Inspirasi 'Generasi Micin' di Fashion Hannie Hananto

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Senin, 24 Februari 2020 17:36
Inspirasi 'Generasi Micin' di Fashion Hannie Hananto
Fashion show dimeriahkan dengan aksi joget TikTok dan parade koleksi busana yang nyeleneh.

Dream - Desainer Hannie Hananto kembali menampilkan karya fashion yang menggelitik. Bertajuk 'Generasi Micin', koleksinya sukses membuat penonton bersorak-sorai.

Pertunjukan dibuka dengan adegan goyang TikTok oleh para model. Hannie membawa 10 busana yang menggambarkan karakter anak muda generasi Z.

 Hannie Hananto© Khidr Al-Zahrani

Foto: Annisa Mutiara Asharini/Dream

" Generasi ini kerap tidak dimengerti. Padahal mereka bisa mengubah seluruh tatanan masyarakat. Mereka kreatif, banyak hal-hal baru yang tercipta dari generasi ini," kata Hannie di MUFFEST, Jakarta, baru-baru ini.

Karakteristik Generasi Micin yang sangat menyukai TikTok, minuman kopi dan makanan yang mengandung monosodium glutamat (MSG) menginspirasi Hannie Hananto pada koleksi ini.

 Hannie Hananto© Dream

Foto: Kemal/Dream

1 dari 5 halaman

Desain Unik dan Zero Waste

Tema Generasi Micin disampaikan lewat ilustrasi print berupa gambar kemasan penyedap rasa. Hannie juga kembali memakai motif playful seperti polkadot yang menghiasi sekujur busana.

 Hannie Hananto© Foto: Kemal/Dream

Foto: Kemal/Dream

Gaya Hannie Hananto yang eklektik dan unik terpancar dari pemilihan warna-warna cerah seperti merah dan fuschia yang bertabrakan dengan nuansa monokrom.

Dengan memakai bahan utama kain blacu, koleksi diolah dalam bentuk kaftan, outer dan celana bersiluet longgar. Cutting busana dirancang agar tidak menyisakan sisa bahan atau zero waste.

 Hannie Hananto© Foto: Kemal/Dream

Foto: Kemal/Dream

Busana juga didukung dengan aksesori pelengkap seperti topi berukuran lebar dan headphone yang menggemaskan. Sang desainer juga ikut menutup pertunjukan dengan berjoget bersama para model di atas panggung Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2020.

2 dari 5 halaman

Ketika Sarung Naik Pangkat Jadi Fashion Berkelas

Dream - Ajang Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2020 yang berakhir kemarin, Minggu, 23 Februari 2020 meninggalkan banyak kesan. Berbagai kreasi modest fashion dengan ide-ide segar ditampilkan para desainer.

Salah satu karya kreatif muncul dari desainer Deden Siswanto yang mengolah kain sarung menjadi fashion muslim berkelas dan ramah lingkungan.

Deden mempersembahkan koleksi 'Dakar', hasil kolaborasi dengan brand sarung legendaris Gajah Duduk. Bagi kaum pria, sarung telah alat beribadah yang digunakan sehari-hari. Sarung tersebut diolah menjadi koleksi fashion yang terinspirasi dari cara berbusana kaum nomaden di Afrika Barat.

 Deden Siswanto© Foto: Dok. Muffest 2020

Foto: Dok. Muffest 2020

" Saya mengangkat kaum nomaden di Afrika khususnya di Dakar, ibu kota Senegal. Ternyata gaya busananya sama dengan orang Indonesia. Mereka pakai sarung juga dan juga siluetnya longgar. Wanita bisa berpakaian syar'i, pria juga bisa pakai yang longgar seperti ini," ujar Deden di MUFFEST, Jakarta, Jumat 21 Februari 2020.

Busana pria dibuat lebih fashionable dengan menerapkan teknik styling bertumpuk. " Kita buat supaya sarung tidak menonjolkan bagian perut agar tidak terlihat buncit. Bentuk siluet longgar, nyaman dipakai dan tidak berbau saat berkeringat," ujarnya.

