Better experience in portrait mode.
Persaingan Live Shopping di Tanah Air Semakin Memanas, Siapakah yang Keluar Menjadi Jawara?

Persaingan Live Shopping di Tanah Air Semakin Memanas, Siapakah yang Keluar Menjadi Jawara?

Ada banyak tren belanja yang akhir-akhir ini bermunculan di kalangan masyarakat. Namun, dari sekian banyak tren tersebut, live shopping dinilai menjadi ‘hot topic’ yang semakin hari semakin diminati oleh para pencinta online shopping.

Tak hanya menawarkan pengalaman belanja yang lebih menarik dan praktis, berbelanja lewat fitur live shopping juga dinilai lebih menguntungkan karena memberikan banyak promo dan diskon.

Dikarenakan semakin populer di kalangan masyarakat, membuat para raksasa live shopping pun harus memunculkan berbagai fitur inovatifnya agar bisa menarik pengguna. Itu jugalah yang dilakukan oleh Shopee Live.

Namun, apakah strategi Shopee yang lebih dulu merajai pasar e-commerce berhasil mengalahkan para pemain baru? Atau malah pemain baru yang akan mendominasi pasar live shopping tanah air secara perlahan-lahan?

E-commerce yang Hadirkan Pengalaman Berbelanja Interaktif

Masing-masing memang memiliki kekuatan yang mengubah persaingan e-commerce di Indonesia.

E-commerce yang Hadirkan Pengalaman Berbelanja Interaktif

Shopee Live sendiri dirancang menjadi salah satu fitur di e-commerce Shopee untuk menghadirkan pengalaman berbelanja interaktif, sehingga siapapun pengguna baik pembeli dan penjual yang membuka Shopee Live memang sudah memiliki intensitas untuk jual beli secara real-time. 

Namun, platform live shopping lain adalah bagian dari media sosial yang fokus pada ruang konten kreatif. Misalnya saja musik, dance, tips dan komedi sehingga intensitas masyarakat dalam membuka platform ini cenderung sebagai media hiburan. 

Jadi, bisa dibilang kalau live shopping yang dimiliki e-commerce seperti Shopee Live menargetkan pada brands dan seller yang memang ingin membuat penjualannya lebih maksimal, karena memang traffic yang datang ke Shopee mempunyai niat dan rencana belanja.

Live Shopping Paling Banyak Digunakan Masyarakat

Live Shopping Paling Banyak Digunakan Masyarakat

Lewat riset Populix yang berjudul 'Understanding Live Streaming Shopping Ecosystem in Indonesia' pada bulan Juni lalu, menunjukkan data persaingan live shopping di Indonesia.

Riset ini menampilkan data dari Shopee Live yang mencatatkan hasil sebagai fitur live streaming yang paling sering digunakan berbelanja masyarakat Indonesia, yang kemudian disusul oleh TikTok Live (25%).

Sementara itu untuk bahasan tentang fitur live streaming yang paling diingat, Shopee Live mencatatkan hasil 60% responden, sementara TikTok Live menyusul dengan raihan 30%.

Selaras dengan data penggunaan live streaming platform, Shopee menunjukan porsi pangsa pasar dari jumlah dan nilai transaksi yang tinggi. Pada indikator pangsa pasar jumlah transaksi tertinggi (56%) dalam 6 bulan terakhir, sementara TikTok Live dengan presentase 30%.

Sedangkan pada pangsa pasar nilai transaksi (share of revenue), Shopee menduduki peringkat pertama dalam mencatatkan nilai transaksi terbesar, yaitu 54% jauh yang juga diikuti TikTok Live (31%).

Hal ini sejalan dengan persebaran preferensi masyarakat Indonesia saat berbelanja melalui fitur live streaming, dimana salah satunya mencari Live Shopping dengan penawaran paling menarik.

Sebagian besar karakteristik dan gaya berbelanja masih mengacu terhadap pencarian promosi atau penawaran menarik.

Promo-promo yang paling menarik menurut masyarakat adalah gratis ongkir (91%), diskon (87%), cashback (65%), voucher belanja (47%), special bundle (34%), dan exclusive product launch (20%).

Adapun persebaran preferensi terhadap penawaran menarik untuk masing-masing pemain:

Persaingan Live Shopping di Tanah Air Semakin Memanas, Siapakah yang Keluar Menjadi Jawara?

