Beda dari Panas Matahari, Jelaskan Konsep Panas Bumi dengan Sederhana untuk Anak

Reporter : Jeffreydien Winanda
Jumat, 26 Maret 2021 09:00
Beda dari Panas Matahari, Jelaskan Konsep Panas Bumi dengan Sederhana untuk Anak
Ada cara unik jelaskan konsep panas bumi kepada anak, yuk disimak!

Kalau sedang mendampingi siswa kelas 5 SD belajar, salah satu sumber energi panas yang paling dikenal oleh mereka mungkin sinar matahari. Yup, cuaca terik di siang hari bisa membuat tubuh kegerahan hingga berkeringat. Namun, ternyata energi panas yang ada di bumi nggak hanya sebatas itu saja. Ada juga sumber panas bumi yang penting untuk menciptakan energi listrik yang penting untuk kehidupan sehari-hari.

Beda dari panas bumi, yuk bantu jelaskan konsep panas bumi dengan sederhana lewat tayangan video Belajar dari Rumah episode 52 dari Kemendikbud untuk siswa kelas 5 SD.

Menyimak Cerita Sumber Panas Bumi

Beda dari Panas Matahari, Jelaskan Konsep Panas Bumi dengan Sederhana untuk Anak© Kemendikbud

Belajar tentang sumber panas bumi terasa seru lewat tayangan video kali ini. Pasalnya, Ibu Lana membacakan sebuah cerita menarik tentang perburuan sumber panas bumi yang dilakukan para geolog muda. Tim geolog yang satu ini sedang berada di wilayah gunung berapi untuk mencari batuan yang menyimpan energi panas bumi. Setelah melakukan pencarian yang panjang dan sulit, akhirnya tim tersebut berhasil menemukan daerah sumber panas bumi untuk digali.

Dari cerita tersebut, bisa diketahui bahwa kehadiran profesi geolog sangat penting untuk kehidupan manusia. Bayangkan jika tidak ada profesi tersebut, siapa yang akan menemukan sumber energi bermanfaat? Bisa dipastikan juga aktivitas dan kehidupan sehari-hari manusia jadi terhambat.

Setelah itu, Kak Lisa memberikan penjelasan lebih jauh tentang apa itu yang dimaksud energi panas bumi. Dikenal juga dengan istilah geothermal, artinya adalah energi panas yang berasal dari dalam bmi dan terbentuk karena ada panas yang tersimpan. Di permukaan bumi, sistem geothermal dicairkan oleh munculnya mata air panas, fumarole atau lubang pada kulit bumi yang mengeluarkan uap dan gas, tanah beruap, serta batuan yang telah berubah oleh proses reaksi dengan air panas.

Kehadiran Energi Alternatif Itu Penting

Beda dari Panas Matahari, Jelaskan Konsep Panas Bumi dengan Sederhana untuk Anak© © 2021 Kemendikbud

Lagi semangat mengikuti materi pembelajaran daring di rumah, tiba-tiba aliran listrik terputus membuat laptop atau komputer yang digunakan jadi nggak bisa menyala. Hal ini pastinya mengganggu proses belajar. Dari kejadian ini juga bisa dipahami kalau kehadiran energi alternatif sangat diperlukan untuk menghasilkan listrik.

Kak Lisa mengingatkan kembali tentang cara untuk menghasilkan energi listrik yang bisa dilakukan dengan beberapa teknik. Mulai dari memanfaatkan bahan bakar minyak yang menghasilka tenaga untuk menggerakkan generator sehingga bisa menghasilkan listrik. Ada juga batu bara yang dibakar untuk menghasilkan uap yang bisa menggerakkan turbin dan dikenal sebagai PLTU atau Pembangkit Listrik Tenaga Uap.

Keberadaan panel listrik juga bisa dimanfaatkan untuk menggerakkan PLTA yang menggunakan tenaga air untuk dikumpulkan pada bendungan besar. Aliran air ini kemudian dimanfaatkan untuk memutar turbin sehingga bisa menghasilkan listrik. Namun yang jadi pertanyaan, bagaimana jika arus air tidak sederas bendungan? Jawabannya tetap bisa dimanfaatkan untuk menggerakkan kincir air. Arus listrik yang dihasilkan dalam jumlah lebih kecil dan biasa disebut PLTA mini.

Satu pengetahuan baru bertambah setelah menonton program Belajar dari Rumah episode 52 dari Kemendikbud kan? Siswa kelas 5 SD juga bisa mendapatkan berbagai materi belajar baru dengan menonton program Belajar dari Rumah setiap Senin-Jumat jam 10.30-11.00 WIB hanya di TVRI.

Beri Komentar