Foto: Suzuki XL7
Dream - Semester pertama 2020 telah lewat dan tren industri otomotif sudah mulai terlihat. Minat konsumen untuk medium SUV mengalami kenaikan dibanding semester awal tahun lalu sebesar 12,4%.
Sedangkan tahun ini berada di 16,2% pada periode Januari-Juni. Hadirnya produk baru di segmen medium SUV menjadi pendukung naiknya minat konsumen. Suzuki berhasil menarik minat konsumen dengan produknya Suzuki XL7.
" Saat ini masyarakat membutuhkan mobil yang bisa menemani aktivitas ke berbagai medan, tapi tetap dengan menerapkan protokol kesehatan. Suzuki memiliki XL7 untuk masyarakat Indonesia," ujar Dony Saputra, 4W Marketing Director PT SIS, Senin, 10 Agustus 2020.
Donny menjelaskan, Extra Ordinary SUV sebutan untuk Suzuki XL7 dilengkapi dengan kabin lega, sehingga dapat lebih maksimal ketika harus menjaga jarak di dalam mobil, selain itu terdapat banyak kompartemen yang berfungsi untuk menyimpan berbagai macam perlengkapan, dan tidak ketinggalan Smart E-Mirror.
" Tidak heran penjualan Wholesales XL7 di Juni 2020 meningkat cukup pesat 107,7% dan berkontribusi kepada penjualan Suzuki sebesar 13,4%," tambah Donny.
Tampilan gagah dari XL7 menjadi alasan juga konsumen memilih mobil ini. Tipe yang paling diminati oleh konsumen ternyata tidak berada pada varian kelas teratas dari Suzuki XL7 ini.
Konsumen ternyata lebih berminat pada varian BETA dari XL7, ini terlihat dari minatnya sebesar 49% pada varian ini. Sedangkan untuk varian ALPHA sebesar 42%.
Untuk pemilihan warna, pada single tone peminat tertingginya ada pada Snow White sebesar 34% disusul oleh Cool Black Metallic 27%.
Sedangkan untuk dual tone yang paling diminati oleh konsumen adalah Rising Orange + Black.
Khusus untuk tipe tertingginya ALPHA memiliki Smart E-Mirror, yang berfungsi sebagai kacaspion digital yang dilengkapi dua kamera pada spion tengah dan belakang mobil.
" Peningkatan penjualan XL7 membuktikan bahwa model andalan Suzuki ini semakin dinikmati konsumen, terlebih bagi masyarakat membutuhkan kendaraan yang tangguh untuk beraktivitas kembali berssma keluarga dengan tetap menjaga protokol kesehatan," tutup Donny.
Laporan: Shania Suha Marwan
Dream - Suzuki mencatatkan penjualan dengan tren berangsur pulih di tengah pandemi Covid-19. Pabrikan mobil ini mengalami kenaikan jumlah penjualan pada Juni sebesar 14,1 persen.
" Pangsa pasar Suzuki secara ritel naik dari 12,9 persen di bulan Mei menjadi 14,1 persen di bulan Juni," ujar 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Donny Saputra, melalui keterangan tertulis diterima Dream.
Donny mengakui penjualan Suzuki sempat menurun akibat pandemi Covid-19, seiring dengan banyaknya masyarakat yang menunda pembelian mobil. Tetapi, aktivitas masyarakat berangsur pulih dan memicu peningkatan dalam penggunaan mobil untuk mengurangi risiko terinfeksi virus corona.
" Apalagi mobil-mobil Suzuki memiliki ruang kabin yang lega sehingga tetap bisa menjaga jarak antarpenumpang dan kompartemen yang banyak untuk menyimpan alat-alat kebersihan dan kesehatan," kata dia.
Peningkatan penjualan tersebut ditopang beberapa jenis mobil Suzuki. Kontibusi terbesar disumbang oleh New Carry Pick Up sebanyak 56,8 persen, disusul XL7 sebesar 13,5 persen.
© © Suzuki
All New Ertiga juga mendongkrak penjualan sebesar 12,1 persen. Selain itu, model-model lain seperti SX4 S-Cross, New Baleno, Jimny dan New Ignis memberikan kontribusi 10,1 persen dari total penjualan selama Juni.
Data di atas menunjukkan penggunaan kendaraan komersial seperti New Carry Pick Up terus meningkat dibandingkan dengan kendaraan penumpang. Hal ini dipicu meningkatnya jumlah pelaku UMKM yang membutuhkan kendaraan komersial untuk keperluan logistik dan pengiriman barang.
" Kegiatan logistik dan pengiriman tetap dibutuhkan meski dalam kondisi pandemi. Hal ini yang membuat kontribusi New Carry tetap tinggi," kata Donny.
© © Suzuki
Meski demikian, Donny mengatakan tren peningkatan juga disumbangkan oleh mobil penumpang. Terutama dari model terbaru Suzuki yaitu XL7.
" Kami ucapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat yang telah memilih produk Suzuki selama 50 tahun keberadaan Suzuki di Indonesia. Kami akan terus mendampingi masyarakat dengan menyediakan mobil berkualitas dan sesuai kebutuhan," kata dia.
Advertisement
Lebih dari Sekadar Kulit Sehat: Cerita Enam Selebriti Merawat Kepercayaan Diri yang Autentik
Kebiasaan Pakai Bra saat Tidur Berbahaya? Cari Tahu Faktanya
Seru Abis! Komunitas Ini Sampaikan Kritikan dengan Main Karet Depan Gedung DPR
Potret Beda Pesta Pora 2025, Ada Jumatan Bareng Dipimpin Rhoma Irama
Peneliti Ungkap Pemicu Perempuan Sanggup Bicara 20 Ribu Kata Sehari?
Bentuk Roti Cokelat Picu Komentar Pedas di Medsos, Chef Sampai Revisi Bentuknya
Mahasiswa Sempat Touch Up di Tengah Demo, Tampilannya Slay Maksimal
Lebih dari Sekadar Kulit Sehat: Cerita Enam Selebriti Merawat Kepercayaan Diri yang Autentik