Meletakkan Tangan di Pinggang Bisa Bikin Percaya Diri, Ini Kata Psikolog

Reporter : Cynthia Amanda Male
Selasa, 24 Januari 2023 18:13
Meletakkan Tangan di Pinggang Bisa Bikin Percaya Diri, Ini Kata Psikolog
Tingkatkan percaya diri dengan melakukan 3 hal secara rutin.

Dream - Kepercayaan diri merupakan salah satu sifat yang sangat penting bagi setiap orang. Tapi, tidak semua orang beruntung memilikinya.

Masih banyak orang yang sulit merasa percaya diri. Hal itu bisa diakibatkan pola asuh orangtua atau pengalaman masa lalu.

Tapi, kepercayaan diri bisa dibangun dengan melakukan beberapa hal secara rutin. Berikut tips meningkatkan kepercayaan diri dari Psikolog Klinis, Dessy Ilsanty.

1 dari 4 halaman

1. Introspeksi Diri

Dessy Ilsanti dalam peluncuran Royale Series by SoKlin© Cynthia Amanda Male

Foto: Cynthia Amanda Male

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengintrospeksi, mengenali, dan menilai diri sendiri. Ketahui kekurangan dan kelebihanmu.

" Pelan-pelan akui kelebihan diri sendiri. Melakukan itu bukan berarti sombong, ya. Karena kita mengakui itu ke diri sendiri dan nggak membandingkan dengan orang lain. Jadi, kenali potensi diri dan harus berani mengemukakannya," tutur Dessy dalam peluncuran Royale Parfum Series by SoKlin Hijab Blue Sapphire di The Terrace, Senayan, Jakarta Selatan, Selasa 24 Januari 2023.

2 dari 4 halaman

Setelah mengakui dan mengafirmasi kelebihan, terimalah kekuranganmu. Kekurangan tidak harus ditutupi atau dihilangkan. Siasati kekuranganmu agar bisa menghasilkan kelebihan atau manfaat lain.

" Misalnya, nggak pandai masak. Mungkin, kita bisa menjahit atau melakukan keahlian lainnya," katanya.

3 dari 4 halaman

2. Mengandalkan Panca Indra untuk Menstimulasi Rasa Percaya Diri

Stimulasi panca indra agar merasa lebih baik dan percaya diri. " Percaya diri itu soal mindset. Sementara mental itu abstrak dan fisik lebih nyata serta bisa dirasakan. Jadi, kita andalkan yang lebih nyata, yaitu melalui panca indra untuk menstimulasi perasaan."

Kamu bisa mengonsumsi makanan sehat, memakai wewangian, melihat pemandangan atau gambar yang asri, maupun menyentuh pakaian lembut agar merasa lebih baik dan mudah percaya diri.

Begitu pula saat harus tampil di suatu acara. Kenakan pakaian yang sesuai dengan tema acara, bentuk tubuh, dan gaya pribadimu agar lebih percaya diri.

Kenakan wewangian yang sesuai seleramu dan gunakan makeup jika ingin terlihat lebih menarik.

4 dari 4 halaman

3. Melakukan Power Posing

Power Pose© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Terakhir, lakukan power posing. Menstimulasi perasaan juga bisa dilakukan dengan melakukan gerakan atau pose tertentu.

Power posing sendiri bisa jadi solusi untuk membuatmu lebih semangat dan percaya diri. Hal ini dilakukan dengan mengangkat dagu sedikit, menegapkan tubuh, serta meletakkan tangan di pinggang seperti pose Superman.

" Power ini sebenarnya untuk menunjukkan kekuatan. Tubuh kita seolah-olah terlihat siap dengan apa yang dihadapkan," imbuh Dessy.

Gerakan ini bisa berpengaruh pada cara berpikir. Pasalnya, gerakan tubuh pun dikontrol oleh otak. Sehingga ketika mindset sudah terbentuk, otak akan lebih mudah menginstruksi tubuh untuk berbuat sesuai dengan keinginan.

Kamu bisa melakukan power posing saat merasa kurang percaya diri atau tidak bersemangat. Sehingga, kamu pun akan lebih positif.

Beri Komentar