6 Manfaat Menggambar untuk Kesehatan Mental, Bisa Membantu Ungkapkan Emosi

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Kamis, 25 Agustus 2022 19:48
6 Manfaat Menggambar untuk Kesehatan Mental, Bisa Membantu Ungkapkan Emosi
Menggambar menjadi aktivitas positif yang bisa dilakukan saat perasaan sedang tidak baik.

Dream – Menggambar menjadi salah satu hobi yang banyak digemari mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Teknik dan media menggambar saat ini sudah sangat beraneka ragam. Sahabat Dream bebas memilihnya sesuai dengan kesukaan dan kemampuan masing-masing.

Tak sekadar hobi, manfaat menggambar juga sangat berguna buat kesehatan, terutama mental kita. Tidak sedikit orang yang sedang dilanda stres dan bosan, mulai mengeluarkan peralatan gambar dan melukis sesuatu yang sedang ada di pikirannya saat itu.

Lewat guratan kuas dan cat-cat yang dipakai di kanvas lukisan, seseorang seolah sedang mengeluarkan semua perasaan lelah, stres, bahkan amarahnya. Pastinya aktivitas ini menjadi sebuah pelepasan yang positif di saat perasaan sedang tidak baik.

Kira-kira apa saja sih manfaat menggambar bagi kesehatan mental? Berikut sebagaimana telah dirangkum Dream melalui sehatq.com.

1 dari 3 halaman

Manfaat Menggambar untuk Kesehatan Mental

Manfaat Menggambar untuk Kesehatan Mental© Unsplash.com

Mengurangi Rasa Cemas yang Berlebih

Manfaat menggambar untuk kesehatan mental yang pertama adalah bisa mengurangi rasa cemas yang berlebih. Rasa cemas ini biasanya muncul ketika seseorang dihadapkan pada suatu kejadian yang akhirnya membuatnya cemas. Namun, orang tersebut mengalami rasa cemas secara berlebihan.

Manfaat ini pun telah dilakukan penelitian melalui sebuah studi dari Chloe Bell dan Steven Robbins pada 50 orang dewasa yang berusia di bawah 30 tahun. Nah, partisipan tersebut diminta untuk mengurutkan 10 hal yang membuatnya paling khawatir dan tertekan. Ketika melakukan hal tersebut, partisipan pun merasa cemas.

Lalu satu kelompok disediakan kertas, pensil warna, dan cat air. Ada waktu sekitar 20 menit bagi mereka untuk menciptakan sebuah karya seni sesuka hati. Sedangkan kelompok lainnya memilih 60 gambar seni yang dicetak dengan waktu sama. Hasilnya pun sungguh luar biasa, di mana mereka yang menggambar bisa menurunkan rasa cemas dan perasaan negatifnya secara signifikan.

Terhubung dengan Perasaan

Manfaat menggambar untuk kesehatan mental berikutnya adalah bisa terhubung dengan perasaan. Di mana saat sedang menggambar, seseorang memiliki waktu untuk istirahat sejenak agar bisa memproses emosinya. Oleh karena itulah, menggambar menjadi salah satu terapi untuk mengatasi masalah mental.

Saat seseorang menggambar maupun mewarnai, maka orang tersebut bisa terhubung dengan perasaannya sendiri. Dalam hal ini bukanlah hasil akhir yang sahabat Dream lihat, melainkan dari proses melakukannya.

2 dari 3 halaman

Manfaat Menggambar untuk Kesehatan Mental

Manfaat Menggambar untuk Kesehatan Mental© Freepik.com

Mengurangi Gejala Trauma

Trauma bisa terjadi kapan saja yang disebabkan oleh suatu peristiwa. Misalnya saja kecelakaan, perceraian orang tua, kekerasan, dan sebagainya. Kondisi ini tentu saja harus diatasi dengan baik. Salah satunya adalah dengan cara menggambar.

Manfaat ini pun telah dibuktikan melalui sebuah studi di Texas A&M University dan Emory University School of Medicine dengan meneliti 36 subjek yang mengalami post-traumatic stress disorder. Subjek tersebut dibagi menjadi 2 kelompok. Di mana kelompok satu menggambar mandala dengan durasi 20 menit selama 3 hari. Sedangkan kelompok lain menggambar sebuah objek dengan periode yang sama.

Dari penelitian itu membuktikan bahwa kelompok yang menggambar mandala mengalami penurunan gejala trauma di pemeriksaan pada bulan selanjutnya. Sedangkan kelompok lainnya tidak.

Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Manfaat menggambar juga bisa meningkatkan rasa percaya diri. Ini cocok sekali untuk sahabat Dream yang selama ini merasa kepercayaan dirinya terasa kurang cobalah untuk menggambar. Kamu bisa menggambar dengan media atau teknik apa saja yang kamu sukai.

Saat hasil gambar itu jadi, ada perasaan bangga pada diri sendiri karena pencapaian yang kamu lakukan. Pengalaman perasaan inilah yang membuat kamu akhirnya memberikan apresiasi pada diri sendiri dan menunjukkan bahwa rasa percaya diri kamu meningkat.

3 dari 3 halaman

Manfaat Menggambar untuk Kesehatan Mental

Manfaat Menggambar untuk Kesehatan Mental© Unsplash.com

Mengungkapkan Emosi

Ketika sedang emosi, ada berbagai cara untuk mengungkapkannya dan tentu saja tidak dengan cara yang negatif. Ada orang yang mengungkapkan emosi dengan cara menulis, berada di tempat yang sepi dan tenang sendirian, dan masih banyak lagi.

Selain itu, sahabat Dream juga bisa mengungkapkan emosi dengan menggambar. Emosi sedih maupun marah yang tidak bisa sahabat Dream ungkapkan melalui deskripsi, maka bisa diungkapkan dengan menggambar. Bahkan dengan melakukan aktivitas positif ini juga bisa membuat dirimu lebih menjadi pribadi yang sabar.

Merangsang Produksi Dopamin

Manfaat menggambar bisa membantu merangsang produksi dopamin. Dopamin sendiri adalah hormon yang memunculkan rasa bahagia. Saat produksi dopamin meningkat, maka hal ini mampu membantu mengatasi rasa cemas dan depresi yang dialami oleh seseorang.

Saat sedang menggambar, maka saat itu juga sahabat Dream memiliki kebebasan untuk mengeksplor diri dengan segala kemampuan yang kamu miliki pada media gambar yang disediakan. Secara otomatis, kreativitas kamu juga akan terasah dan membuat kamu secara tidak langsung akan menjalani komunikasi dengan dirimu sendiri. Nah, dari aktivitas positif inilah ada rasa bahagia yang bisa kamu rasakan.

Beri Komentar