Jokowi dan Susi Pudjiastuti 'Tampil' di New York Fashion Week

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Senin, 17 Februari 2020 13:13
Jokowi dan Susi Pudjiastuti 'Tampil' di New York Fashion Week
Ada wajah tidak asing yang dihadirkan di panggung runway NYFW Fall Winter Collections 2021.

Dream - Desainer Indonesia Maggie Hutauruk-Eddy kembali mencuri perhatian di gelaran New York Fashion Week. Ia menampilkan karya fashion dengan desain wajah para tokoh ikonik di dunia.

Dua tokoh kenamaan Indonesia Presiden Joko Widodo dan mantan Menteri Kelautan dan Perinanan Susi Pudjiastuti juga ikut diperlihatkan pada kesempatan itu. Maggie mencetak wajah mereka di atas karya fashion bertajuk 'Liga'.

" Saya menyadari bahwa saya dapat menggunakan platform @nyfw sebagai sarana mengekspresikan diri, bukan hanya sekadar fashion. Oleh karena itu saya mempersembahkan Presiden @jokowi ke @nyfw!" tulis Maggie di Instagram.

 2Madison Avenue© Foto: Barbara Barben Photography/Tim Muara Bagdja

Foto: Barbara Barben Photography/Tim Muara Bagdja

Cetakan digital Jokowi hadir menghiasi sweatshirt berwarna biru yang kasual. Pada gambar tersebut, Jokowi terlihat mengenakan jaket kuning yang pernah dipakai oleh aktivis lingkungan Greta Thunberg.

Berkiblat pada prinsip sustainable fashion, Maggie menggunakan bahan old denim, neoprene, dead-stock fabric dan karung gandum bekas untuk diolah menjadi koleksinya.

1 dari 6 halaman

Wajah Susi Pudjiastuti

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti juga hadir melengkapi koleksi 'Liga' karya Maggie Hutauruk-Eddy.

 2Madison Avenue© Foto: Barbara Barben Photography/Tim Muara Bagdja

Foto: Barbara Barben Photography/Tim Muara Bagdja

Masih dalam balutan jaket kuning Greta Thunberg, wajah Susi Pudjiastuti menghiasi atasan crop berlengan panjang warna biru. Atasan itu dipadu bersama midi skirt dan ankle heels yang sangat chic.

Motif pada outfit ini juga mencerminkan kepribadian Susi Pudjiastuti yang peduli terhadap kelestarian lingkungan, khususnya ekositem laut.

Kombinasi warna icy blue, biru muda, hijau, biru gelap dan turquoise berpadu membentuk corak terumbu karang dan buih laut.

" Look kali ini terinspirasi dari apa yang telah beliau (Susi Pudjiastuti) lakukan demi ekosistem maritim Indonesia. Saya sangat mengaguminya!" tulis Maggie.

Di perhelatan NYFW 2020, Maggie dari brand 2Madison Avenue menjadi satu-satunya desainer perwakilan Indonesia. Ia berbagi panggung dengan 7 desainer Asia lainnya seperti Yiyi Kwok, Yi-Ting Lee, Bettie Kim, Ruojing Wang, Chun Han, Bingyao Cheng, dan Shuai Zeng di bawah naungan CADA (the Council of Asian Designers of America)

2 dari 6 halaman

Lagi, Desainer Harumkan Nama Indonesia di Fashion Show Bergengsi

Dream - Untuk ketiga kalinya, label fashion Tanah Air 2Madison Avenue kembali mempersembahkan karya di New York Fashion Week (NYFW).

Brand yang digawangi oleh Maggie Hutauruk-Eddy ini akan menampilkan Fall/Winter Collections 2021 pada 10 Februari 2020 mendatang.

Bertempat di gedung tua berusia 150 tahun yang terletak di 417 Broadway, New York, 2Madison Avenue mempersembahkan koleksi bertajuk Liga (League).

 Maggie Hutauruk-Eddy© Foto: Dok. 2Madison Avenue.

Foto: Dok. 2Madison Avenue

Akan ada 16 set busana pret-a-porter atau siap pakai yang diperlihatkan di depan para penikmat mode.

Sebagai penutup pertunjukan Fall/Winter Collections 2021, Maggie juga telah mempersiapkan enam koleksi spesial untuk dipersembahkan di hadapan para buyers usai pagelaran.

3 dari 6 halaman

Pesan Kelestarian Lingkungan

 Maggie Hutauruk-Eddy© Foto: Dok. 2Madison Avenue

Foto: Dok. 2Madison Avenue

Maggie Hutauruk-Eddy merupakan satu-satunya desainer Indonesia yang akan berbagi panggung dengan tujuh desainer Asia lainnya di NYFW 2021.