Dari data di atas, Shopee Live mendapatkan angka tinggi karena dilatarbelakangi oleh kemudahan dan kelengkapan fitur live streaming ini dengan harga paling murah, promosi dan gratis ongkir terbanyak, dan menawarkan diskon hingga cashback paling besar.

Berperan Penting untuk Memenuhi Kebutuhan Pengguna

Melalui siaran pers mengenai pencapaian kampanye 9.9, Shopee menyatakan bahwa antusiasme masyarakat dalam memanfaatkan beragam kemeriahan yang dihadirkan, terlihat dari peningkatan Shopee Live ditonton lebih dari 7 kali lipat dan jumlah produk terjual mencapai lebih dari 30 kali lipat pada puncak kampanye dibanding hari biasa. Respon luar biasa dari penonton live shopping di kampanye ini turut menunjukan bagaimana Shopee Live berperan penting sebagai platform untuk memenuhi kebutuhan.

Persaingan Live Shopping di Tanah Air Semakin Memanas, Siapakah yang Keluar Menjadi Jawara?

Sepak terjang yang telah dilakukan oleh deretan nama artis di atas memang tak perlu diragukan lagi kehebatannya dalam menggaet penonton meramaikan sesi Shopee Live di puncak kampanye 9.9 kemarin pada masing-masing akun tokonya.

Sebut saja Ruben Onsu, Sarwendah, dan Aurel Hermansyah, mereka memiliki gaya khas dalam berjualan live shopping, menjadikannya sukses sebagai TOP Streamers pada puncak 9.9 Super Shopping Day.

Melihat keterampilan mereka yang membuat suasana live semakin seru, ketiganya pun sukses catatkan beberapa rekor baru pada puncak kampanye di Shopee Live yaitu:

1. Ruben Onsu melalui toko @Ruben_Onsu di Shopee Live mencatatkan rekor baru dengan sukses meraih omset hingga 16 Miliar di puncak kampanye.

2. Menariknya lagi, sebanyak 180 ribu penonton secara bersamaan di waktu yang sama mengikuti momen Flash Sale 9RB Mobil Toyota Avanza yang dipandu oleh Sarwendah melalui toko @Sarwendahofficial.

3. Selebriti lainnya dengan pencapaian luar biasa adalah Aurel Hermansyah melalui toko @TokoMamaNur yang berhasil menjual lebih dari 16 Ribu produk.

Bukan hanya tiga nama artis besar di atas saja, beberapa bulan terakhir ini juga deretan bintang-bintang ibukota seperti Raffi Ahmad, Baim Wong, Nikita Mirzani, Atta Halilintar, Aurel Hermansyah, Lesti Kejora, Keanu Agl juga meramaikan dunia live stream di Shopee Live.

Bahkan berita terakhir sempat dihebohkan dengan kabar dr. Richard Lee yang berhasil memecahkan rekor baru dan menembus omset hingga 5,5 milyar hanya dalam 1,5 jam saja pada 1 September lalu.

Sementara itu kemungkinan pemain baru mendominasi live shopping sepertinya masih terlalu dini. Sarwendah bahkan pernah marah-marah saat live streaming di platform sebelah karena sepi penonton.

Jadi, adu strategi yang kian memanas ini bisa mengungkapkan kalau Shopee Live masih mendominasi sebagian besar faktor yang justru membawanya sebagai pilihan mayoritas pengguna. Penerapan gaya live shopping yang kreatif dengan berkolaborasi dengan artis atau konten kreator ternama, telah berhasil menarik minat masyarakat dalam memanfaatkan fitur interaktif ini sebagai wadah dalam memenuhi kebutuhan dan tindakan mengikuti tren digital populer.

Bawa Keuntungan dengan Berkolaborasi Bersama Penjual Lokal

Adanya fitur interaktif seperti live shopping memberikan kesempatan untuk berinteraksi secara proaktif, kesempatan bagi konsumen untuk mengetahui sebuah produk lebih dalam serta kemudahan akses berbelanja dimana produk dapat langsung dibeli saat siaran berlangsung. Tidak jarang masyarakat menunggu penjual mengadakan konten live streaming terlebih dahulu sebelum memutuskan pembelian sebuah produk. Hal ini memiliki pengaruh kuat khususnya dalam membangun tingkat kepercayaan antara penjual dan pembeli.

