Ternyata Begini Cara Memilih Ukuran Sepatu yang Pas

Reporter : Cynthia Amanda Male
Minggu, 2 Desember 2018 13:00
Ternyata Begini Cara Memilih Ukuran Sepatu yang Pas
Jarang diketahui banyak orang!

Dream - Kapan Anda terakhir kali membeli sepatu? Apakah sudah merasa pas dan nyaman dengan alas kaki tersebut?

Bagaimana rasanya setelah memakai sepatu tersebut selama beberapa lama? Apakah ada bagian sepatu yang tiba-tiba terasa sempit dan tidak nyaman?

Ternyata, membeli sepatu tidak semudah kedengarannya. Begitu juga dengan mendapatkan ukuran yang pas, ternyata sangatlah sulit serta rumit. Mengapa begitu?

Pam Swisher, seorang pedorthist (pengepas sepatu profesional), mengatakan bahwa mencari ukuran sepatu yang pas adalah seni sekaligus sains.

" Pelayan toko atau orang yang mencarikan ukuran sepatu Anda harus memahami dinamika bagaimana sepatu dibuat," kata pemilik butik Sole Comfort di Albuquerque, New Mexico, Amerika Serikat.

Hal pertama yang harus disadari oleh pembeli adalah bahwa tidak seorang pun yang punya ukuran kaki yang sama. Hal ini berdampak pada ukuran sepatu yang juga tidak akan sama antara kaki satu dan kaki lainnya.

Menurut Swisher, setiap sepatu dibuat berbeda, bahkan dalam merek yang sama. Karena itu tiap sepatu memiliki proporsi ukuran yang berbeda.

Namun Swisher punya pedoman yang mudah dalam memilih sepatu yang pas dan sesuai dengan ukuran kaki sehingga akan terasa nyaman saat memakainya.

1 dari 3 halaman

Mengetahui Panjang Telapak Kaki dan Jari Kaki

 Ternyata Begini Cara Memilih Ukuran Sepatu yang Pas© shutterstock.com

Menurut Swisher, dalam dunia pembuatan sepatu, kaki manusia terbagi menjadi dua bagian. Pertama disebut dengan arch length (panjang telapak kaki), yang dimulai dari tumit hingga bola kaki (tonjolan sebelum jari-jari kaki yang digunakan untuk berjinjit). Kemudian ada panjang jari kaki, yang dimulai dari bola kaki sampai bagian terpanjang dari jari kaki.

" Karena itu, ada orang yang memakai sepatu panjang dan pendek. Anda bisa mengukur panjang dua bagian ini di rumah sebelum membeli atau membuatkan sepatu," kata Swisher.

2 dari 3 halaman

Mengetahui Tinggi Telapak Kaki

 Ternyata Begini Cara Memilih Ukuran Sepatu yang Pas© shutterstock.com

Swisher mengatakan pembeli sepatu harus tahu tinggi telapak kakinya. Apakah punya telapak kaki yang tebal, tipis, atau sedang?

" Jika tonjolan tulang pada punggung telapak kaki (instep) sangat tinggi, sementara Anda memakai sepatu dengan bagian dalam yang dangkal, maka Anda tidak akan pernah bisa merasa pas dan nyaman," ujar Swisher.

3 dari 3 halaman

Mengetahui Lebar Bola Kaki

 Ternyata Begini Cara Memilih Ukuran Sepatu yang Pas© shutterstock.com

Menurut Pedorthics.org, bola kaki harus pas dan terasa nyaman dengan bagian terlebar dari sepatu. Kondisi ini memungkinkan sepatu ikut menekuk dengan baik ketika kaki menekuk sehingga bisa meningkatkan kenyamanan saat memakai sepatu.

Swisher menyarankan agar memilih sepatu yang memiliki ruang lebih 6,35 hingga 12,7 milimeter di bagian depan sepatu untuk mendapatkan kenyamanan maksimal. Hal ini karena ketika berjalan, telapak kaki manusia cenderung melar sekitar 12,7 milimeter.

“ Kenali kaki Anda. Sekitar 85 persen manusia memakai ukuran sepatu yang salah"

(Sumber: Footwearnews.com)

 

Beri Komentar