Mereka diantaranya Yiyi Kwok, Yi-Ting Lee, Bettie Kim, Ruojing Wang, Chun Han, Bingyao Cheng, dan Shuai Zeng di bawah naungan CADA (the Council of Asian Designers of America).

Lewat karyanya, Maggie menitipkan pesan kepedulian akan lingkungan hidup dalam presentasi gaya khas kaum mode, wearable dan cantik.

 Maggie Hutauruk-Eddy© Foto: Dok. 2Madison Avenue

Foto: Dok. 2Madison Avenue

Di perhelatan NYFW 2020 sebelumnya, karya Maggie yang memakai bahan dasar karung tepung sukses jadi buah bibir.

Kali ini Maggie akan kembali dengan ciri khasnya yaitu tabrak corak, warna, tekstur dan ilustrasi wajah tokoh aktivis lingkungan.

4 dari 6 halaman

Kisah di Balik Baju 'Karung Tepung' di New York Fashion Week

Dream - Belum lama ini, baju dengan logo merek karung tepung mendadak viral karena muncul di gelaran New York Fashion Week (NYFW). Baju tersebut merupakan karya desainer Tanah Air, Maggie Hutauruk-Eddy.

Pemilik label 2Madison Avenue itu memboyong 12 busana bertajuk 'Vivify the Block' ke Amerika Serikat pada 9 September 2019. Salah satu rancangannya, yakni baju yang terbuat dari karung tepung sukses menyita perhatian.

  'Karung Tepung' di New York Fashion Week© Annisa Mutiara Asharini/Dream

Banyak orang mengira merek tepung tersebut di-endorse oleh sang desainer hingga mencapai NYFW. Namun ada kisah menarik di balik karung tepung yang menempel pada rancangan Maggie.

" Itu sebenarnya tidak sengaja. Saat aku mau ke NYFW cuma prepare sebulan dan ada beberapa look yang perlu grafis di tengahnya. Tapi aku tidak punya waktu untuk melukis, membuat sablon, bordir ataupun print," cerita Maggie ketika ditemui di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Jumat 27 September 2019.

  'Karung Tepung' di New York Fashion Week© Annisa Mutiara Asharini/Dream

5 dari 6 halaman

Idenya Berawal dari Sini

Desainer berdarah Batak itu pun termenung mencari ide. Suatu hari, ia tak sengaja melihat sang asisten tumah tangganya pulang berbelanja. Mbak Sum, namanya. Ia kedapatan membawa karung beras dan tepung yang menyita perhatian sang desainer.

" It looks good! Ukuran grafisnya pas, bentuk dar warnanya cocok untuk mengisi kekosongan salah satu bajuku. Akhirnya sisa karung kita kumpulkan dan dicuci," ungkapnya.

  'Karung Tepung' di New York Fashion Week© Annisa Mutiara Asharini/Dream

Wanita yang terbiasa bekerja dengan karakter impulsif itu kemudian menyulap karung-karung tersebut. Ia menempelkan potogan logo ke atas t-shirt berbahan jersey. Jahitan dibentuk dengan sangat rapih guna memenuhi standar pakaian New York.

Maggie memboyong busana karung tepung serta beras ke panggung NYFW Spring/Summer 2020. Baju dikreasikan dengan gaya era 1980 untuk busana pria. Kesan gahar dan playful berpadu manis, menyiratkan alter ego Maggie Hutauruk-Eddy yang serius namun penuh warna.

  'Karung Tepung' di New York Fashion Week© Annisa Mutiara Asharini/Dream

Sesampainya di Jakarta, Maggie mengaku kaget mengetahui baju rancangannya viral. " Iya, I know itu viral tapi enggak nyangka. Mereka (publik) sangat mendukung. Ada yang bilang segitiga illuminati juga tapi iseng aja kali ya," ujarnya.

Tak lama kemudian, ia langsung mendapat banyak tawaran dari berbagai brand untuk memakai logo mereka di busana Maggie. Ia bahkan dikontak langsung oleh pemilik brand tepung tersebut.

6 dari 6 halaman

Makin Tertantang

" Aku di DM sama bos Bogasari. Beliau pengen order satu piece, sekarang juga. Pengen langsung dipakai. Tapi sayang aku baru punya satu," kata wanita berdarah seniman itu.

  'Karung Tepung' di New York Fashion Week© Annisa Mutiara Asharini/Dream

Hal itu membuat Maggie yang berasal dari bidang seni rupa semakin tergugah. Ia tertantang untuk membuat busana dari bahan ban bekas.

" Aku ingin mengajarkan bahwa kita orang-orang kreatif, harus bisa memakai barang yang ada di sekitar kita and make it really cool," kata Maggie.

Beri Komentar
Video Kondisi Terkini WNI dari Wuhan di Natuna