Maka itu, tidak heran jika pada kampanye 9.9 juga ditemukan semakin banyaknya pelaku usaha yang turut mengoptimalkan Shopee Live di puncak kampanye sebagai strategi pemasarannya, tercatat peningkatan jumlah streamer seller hingga 5 kali lipat.

Salah satu contoh brand lokal yang menarik perhatian karena sukses mengoptimalkan peluang yang diberikan adalah brand kecantikan BHUMI yang berhasil meningkatkan transaksi penjualan di sepanjang kampanye 9.9 mencapai 27 kali lipat berkat fitur interaktif serta promo eksklusif yang tersedia di Shopee Live. 

Selain itu, brand fashion pria Geoff Max juga menjadikan Shopee Live sebagai salah satu strategi bisnisnya di tahun ini. Sepanjang kampanye 9.9, Geoff Max berhasil mencatat peningkatan transaksi di Shopee Live hingga 130 kali lipat dibandingkan hari biasa. 

Keberhasilan Shopee Live menjadi fitur yang semakin diandalkan sangatlah nyata, dan salah satu faktor utamanya adalah daya tarik live shopping. 

Para penjual tidak hanya dapat memasarkan produk mereka melalui fitur ini, tetapi juga memiliki kesempatan untuk berinteraksi secara langsung dengan penonton. Inilah yang menjadikan live shopping menjadi alat yang sangat efektif dalam membangun kepercayaan dan keterlibatan pelanggan.

Persaingan Live Shopping di Tanah Air Semakin Memanas, Siapakah yang Keluar Menjadi Jawara?

Beberapa pencapaian lainnya juga turut dirasakan oleh brand fashion lokal Eiger di puncak kampanye Shopee 8.8 lalu, penjualan di tokonya mengalami peningkatan 16 kali lipat melalui Shopee Live.

Tidak berhenti di situ, untuk semakin memaksimalkan sesi live shopping mereka, beberapa brand pun menggaet sejumlah artis papan atas seperti saat sesi Shopee Live Erigo x JKT48 bersama Zee JKT48 dan Raffi Ahmad yang sukses pecahkan rekor penjualan sebesar 5 Milyar dalam waktu kurang dari 10 menit.

Pencapaian yang serupa juga dirasakan oleh brand lokal Tally yang berkolaborasi dengan Sarwendah dan berhasil mencetak peningkatan omzet hingga 75x lipat di Shopee Live.

Sejumlah keberhasilan ini memperlihatkan bahwa keputusan brand untuk mengadopsi fitur Shopee Live sebagai salah satu strategi pemasaran bisnis merupakan langkah yang tepat.

Pada dasarnya belanja secara online memang sudah bukan hal baru lagi, tetapi berbelanja dengan fitur siaran video secara langsung sepertinya menjadi tren terkini yang semakin melengkapi dan meningkatkan pengalaman berbelanja online.

Persaingan Live Shopping di Tanah Air Semakin Memanas, Siapakah yang Keluar Menjadi Jawara?

Kemudahan yang ditawarkan dan dapat melihat kualitas produk secara langsung, membuat platform live streaming kini jadi primadona sebagai wadah jual-beli yang lebih seru untuk mendorong konversi pesanan sekaligus menciptakan pengalaman berbelanja yang lebih interaktif dengan pelanggan.

Strategi setiap platform seperti Shopee Live dalam menggarap fitur live stream-nya menjadi favorit masyarakat pun patut kita acungkan jempol.

Pengamatan serta pengalaman dalam mempelajari pola belanja masyarakat Indonesia tentunya menjadi bekal bagi Shopee untuk terus berinovasi dan berikan peluang bagi para penjual.

Ini pula yang diyakini menjadi kunci kesuksesan dan keunggulan Shopee Live dibanding para pemain yang baru terjun di dunia live shopping.

Persaingan Live Shopping di Tanah Air Semakin Memanas, Siapakah yang Keluar Menjadi Jawara?

Artikel ini ditulis oleh
Gloria Trivena May Ary

Editor Gloria Trivena May Ary

Shopee Live menjadi primadona karena menciptakan inovasi yang menarik untuk para pengguna.

