Kenapa Briket Berbentuk Kubus? Jawab Rasa Penasaran Anak dengan Cara yang Seru

Reporter : Jeffreydien Winanda
Jumat, 26 Maret 2021 11:00
Kenapa Briket Berbentuk Kubus? Jawab Rasa Penasaran Anak dengan Cara yang Seru
Tidak perlu diajarkan dengan cara yang sulit, ada cara seru mengajarkan anak mengenai briket

Pernahkah berpikir kenapa briket hampir selalu berbentuk kubus? Jangankan anak-anak, bisa jadi tak sedikit orang dewasa yang belum mengetahui alasan pastinya. Terlebih briket juga sudah jarang digunakan untuk memasak sehari-hari di era modern ini.

Meski begitu, jangan biarkan ketidaktahuan ini membuat anak-anak yang bertanya jadi tak bisa mendapatkan jawabannya. Untungnya, ada Program Belajar dari Rumah yang diadakan oleh Kemendikbud. Pasalnya di episode 53 ini anak-anak kelas 5 belajar tentang briket biomassa.

Apa itu Briket Biomassa?

Kenapa Briket Berbentuk Kubus? Jawab Rasa Penasaran Anak dengan Cara yang Seru© 2021 Kemendikbud

Kak Lisa yang menjadi pemandu di episode kali ini, menjelaskan pengertian briket secara umum. Briket terbuat dari bahan-bahan yang mudah panas dan dapat mempertahankan nyala api dalam jangka waktu yang cukup lama. Menurutnya kompor briket ini adalah salah satu alternatif pengganti kompor gas elpiji yang harganya lebih terjangkau.

Selain itu, briket terbuat dari bahan-bahan yang bersifat ramah lingkungan, yaitu biomassa. Adapun biomassa adalah energi atau sumber panas yang berasal dari limbah tumbuhan dan juga hewan, seperti arang tempurung kelapa, limbah pertanian dan kotoran ternak.

Lantas, Kenapa Briket Berbentuk Kubus?

Kenapa Briket Berbentuk Kubus? Jawab Rasa Penasaran Anak dengan Cara yang Seru© 2021 Kemendikbud

Jika diperhatikan secara saksama, briket kebanyakan berbentuk kubus. Ternyata bukan tanpa alasan, kenapa bentuknya dibikin demikian. memudahkan penempatannya dalam kompor dan supaya lebih mudah dikemas. Kebanyakan, briket tempurung kelapa diminati masyarakat untuk memasak. Selain harganya lebih terjangkau juga dipercaya membuat citarasa masakan terasa lebih lezat.

Blok-blok briket biasanya dikemas dalam kotak berbentuk kubus. Untuk membuat kemasannya pabrik briket harus membuat jaring-jaringnya lebih dulu. Supaya lebih mudah memahaminya, anak-anak kelas 5 juga diminta membuat jarring-jaring kubus lewat percobaan sederhana.

Kenapa Briket Berbentuk Kubus? Jawab Rasa Penasaran Anak dengan Cara yang Seru© 2021 Kemendikbud

Selain membahas tentang briket, di awal segmen anak-anak kelas 5 lebih dulu diajak membaca cerita tentang ‘Rumah Dendeng’. Seperti namanya, cerita tersebut berkisah tentang Danu yang awalnya kesal menjaga dendeng yang dijemur, karena banyak dihinggapi lalat. Namun, di akhir cerita ia akhirnya dapat membuat benda kreatif yang bisa mengeringkan dendeng di dalam rumah, serta bebas lalat.

Di samping topik tersebut, anak-anak kelas 5 juga bisa mengikuti Program Belajar dari Rumah bersama Kemendikbud di TVRI setiap hari Senin-Jumat dari jam 10.30-11.00 WIB. Jadi, pastikan buah hati tak sampai ketinggalan menyaksikannya ya.

Beri Komentar