Perjuangan Melestarikan Kain Nusantara

Reporter : Ratih Wulan
Kamis, 9 Maret 2017 19:41
Perjuangan Melestarikan Kain Nusantara
Komunitas Cinta Berkain harapkan anak-anak muda Indonesia mau memakai kain Nusantara dalam busana sehari-hari.

Dream - Komunitas Cinta Berkain (KCB) menyelenggarakan pesta budaya. Agenda yang digelar untuk memperingati ulang tahun ke tiga komunitas itu diadakan di Gedung Granadi Jakarta, Kamis 9 Maret 2017.

Selama 3 tahun berdiri, KCB telah membantu memperkuat jati diri bangsa melalui peningkatan apresiasi dan minat untuk berbusana kain Nusantara sebagai busana keseharian. Hal itu dilakukan dalam bentuk edukasi dan promosi untuk menciptakan pengenalan, minat dan apresiasi terhadap kain Nusantara.

" Masuknya budaya asing terkadang membuat kita lupa pada diri kita. Padahal budaya kita ini memiliki potensi yang sangat besar," ujar Sita Hanimastuty, pendiri dan ketua umum KCB, di Kuningan, Jakarta Selatan.

Gemma Fitri Purbaya© dream.co.id

Ke depan, Sita berharap KCB dapat membawa wanita Indonesia bangga mengenakan kain Nusantara sebagai busana keseharian mereka. Khususnya di kalangan remaja, sebagai identitas mereka.

" Karena kaum mudalah yang nantinya akan meneruskan budaya Nusantara," imbuhnya.

Sejauh ini, KCB sudah memiliki beberapa cabang di Indonesia. Seperti yang berada di Bandung, Bogor, Malang, Bali, dan juga di mancanegara, seperti Perth Australia dan San Fransisco Amerika Serikat.

Tahun ini rencananya KCB akan mendirikan cabang di Eropa. " Kalau hari ini kita sekaligus melantik KCB cabang ke-13 yaitu Lombok," tutup Sita.

(Laporan: Gemma Fitri Purbaya)

Beri Komentar