Topik Terkait

Reporter
  • Gloria Trivena May Ary

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Siti Alifah Faiz Sukses Buktikan Kalau Guru Honorer Bisa Wujudkan Mimpi bareng Shopee Affiliate Program

Siti Alifah Faiz Sukses Buktikan Kalau Guru Honorer Bisa Wujudkan Mimpi bareng Shopee Affiliate Program

Intip kisah inspiratif Siti Alifah Faiz gabung Shopee Affiliate Program dan wujudkan mimpinya.

Baca Selengkapnya icon-hand
Sudah Tahu Tipe Gaya Belanja yang Sesuai Kepribadianmu? Cek Kebutuhannya di Shopee 10.10 Brands Festival Yuk!

Sudah Tahu Tipe Gaya Belanja yang Sesuai Kepribadianmu? Cek Kebutuhannya di Shopee 10.10 Brands Festival Yuk!

Cek gaya belanjamu dan saatnya berburu penawaran menariknya!

Baca Selengkapnya icon-hand
Laura Ziphora Siap Buka Lapak Streaming Jualan Perdana di Shopee Live

Laura Ziphora Siap Buka Lapak Streaming Jualan Perdana di Shopee Live

Laura Ziphora berjualan melalui fitur live streaming shopping di Shopee Live untuk pertama kalinya pada Jumat, 15 September 2023 mulai pukul 12.00 - 14.00 WIB.

Baca Selengkapnya icon-hand
Tokopedia START CX FIRST Summit 2023, Tingkatkan Customer Experience Lintas Industri

Tokopedia START CX FIRST Summit 2023, Tingkatkan Customer Experience Lintas Industri

Fitur yang memudahkan pengguna baik dari sisi penjual maupun pembeli.

Baca Selengkapnya icon-hand
Streaming di Shopee Live! Aurel Hermansyah Sukses Jual Lebih dari 16 Ribu Produk di Puncak Kampanye Shopee 9.9

Streaming di Shopee Live! Aurel Hermansyah Sukses Jual Lebih dari 16 Ribu Produk di Puncak Kampanye Shopee 9.9

Sesi live streaming di Shopee Live yang dipandunya tersebut diserbu penggemar setia Shopee hingga meraih angka jumlah penjualan yang fantastis.

Baca Selengkapnya icon-hand
Diikuti Lebih Dari 180 Ribu Orang Secara Bersamaan di Waktu yang Sama, Flash Sale Mobil 9RB Perdana di Shopee Live bersama Sarwendah Heboh!

Diikuti Lebih Dari 180 Ribu Orang Secara Bersamaan di Waktu yang Sama, Flash Sale Mobil 9RB Perdana di Shopee Live bersama Sarwendah Heboh!

Flash Sale Mobil 9RB Shopee Live bersama Sarwendah ini sukses mencatatkan rekor baru yang luar biasa fantastis.

Baca Selengkapnya icon-hand
Rekor Baru Shopee Live, Ruben Onsu Raup Omzet Rp16 Miliar di Puncak Kampanye Shopee 9.9

Rekor Baru Shopee Live, Ruben Onsu Raup Omzet Rp16 Miliar di Puncak Kampanye Shopee 9.9

Lagi-lagi Ruben Onsu pecahkan rekor fantastis di Shopee Live.

Baca Selengkapnya icon-hand
Raih Keuntungan Fantastis di Puncak Kampanye 9.9, Ruben Onsu, Sarwendah dan Aurel Temani 24 Jam Nonstop di Shopee Live

Raih Keuntungan Fantastis di Puncak Kampanye 9.9, Ruben Onsu, Sarwendah dan Aurel Temani 24 Jam Nonstop di Shopee Live

Intip kemeriahan puncak kampanye 9.9 yang berlangsung ini!

Baca Selengkapnya icon-hand
Berkat Live Streaming 9.9 Super Shopping Day di Shopee Live, Terjadi Peningkatan Penjualan Lebih dari 30 Kali Lipat

Berkat Live Streaming 9.9 Super Shopping Day di Shopee Live, Terjadi Peningkatan Penjualan Lebih dari 30 Kali Lipat

Terjadi peningkatan Shopee Live yang ditonton lebih dari 7 kali lipat dan jumlah produk terjual mencapai lebih dari 30 kali lipat pada puncak kampanye.

