9 halaman

1. Mengontrol Produk yang Digunakan

Memakai Skincare© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Sunscreen pilling bisa disebabkan oleh pemakaian produk yang terlalu banyak dengan konsistensi cukup tebal. Sehingga, tabir surya pun sulit terserap ke dalam kulit dan menggumpal atau mengelupas.

Kontrol pemakaian produk perawatan kulit dan gunakan formula skincare yang lebih ringan agar terasa nyaman serta mudah menggunakan sunscreen.

4 dari 9 halaman

2. Memperhatikan Kandungan Pada Sunscreen

Memakai Skincare© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Kandungan pada tabir surya juga bisa menyebabkan pilling atau pengelupasan. Coba hindari pemakaian tabir surya yang mengandung silikon seperti dimethicone, amodimethicone, atau cyclomethicone, serta xanthan gum. Pilih tabir surya yang bertekstur lebih cair dengan partikel lebih kecil agar mudah terserap ke dalam kulit.

5 dari 9 halaman

3. Menggunakan Produk dengan Urutan yang Tepat

Memakai Skincare© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Menggunakan produk dengan urutan yang salah bisa membuat pemakaian skincare, termasuk sunscreen menjadi sia-sia. Gunakanlah produk dengan konsistensi paling cair hingga kental.

Biasanya, tabir surya memiliki konsistensi paling kental. Maka dari itu, tabir surya hampir selalu digunakan paling terakhir dalam urutan pemakaian skincare.

6 dari 9 halaman

4. Memastikan Produk yang Digunakan Benar-benar Terserap sebelum Memakai Skincare Lainnya

Memakai Skincare© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Tidak menunggu skincare hingga benar-benar menyerap sebelum memakai produk lainnya akan membuat perawatan kulitmu tidak efektif.

Biarkan produk yang digunakan menyerap terlebih dahulu sebelum memakai skincare lainnya. Biasanya, skincare membutuhkan 50-60 detik untuk terserap ke dalam kulit dan bisa ditumpuk dengan produk lainnya, termasuk tabir surya.

7 dari 9 halaman

5. Mengaplikasikan Tabir Surya dengan Ditepuk-tepuk

Memakai Skincare© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Tidak sedikit orang yang mengaplikasikan tabir surya dengan cara dioleskan ke seluruh wajah. Sebenarnya, cara tersebut tidak salah.

Namun jika mengalami sunscreen pilling, coba aplikasikan tabir surya dengan cara ditepuk-tepuk menggunakan jari. Cara tersebut akan mengoptimalkan penyerapan produk agar tidak meninggalkan residu.

8 dari 9 halaman

6. Mengeksfoliasi Kulit

Mengeksfoliasi Kulit© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Melakukan eksfoliasi secara rutin dapat mencegah penumpukan sel kulit mati serta penyumbatan pori-pori. Sehingga, pemakaian skincare akan lebih efektif dan penyerapannya pun mudah.

Kamu bisa melakukan eksfoliasi dengan scrub atau skincare tertentu 1-2 kali seminggu agar wajah lebih cerah, ternutrisi, serta pemakaian skincare pun lebih efektif.

Beri Komentar