Tak Harus Baru, Ini Cara Mencuci Mukena untuk Lebaran

Reporter : Irma Suryani
Jumat, 1 Juli 2016 11:43
Tak Harus Baru, Ini Cara Mencuci Mukena untuk Lebaran
Ada beberapa cara yang perlu diperhatikan ketika ingin mencuci mukena.

Dream - Jelang Hari Raya Idul Fitri, banyak hal yang harus dipersiapkan. Salah satunya adalah alat solat yang akan dikenakan saat solat Idul Fitri. Tak harus selalu baru, kita bisa memanfaatkan mukena yang sudah dimiliki dengan mencucinya kembali sehingga menjadi bersih di hari yang fitri.

Ada beberapa cara yang perlu diperhatikan ketika ingin mencuci mukena. Hal ini dikarenakan banyak jenis bahan yang dipakai untuk membuat mukena. Beda bahan, beda juga proses pencucian dan perawatannya.

Berikut ini tips yang bisa kamu lakukan untuk membuat mukena kamu bersih, sesuai dengan bahan mukenya yang kamu miliki di rumah.

Spandex
Kalau kamu memiliki mukena berbahan spandex, sebaiknya cuci mukena tersebut dengan menggunakan tangan saja, jangan pakai mesin cuci. Karena serat spandex mudah rusak jika menggunakan mesin cuci. Rendam mukena dengan detergen dan pelembut pakaian. Kemudian kucek dan bilas sampai bersih. Setelah itu jemur bila ada sinar matahari.

Sutera
Bahan Sutera sangat halus sehingga diperlukan perawatan yang ekstra untuk mencuci mukena berbahan sutera. Rendam mukena sutera dengan sabun bayi, setelah itu kucek secara perlahan kemudian bilas dengan air mengalir. Jangan peras terlalu kuat, biarkan air menetes secara alami ketika mukena tersebut dijemur.

Katun
Mukena ini memang menjadi favorit muslimah, karena bahannya yang adem dan perawatannya tidak terlalu sulit. Kamu bisa mencuci mukena berbahan sutera dengan menggunakan mesin cuci, karena mukena ini memiliki bahan yang kuat. Untuk menjemurnya, jangan sampai terkena sinar matahari langsung, karena akan membuat warna mukena cepat pudar.

 

Beri Komentar