Baca Selengkapnya icon-hand
Dipandu Sarwendah, Pemuda Asal Tasikmalaya Bawa Pulang Mobil Avanza Seharga Rp9 Ribu dari Live Streaming Flash Sale di Shopee Live

Dipandu Sarwendah, Pemuda Asal Tasikmalaya Bawa Pulang Mobil Avanza Seharga Rp9 Ribu dari Live Streaming Flash Sale di Shopee Live

Mobil yang dibeli Endang Nurdin dengan harga Rp9 ribu saja melalui live streaming Flash Sale Shopee Live adalah Toyota Avanza tipe 1.3 E M/T.

Baca Selengkapnya icon-hand
Merek Lokal True To Skin Streaming Jualan di Shopee Live, Penjualannya Melesat Dua Kali Lipat!

Merek Lokal True To Skin Streaming Jualan di Shopee Live, Penjualannya Melesat Dua Kali Lipat!

Berkat fitur Shopee Live, kini jumlah penjualan merek lokal True To Skin berhasil melejit naik hingga 2 kali lipat.

Baca Selengkapnya icon-hand
Perbankan Syariah Perkuat Implementasi GRC Terintegrasi

Perbankan Syariah Perkuat Implementasi GRC Terintegrasi

Penguatan penerapan GRC terintegrasi sangat penting mengingat potensi pertumbuhan perbankan syariah di Tanah Air sangat besar.

Baca Selengkapnya icon-hand
Tangis Bahagia Lesti Pecah, Ternyata Sesi Perdananya di Shopee Live yang Jadi Alasannya

Tangis Bahagia Lesti Pecah, Ternyata Sesi Perdananya di Shopee Live yang Jadi Alasannya

Tangis sedih dan uraian air mata menyelimuti Lesti yang menyampaikan kesedihan yang dirinya rasakan.

Baca Selengkapnya icon-hand
Viral Video Atta Halilintar Kesal, Ternyata Mama Nur Terlambat Ajak Pindah Lapak di Shopee Live

Viral Video Atta Halilintar Kesal, Ternyata Mama Nur Terlambat Ajak Pindah Lapak di Shopee Live

YouTuber 28 tahun itu bahkan menampilkan muka kekecewaannya kepada warganet lewat video yang dibuatnya.

Baca Selengkapnya icon-hand
Cerita Caca Tengker & Owner True To Skin dalam Memulai Kebiasaan Baik Meriahkan Shopee 9.9 Super Shopping Day

Cerita Caca Tengker & Owner True To Skin dalam Memulai Kebiasaan Baik Meriahkan Shopee 9.9 Super Shopping Day

Caca Tengker dan owner True To Skin membagikan tips memulai kebiasaan baik lewat langkah kecil setiap hari.

Baca Selengkapnya icon-hand
Raih Omzet 5.5 Miliar Dalam 1.5 Jam Saja, dr. Richard Lee Kembali Pecahkan Rekor di Shopee Live

Raih Omzet 5.5 Miliar Dalam 1.5 Jam Saja, dr. Richard Lee Kembali Pecahkan Rekor di Shopee Live

Ia berhasil memecahkan rekor baru dan menembus omzet hingga 5,5 milyar hanya dalam 1,5 jam saja pada 1 September kemarin.

Baca Selengkapnya icon-hand
Berhasil Membangun Ekonomi Desa di 10 Provinsi, BSI Raih Apresiasi Indonesia Awards 2023

Berhasil Membangun Ekonomi Desa di 10 Provinsi, BSI Raih Apresiasi Indonesia Awards 2023

Inisiatif bank syariah terbesar di Tanah Air itu dalam membangun ekonomi desa dijalankan melalui program Desa BSI (Bangun Sejahtera Indonesia).

Baca Selengkapnya icon-hand
Bukan Video Prank, Shopee Live Perdana Baim Wong Sukses Tembus Omzet 600 Juta Hanya dalam 2 Jam!

Bukan Video Prank, Shopee Live Perdana Baim Wong Sukses Tembus Omzet 600 Juta Hanya dalam 2 Jam!

Perdana di Shopee Live, Baim Wong sukses raih omzet 600 juta!

Baca Selengkapnya icon-hand