Tiga Motif Hijab Ini Sebaiknya Dihindari untuk Dipakai

Reporter : Cynthia Amanda Male
Senin, 16 Maret 2020 08:12
Tiga Motif Hijab Ini Sebaiknya Dihindari untuk Dipakai
Sebaiknya hijabers jeli dalam memilih motif hijab

Dream - Beberapa tahun belakangan, hijab menjadi gaya hidup tersendiri di kalangan wanita muslim. Pemahaman mendalam mengenai agama, dibarengi dengan selera fashion yang menarik membuat fashion hijab makin bergema.

Tapi sayangnya, masih banyak yang belum paham mengenai pakem dalam memilih hijab yang benar. Kadang, sebagain dari hijabers hanya menutup aurat, tapi abai pada pakem-pakem yang telah ditetapkan oleh Islam.

Perhatikan beberapa hal di bawah ini, sebelum memutuskan membeli hijab.

1 dari 3 halaman

Kain Hijab

Dalam memilih kain hijab, usahakan jangan asal mudah dikenakan. Tapi, perhatikan apakah menerawang atau tidak? hijab berbahan tipis memang paling nyaman dikenakan di musim panas, tapi lebih baik dilapisi dengan kain yang tidak transparan.

Pemilihan Kain Hijab© shutterstock.com

Selain itu, dilansir dari Muslim.or.id disebutkan jika dalam hadist yang diriwayatkan oleh Abu Huraitah radhiyallahu'anhu disebutkan bahwa " Jibril ‘alaihis salam meminta izin kepada Nabi maka Nabi bersabda, “ Masuklah.” Jibril menjawab, “ Bagaimana saya masuk sementara di dalam rumahmu ada tirai yang bergambar. Sebaiknya kamu potong bagian kepalanya atau kamu jadikan sebagai alas yang dipakai untuk berbaring, karena kami para malaikat tidak akan masuk rumah yang terdapat gambar-gambar” (HR. Abu Dawud no. 4157 dan An-Nasai no. 216).

2 dari 3 halaman

Bergambar Ilustrasi Makhluk Hidup

Hadist ini kemudian diterjemahkan oleh jumhur ulama atau ulama kebanyakan jika shuroh dalam hadist tersebut diartikan sebagai mahluk hidup yang memiliki wajah atau kepala.

Motif hijab© shutterstock.com

Hingga kemudian disebutkan jika gambar harus dipisahkan terlebih dahulu. Bisa dengan memotong bagian kepala, hingga memisahkannya dengan bagian badan. Hingga bentuknya tidak menyerupai makhluk hidup lagi.

Merujuk hadist ini sebaiknya hijabers jeli dalam memilih motif hijab. Usahakan agar tidak memakai hijab bergambar ilustrasi manusia atau makhluk hidup seperti burung, ayam, kucing dan masih banyak lainnya.

3 dari 3 halaman

Houndstooth

Satu lagi, salah satu motif hijab yang perlu diwaspadai adalah houndstooth yang sempat ngetren beberapa waktu lalu. Dilansir dari berbagai sumber, diketahui jika motif khas Selandia ini dulunya dijuluki dengan nama Dogstooth atau Puppy's Tooth untuk motif yang lebih kecil.

Fashion hijab© shutterstock.com

Bentuk houndstooth yang unik memang sepintas tampak seperti gigi. Tak seperti bentuk kotak-kotak biasanya, houndstooth terbuat dari beberapa motif geometris yang saling bertumpukan sehingga membentuk patahan-patahan seperti gigi. Maka, banyak pula yang menyebutnya sebagai motif gigi anjing.

Beri Komentar