Penasaran Sampah Botol Plastik Jadi Produk Fashion Keren

Reporter : Sandy Mahaputra
Sabtu, 26 Oktober 2019 10:15
Penasaran Sampah Botol Plastik Jadi Produk Fashion Keren
Lihat nih!

Dream - Danone-AQUA berkolaborasi dengan sejumlah desainer ternama dengan memperlihatkan produk fashion berkelanjutan di ajang Jakarta Fashion Week (JFW) 2020. Para desainer yang diajak kolaborasi itu adalah  fbudi, Kana Goods, KresKros, Pijakbumi, dan seniman Ika Vantiani bersama “ It’s in Your Hand Collective”.

“ Sebagai merek asli Indonesia yang telah berdiri selama 45 tahun, kami bangga bisa terus mendukung aktivitas yang terus menyebarkan kebaikan pada masyarakat Indonesia,” ujar Danone-AQUA Brand Director, Intan Kartika di Senayan City, Jakarta, Jumat 25 Oktober 2019.

Danone-AQUA di JFW 2020© Istimewa

Danone-AQUA telah memulai program daur ulang pertamanya sejak tahun 1993. Kini, perusahaan ini berupaya untuk memperbesar dan memperluas program tersebut melalui gerakan #BijakBerplastik.

“ Kami melihat banyak pihak di industri fesyen mulai memperhatikan isu keberlanjutan. Hal inilah yang mendorong kami menginisiasi kolaborasi #Bottle2Fashion dengan salah satu merek fashion multinasional pada 2017," tambah Intan.

1 dari 2 halaman

Tingkat Kesulitannya

Pihaknya ingin memperkenalkan produk-produk fashionyang berkelanjutan sebagai salah satu cara untuk mengedukasi konsumen, mereka bisa menjadi bagian dari solusi terhadap permasalahan sampah.

Danone-AQUA di JFW 2020© Istimewa

“ Saya percaya keberlanjutan akan menjadi aspek penting di industri fashion dan menuntut perhatian semua desainer dalam berkreasi,” ujar salah satu kolaborator Danone-AQUA di JFW 2020, fbudi Creative Director Felicia Budi.

2 dari 2 halaman

Kain Tafetta dan Polyester

Model dan aktris Kelly Tandiono memperagakan balutan busana karya fbudi yang terbuat dari kain tafetta dan polyester, hasil olahan daur ulang botol plastik yang dikumpulkan dan diolah secara parsial oleh unit daur ulang (RBU) Danone-AQUA.

Danone-AQUA di JFW 2020© Istimewa

Danone-AQUA memiliki total enam RBU yang tersebar di Pulau Jawa dan Bali yang rata-rata dapat mengumpulkan hingga 12.000 ton botol plastik bekas setiap tahunnya.

RBU yang dimiliki Danone-AQUA memungkinkan mereka untuk memproduksi kemasan yang 100% terbuat dari hasil daur ulang dan 100% dapat didaur ulang kembali.

Laporan: Alfi Salima Puteri

Beri Komentar