 Deden Siswanto© Foto: Dok. Muffest 2020

Foto: Dok. Muffest 2020

3 dari 5 halaman

Ada Busana Wanita

Tak hanya 6 busana pria, Deden juga membawa 6 busana wantia dengan memakai bahan sarung yang sama. Di perhelatan ini Deden didukung oleh Asia Pacific Rayon (APR), penyedia bahan serat kain ramah lingkungan.

 Deden Siswanto© Foto: Dok. Muffest 2020

Foto: Dok. Muffest 2020

Busana wanita terdiri atas padu padan gamis bersiluet H-line, outer serta pashmina beraksen layering. Dominasi warna biru, hijau dan cokelat membuat koleksi sangat nyaman untuk dilihat.

Koleksi Deden mengakhiri MUFFEST hari ke-3 yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center, Senayan. Ia berbagi panggung dengan para desainer yang juga tergabung bersama APR diantaranya Bateeq, Rosie Rahmadi, Eugeneffectes dan Syukriah Rusydi.

 Deden Siswanto© Foto: Dok. Muffest 2020

Foto: Dok. Muffest 2020

4 dari 5 halaman

Lebih Young & Fresh, Ria Miranda Luncurkan Koleksi Dailywear

Dream - Ria Miranda kembali menampilkan karya teranyar. Ia memboyong lini
RiaMiranda Daily yang telah lama tidak diperlihatkan.

Berkolaborasi dengan fashion stylist Caren Delano, Ria tampil di panggung UBS Gold x Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2020.

Mengusung tema besar #BeliinEmasDonk, desainer asal Padang itu membawa koleksi bertajuk 'Aluna'. Ria yang akrab dengan style printing meninggalkan zona nyamannya untuk membuat siluet young & fresh.

" Koleksinya daily wear untuk muslimah usia 15-25 tahun. Show ini aku tujukan untuk anak milenial. Ini sangat challenging karena aku biasanya kan sangat print dengan siluet layer yang flowy," tutur Ria Miranda di MUFFEST, Jakarta, Minggu 23 Februari 2020.

 ria miranda© Foto: Annisa Mutiara Asharini/Dream

Foto: Annisa Mutiara Asharini/Dream

Menyasar pasar milenial, Ria menampilkan gaya kasual feminin dengan dominasi warna biru, putih, khaki, olive dan soft pink. Siluet busana difokuskan pada kenyamanan dalam beraktivitas sehingga terkesan sedikit longgar.

" Terinspirasi dari nada irama, dimaknai bahwa hidup akan selalu diwarnai irama fase yang berbeda, namun kita sebagai manusia harus menerima ketetapan dan berserah diri kepada Sang Pencipta”, jelasnya.

 ria miranda© Foto: Annisa Mutiara Asharini/Dream

Foto: Annisa Mutiara Asharini/Dream

Berbeda denga brand regular RiaMiranda, lini kali ini menggunakan material pure sustainable cotton bernuansa pastel yang cenderung polos. Sedikit motif checkerboard menghiasi sejumlah busana hanya sebagai aksen.

5 dari 5 halaman

Semakin Tertantang

Bergelut dengan target milenial sempat membuat Ria kewalahan. Desainer 34 tahun itu harus menyesuaikan diri dengan gaya dan tren busana anak muda. Namun hal itu justru semakin membuat Ria merasa tertantang.

 ria miranda© Foto: Annisa Mutiara Asharini/Dream

Foto: Annisa Mutiara Asharini/Dream

" Memang agak sulit menyesuaikan diri sebagai anak muda. Aku coba terapkan aksesori yang lebih minimalis dan matching untuk gaya mereka," kata ibu tiga anak itu.

Padu padan perhiasan UBS Gold yang glam dibuat lebih simpel dengan bentuk kecil dan tidak rumit. Ria banyak memakai aksesori kerudung dan baju untuk koleksi yang terdiri dari atasan, kemeja, outer dan celana.

 ria miranda© Foto: Annisa Mutiara Asharini/Dream

Foto: Annisa Mutiara Asharini/Dream

Ria Miranda berbagai panggung dengan tiga desainer UBS Gold yakni Monika Jufry, Sofie dan Nuniek Mawardi. Mereka tampil pada sesi menjelang penutupan gelaran MUFFEST 2020.

Beri Komentar
Video Polisi Tes Kandungan Sabu Cair dalam Mainan Anak-anak