Kuliah Online atau Kuliah di Kampus, Yuk Tentukan Pilihanmu!

Reporter : Dwi Ratih
Kamis, 29 November 2018 07:15
Kuliah Online atau Kuliah di Kampus, Yuk Tentukan Pilihanmu!
Baca lengkapnya artikel berikut ini.

Dream - Kerja sambil kuliah kini bukan lagi hal baru dalam sistem pendidikan di Indonesia. Karir dan pendidikan bisa berjalan bersamaan tanpa harus mengganggu satu sama lainnya.

Seiring perkembangan teknologi dan tuntutan hidup, kini kuliah bisa makin fleksibel dengan adanya kuliah online hingga kuliah khusus karyawan. Bagi kamu yang sedang bingung menentukan pilihan antara kuliah online atau kuliah di kampus, bisa simak deretan info berikut ini yuk!

Jadwal Kuliah

Kegiatan perkuliahan online sebagian besar lebih membebaskan mahasiswanya untuk mengatur jadwalnya sendiri. Metode ini bisa dipilih jika kamu ingin kuliah dengan jam yang fleksibel.

Kamu yang sedang bekerja, ibu rumah tangga atau milenial yang kerja freelance bisa banget gabung. Biasanya kelas online juga menyediakan kuliah khusus karyawan dengan materi kuliah yang bisa mendukung profesi pekerjaan yang dijalani.

Perkuliahan konvensional atau kuliah di kampus menuntut mahasiswa untuk bertatap muka langsung dengan dosen. Tentu saja kamu harus meluangkan waktu dan juga transportasi untuk menghadiri kelas.

Biarpun ada banyak manfaat juga yang bisa didapatkan yakni menjalin relasi, materi perkuliahan yang tersampaikan secara langsung dan juga diskusi langsung.

Kurikulum dan Modul

Kuliah di kampus atau kuliah online tidak memiliki banyak perbedaan soal kurikulum dan literasi. Sifatnya sama, namun kuliah online dan juga kategori kampus murah kelas karyawan akan lebih banyak modul berupa e-book atau softcopy.

Sedangkan kuliah konvensional akan lebih banyak literasi hardcopy dan kamu juga bisa mengakses perpustakaan.

Pola Belajar

Pola belajar kuliah online dan konvensional bisa dibilang agak berbeda. Mahasiswa kuliah online perlu membaca textbook terlebih dahulu untuk mengikuti kelas online. Kamu juga harus membuat jadwal sendiri yang disesuaikan dengan kesibukan.

Kemandirian dalam belajar begitu dituntut untuk mahasiswa kuliah online, karena kamu yang menentukan sendiri jadwal kuliah.

Sedangkan mahasiswa kuliah reguler dituntut untuk menghadiri kelas dan bisa berinteraksi lebih dekat dengan dosen atau mahasiswa lainnya. Jadwal yang padat ini sering kali kurang fleksibel jika kamu memiliki profesi atau pekerjaan lain di luar kuliah.

Biaya

Kuliah online memiliki biaya yang lebih murah dibandingkan dengan kuliah konvensional. Hal ini dikarenakan kamu tidak membutuhkan banyak fasilitas kampus jika kuliah online. Mahasiswa online hanya membutuhkan koneksi internet dan juga laptop/komputer.

Kamu pun bisa kuliah di mana saja dan kapan saja sesuai dengan keinginan.

Sedangkan kuliah reguler membutuhkan banyak biaya untuk membayar semester, uang kos, transportasi, keperluan kegiatan di kampus dan masih banyak yang lainnya.

Setelah membaca beberapa penjelasan di atas, kamu lebih cocok kuliah online atau reguler nih? Kamu bisa menentukan berdasarkan kebutuhan dan kemampuan finansial yang dimiliki.

Jika tertarik untuk kuliah online, kamu bisa langsung akses website dari Pintaria.com. Situs ini menawarkan produk pendidikan dan pelatihan/kursus berkualitas dengan banyak kategori.

 Pintaria

Bagi kamu yang ingin kuliah khusus karyawan, Pintaria juga menyediakan banyak kelas yang fleksibel untuk diikuti oleh karyawan yang ingin update kemampuan. Mulai dari Programming, Digital Marketing, Data Science, Hospitality, Tourism, Language, Logistic, Entrepreneurship, Customer Service, Sales, Finance, Education dan masih banyak yang lainnya.

Pintaria juga akan mempertemukan kamu dengan universitas yang diminati dengan metode blended learning. Yakin nggak ingin kuliah S1 dan S2 sambil tetap bekerja? Ada S2 Komunikasi UMJ, S1 Manajemen USAHID, S2 Manajemen USAHID, S2 Manajemen UKRIDA dan masih banyak yang lainnya.

 Pintaria

Metode blended learning ini bisa dibilang Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) yang hanya perlu datang ke kampus pada akhir pekan. Pada hari efektif, mahasiwa bisa mempelajari materi kuliahnya di dashboard yang telah tersedia.

Dalam satu semester juga disediakan live session di mana bisa menggunakan layanan conference call untuk berdiskusi dengan dosen atau teman sekelas.

Ingin menemukan kampus murah kelas karyawan? Pintaria bisa menjadi solusinya loh guys.. cek Pintaria sekarang juga!

Beri Komentar
Tren Busana Muslimah di Panggung indonesia Fashion Week 2019