Kunci Hidup Selalu Sehat dari Ahli Gizi, Pastikan Asupan Nutrisi Seimbang

Reporter : Shania Suha Marwan
Selasa, 24 Januari 2023 19:12
Kunci Hidup Selalu Sehat dari Ahli Gizi, Pastikan Asupan Nutrisi Seimbang
Untuk menjaga dan mencegah terjadinya penyakit.

Dream - Hari Gizi Nasional setiap tahunnya selalu diperingati pada tanggal 25 Januari. Adanya Hari Gizi bertujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terkait pentingnya menerapkan pemenuhan gizi seimbang untuk masyarakat Indonesia.  

“ Hari Gizi Nasional itu memang diperingati setiap tahun, dengan tujuan memperingati seseorang pentingnya gizi di dalam aspek kesehatan kita,” kata dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK, Dokter Gizi, dalam Tokopedia Media Gathering “ Sambut Hari Gizi Nasional 2023, Tokopedia dan Ahli Gizi Berbicara Tren Makanan Kekinian nan Sehat”, Jakarta, 24 Januari 2023. 

Tokopedia© Tokopedia

Gizi seimbang menjadi poin yang penting untuk menjaga tubuh dari beragam penyakit. Setiap harinya kita perlu memenuhi kebutuhan gizi untuk memastikan tubuh tetap terjaga kesehatannya. 

1 dari 3 halaman

Tak hanya berpengaruh pada pencegahan agar tubuh tidak terkena penyakit, untuk kamu yang sudah terlanjur terkena suatu penyakit juga penting memenuhi gizi. 

“ Gizi tidak hanya bermain di pencegahan penyakit, tetap juga untuk ketika orang sudah punya penyakit tertentu biasanya ada kaitannya juga dengan apa yang dia makan,” kata dr. Juwalita. 

© Foto: Shania Suha Marwan

Tentu banyak pertanyaan yang muncul terkait cara agar gizi seimbang bisa didapatkan oleh semua orang. Dokter Juwalita memberikan tips untuk memenuhi gizi seimbang dalam kehidupan sehari-hari.

2 dari 3 halaman

Pola Makan

Pola makan yang sehat bisa terlihat dari menerapkan gizi seimbang dari apa yang dikonsumsi. Keseimbangan mengonsumsi karbohidrat, protein, bahkan lemak, semuanya harus sesuai porsi yang ada. 

“ Jangan lupa lemak itu juga penting, kalau kita diet jangan nggak pakai lemak sama sekali. Jadi, tetaplah konsumsi lemak tapi pilihlah lemak baik, supaya semua kebutuhan nutrisi bisa dipenuhi,” ujar dr. Juwalita. 

© Foto: Shania Suha Marwan

Jaga Berat Badan 

Menjaga berat badan tetap ideal, jadi hal yang penting untuk dilakukan. Agar berat badan terjaga, kamu bisa menerapkan pola makan sehat. 

Berat badan yang ideal juga bisa menjadi kunci metabolisme di tubuh juga bisa bekerja dengan lebih baik.  

3 dari 3 halaman

Batasi Konsumsi Gula, Garam dan Lemak

Saat menerapkan pola makan yang seimbang, kuncinya ada pada porsi makanan yang kamu konsumsi. Beberapa makanan yang dapat membuat kesehatan tubuh tidak baik adalah gula, garam dan lemak yang terlalu banyak, sehingga penting untuk memastikan kamu membatasinya. 

Utamakan Sumber Pangan Lokal 

Dalam memenuhi gizi kita bisa mengonsumsi makanan-makanan yang sehat. Jangan lupa, di sekitar kita banyak sekali sumber makanan yang sehat. Misalnya, untuk karbohidrat yang lebih sehat,  kamu bisa mengganti nasi dengan singkong.

Singkong sangat mudah ditemukan di Indonesia. Sering juga bisa dijadikan alternatif untuk mengantikan tepung terigu, agar lebih sehat menjadi mokaf atau tepung singkong. 

 

 

Beri Komentar