Koleksi 'Revival Of The City' Foto:Istimewa
Dream - Tren modest fashion yang sedang booming akhir-akhir ini membuat banyak brand ramai mengeluarkan koleksinya. Salah satunya dilakukan oleh brand lokal Raegitazoro.
Pada pagelaran MUFFEST 2021 raegitazoro menampilkan serangkaian tampilan modest streetwear yang nyaman dan leluasa digunakan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari, baik di dalam dan diluar rumah.
Modest Streetwear ala raegitazoro memiliki ciri khas warna neon yang dilengkapi dengan sentuhan futuristik radikal sehingga sangat menantang untuk dikenakan.
Koleksi ini terinspirasi dari kondisi Jakarta yang beranjak bangkit dari situasi pandemi Covid-19 dan mulai menemukan lagi keramaian serta hiruk-pikuk selayaknya kota metropolitan.
Bertajuk 'Revival of The City' koleksi tersebut juga menekankan kontribusi muslimah dalam kebangkitan dari pandemi ini, namun tetap waspada dan selalu menjaga protokol kesehatan.
Penggunaan bahan dalam koleksi kali ini didominasi oleh kain parasut yang ringan, tipis serta mampu menangkal air sehingga memberikan rasa aman bagi pemakainya. Outfit dalam koleksi ini juga dikombinasikan dengan bahan lainnya seperti katun, semi wol, satin dan sutera.
Warna neon kembali ditonjolkan sebagai representasi dari keceriaan dan optimism di padukan dengan warna gelap sebagai representasi dari kondisi pandemi yang belum sepenuhnya normal.
Dream - Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2021, yang digelar di Kota Kasablanka, 18 hingga 28 Maret, menjadi ajang pelepas rindu para desainer tanah air.
Meski masih pandemi Covid-19, Muffest 2021 yang digelar secara online dan offline berjalan dengan lancar.
Salah satu pihak yang turut melepaskan rindunya dalam pameran busana adalah Asia Pacific Rayon (APR). Mereka berkolaborasi dengan tiga brand tanah air dalam fashion show bertema “ Sustainably Modest”.
Kolaborasi tersebut diharapkan dapat membangkitkan gairah ekonomi kreatif, khususnya pasar modest fashion di masa pandemi ini.
Tiga brand yaitu Geulis, Inen Signature, dan Salt n Paper, yang menampilkan tren mode berkelanjutan (sustainable fashion) dalam balutan 30 koleksi ready to wear busana Muslim yang dapat menjadi inspirasi gaya selama bulan Ramadan.
Seluruh koleksi kolaborasi tersebut menggunakan bahan baku utama viscose-rayon yang diproduksi APR. Serat viscose-rayon APR diketahui sebagai bahan baku tekstil yang mendukung tren sustainable fashion karena sifatnya renewable, mudah terurai, dan dapat terlacak.
Tak hanya itu, penggunaan serat viscose-rayon APR juga mendukung penggunaan produk dalam negeri #banggabuatanIndonesia yang digaungkan pemerintah Republik Indonesia (RI).
Ali Charisma, National Chairman Indonesia Fashion Chamber (IFC), penyelenggara Muffest 2021, tidak memungkiri pandemi telah menekan bisnis fesyen dalam negeri.
Namun, bergaungnya gerakan memperkuat brand lokal bersamaan dengan tren penggunaan produk yang ramah lingkungan telah memberikan angin segar di tengah masa sulit ini.
“ Perubahan selama pandemi menyadarkan kita akan pentingnya membantu brand lokal dan penggunaan produk yang ramah lingkungan. Sustainable fashion dan circular fashion akan menjadi sangat penting di masa mendatang dan inilah yang kami coba kemas dalam fashion show kali ini,” kata Ali.
© © Muffest 2021
Dengan semangat yang sama, Inen Signature menampilkan 10 koleksi anyar yang menggunakan bahan dari serat alami dan ramah lingkungan.
Bertema Secang Enchantment, Inen menyatukan ecoprint dengan kain berbahan serat viscose-rayon APR serta menggunakan pewarna alami berupa kayu Secang dan 10 macam daun dalam menghasilkan koleksi yang feminin.
© © Muffest 2021
Geulis menampilkan sesuatu berbeda dalam fashion show dengan tema ‘HARU’ yang berarti musim semi. Geulis menggabungkan kain berbahan serat viscose-rayon APR dengan sentuhan teknik bordir Jepang dan garis pola modern dalam menghasilkan koleksi bergaya kasual dan klasik modern.
“ Ini menujukkan bahwa semakin banyak variasi dan inovasi dari pakaian rayon untuk berbagai kebutuhan gaya, mulai dari kasual hingga formal,” kata Markus Happy Ganesha, Marketing and Communication Manager Geulis.
Brand yang fokus di segmen pria, Salt n Paper ,menampilkan 10 koleksi ready to wear dengan gaya kasual hingga modern style dengan menggunakan kain berbahan serat viscose-rayon APR.
Tema Everything Indonesia diusung dalam presentasi koleksi, mulai dari bahan yang dipakai hingga desain dengan nuansa kental Indonesia.
© © Muffest 2021
Selain tiga brand tersebut, APR juga berkolaborasi dengan Hurem by Fia dan Mukena Arrumaisha selama pameran Muffest 2021 berlangsung pada 18-28 Maret 2021.
Ini merupakan keikutsertaan APR yang ketiga sejak 2019 dalam festival modest fashion terbesar di Asia Tenggara tersebut.
“ Kolaborasi ini juga sejalan dengan semangat “ Everything Indonesia”, dengan mengajak seluruh pihak untuk menggunakan bahan baku yang berasal dan diproduksi di Indonesia demi menjadikan Indonesia sebagai hub fashion muslim dunia,” kata Sheila Rahmat, Head of Marketing Communication Asia Pacific Rayon.
Advertisement
Jadi Pahlawan Lingkungan Bersama Trash Hero Indonesia
10 Brand Kosmetik Paling Ramah Muslim di Dunia, Wardah Nomor Satu
KAJI, Komunitas Bagi Para Alumni Mahasiswa Indonesia di Jepang
4 Komunitas Seru di Depok, Membaca Hingga Pelestarian Budaya Lokal
Universitas Udayana Buka Suara Terkait Dugaan Perundungan Timothy Anugerah
Rangkaian acara Dream Inspiring Women 2023 di Dream Day Ramadan Fest Day 5
Potret Luna Maya dan Cinta Laura Jadi Artis Bollywood, Hits Banget!
Cara Cek Penerima Bansos BLT Oktober-November 2025 Rp900 Ribu
Diterpa Isu Cerai, Ini Perjalanan Cinta Raisa dan Hamish Daud
AMSI Ungkap Ancaman Besar Artificial Intelligence Pada Eksistensi Media