Meski Sepele, Begini Cara Berkendara Sepeda Motor yang Baik di Jalan Raya

Reporter : Alfi Salima Puteri
Senin, 1 Agustus 2022 10:13
Meski Sepele, Begini Cara Berkendara Sepeda Motor yang Baik di Jalan Raya
Berkendara sepeda motor yang baik dan benar juga sangat penting untuk keamanan dan keselamatan pengguna jalan lainnya.

Dream - Cara berkendara sepeda motor yang baik dan benar penting untuk diperhatikan guna keamanan dan keselamatan pengendara saat di jalan raya.

Tak hanya itu, berkendara sepeda motor yang baik dan benar juga sangat penting untuk keamanan dan keselamatan pengguna jalan lainnya.

Karena itu, ada baiknya untuk menerapkan cara berkendara yang tepat, seperti panduan yang diberikan oleh Main Dealer Yamaha PT. Lautan Teduh (Lampung) sebagai berikut.

1 dari 3 halaman

1. Hindari pengereman mendadak, akselerasi mendadak karena ban mudah selip melewati permukaan jalan yang licin. Pada kondisi jalan yang seperti ini, ban depan dan ban belakang lebih gampang mengunci dan selip.

Akibatnya, pengendara motor bisa terjatuh. Selain itu berpotensi sliding sehingga keseimbangan pengendara berkurang dan bisa terjatuh.

2. Kurangi kecepatan (lakukan pengereman) kurangi sebelum melewati lubang atau jalan rusak. Usahakan gunakan kecepatan yang konstan saat melewati jalan rusak, dan menambah kecepatan setelah melewati jalan rusak.

2 dari 3 halaman

3. Jika diperlukan, saat melewati jalan rusak atau berlubang, posisi tubuh pengendara sedikit diangkat agar keseimbangan terjaga lebih baik.

4. Pegang stang dengan kedua tangan dengan kuat tapi rileks agar lebih mudah mengendalikan saat kondisi stang bergoyang ketika melewati jalan rusak.

5. Selalu fokus, jangan bermain handphone atau ngobrol dengan pengendara lain atau orang yang diboncengi, hal ini dapat menyebabkan konsentrasi berkendara berkurang.

3 dari 3 halaman

6. Jika ada jalan alternatif yang tidak rusak, disarankan untuk melewati jalan tersebut untuk pergi ke tempat tujuan.

Yamaha dan Kementerian Perhubungan menggelar acara sosialisasi keselamatan berkendara pada Januari 2019.© Yamaha Indonesia

Beri Komentar