Tips Aman Olahraga di Luar, Biar Nggak Viral Karena Abaikan Protokol Kesehatan

Reporter : Wuri Anggarini
Selasa, 7 Juli 2020 09:32
Tips Aman Olahraga di Luar, Biar Nggak Viral Karena Abaikan Protokol Kesehatan
Biar nggak viral karena dianggap mengabaikan protokol kesehatan, ini yang perlu kamu lakukan, Sahabat Dream.

Era new normal memang membuat masyarakat bisa kembali melakukan aktivitas di luar rumah. Banyak masyarakat yang menyambut antusias hal yang satu ini. Nggak hanya bekerja dan berbelanja saja yang mulai dilakukan di luar rumah, tapi juga termasuk olahraga outdoor dengan memanfaatkan event Car Free Day atau CFD yang kembali dibuka untuk umum.

Tapi, new normal bukan berarti kamu terbebas dari virus. Nyatanya, kamu tetap perlu menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin. Sayang masih banyak masyarakat yang mengabaikan hal tersebut, terbukti dari CFD di Jalan Sudirman-Thamrin yang padat sehingga susah melakukan jaga jarak. Inilah yang bikin CFD tersebut sempat viral di media sosial beberapa waktu yang lalu.

Lalu, apa saja sih yang harus diperhatikan agar aman melakukan olahraga di luar terutama di CFD agar terhindar dari penularan virus? Biar nggak viral karena dianggap mengabaikan protokol kesehatan, ini yang perlu kamu lakukan, Sahabat Dream.

1 dari 6 halaman

Gunakan Masker dan Bawa Perlengkapan Lain yang Dibutuhkan

 Tips Aman Olahraga di Luar, Biar Nggak Viral Karena Abaikan Protokol Kesehatan© Shutterstock

Saat melakukan aktivitas apapun di luar rumah, jangan lupa selalu gunakan masker, termasuk saat olahraga sekalipun. Masker bekerja sebagai filter udara yang mencegah virus menyebar dari diri atau orang lain. Meskipun ada pro dan kontra menggunakan masker saat olahraga, tapi sebaiknya tetap digunakan terutama ketika berada dalam keramaian seperti di CFD.

Supaya tetap aman saat olahraga memakai masker, pilih olahraga ringan dan kurangi durasi lama waktu olahraga. Jangan lupa bawa selalu masker cadangan karena masker kain harus diganti 3-4 jam sekali atau segera ganti ketika basah. Soalnya masker yang basah bisa mengganggu jalannya oksigen masuk ke dalam tubuh. Kekurangan oksigen saat olahraga bisa memberikan dampak negatif untuk kesehatan, lho.

2 dari 6 halaman

Jaga Selalu Kebersihan Tangan

 Tips Aman Olahraga di Luar, Biar Nggak Viral Karena Abaikan Protokol Kesehatan© Shutterstock

Kebiasaan mencuci tangan juga penting diterapkan saat olahraga di luar rumah. Apalagi saat CFD di mana risiko bertemu banyak orang sangat besar. Tangan bisa menjadi media penularan virus saat bersentuhan secara tidak sengaja, menyentuh benda yang ada di ruang publik, atau setelah melakukan transaksi.

Penting untuk selalu membawa hand sanitizer yang bisa digunakan buat membersihkan tangan secara rutin. Jangan lupa bersihkan tangan sebelum menyentuh wajah, mengganti masker, atau minum untuk meminimalisir perpindahan virus dan bakteri ke dalam tubuh. Nah, setelah sampai di rumah, jangan lupa segera cuci tangan dengan air dan sabun, ganti pakaian, dan langsung mandi, ya!

3 dari 6 halaman

Bawa Minum Sendiri

 Tips Aman Olahraga di Luar, Biar Nggak Viral Karena Abaikan Protokol Kesehatan© Shutterstock

Ini dia salah satu hal penting yang nggak boleh terlupa saat akan melakukan olahraga di luar rumah, terutama di CFD. Bawa minum sendiri, karena tubuh yang dehidrasi bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Pastikan minum secara berkala untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang lewat keringat ketika sedang olahraga.

Biarpun banyak penjual minuman kemasan di CFD, tapi risiko virus menempel di botol plastik tetap ada. Jadi, nggak ada salahnya buat lebih menjaga diri dengan membawa minum sendiri. Hindari juga berbagi minuman dengan orang lain, apalagi dengan anak untuk mencegah penularan virus. Kebersihan yang lebih terjamin tentunya bikin kamu lebih nyaman dan merasa tenang selama olahraga.

4 dari 6 halaman

Minum Suplemen Imun Sebelum Berangkat

Imunitas tubuh dari dalam sama pentingnya dengan protokol kesehatan lain. Sel imun dalam tubuh akan membantu menghadapi penginfeksi yang sudah masuk dalam tubuh agar dapat dikeluarkan dari tubuh. Selain dengan pola hidup sehat, fungsi imun tubuh dapat ditingkatkan dengan suplemen. Salah satunya yaitu STIMUNO, Obat Modern Asli Indonesia yang bahkan direkomendasikan oleh Menkes RI salah satunya karena khasiat dan keamanan STIMUNO sudah diuji melalui penelitian klinis sejak tahun 2005.

 Tips Aman Olahraga di Luar, Biar Nggak Viral Karena Abaikan Protokol Kesehatan© Stimuno

Sejak pertama diluncurkan pada 1999, STIMUNO terus menjadi kepercayaan dokter dan keluarga Indonesia untuk menjaga imunitas tubuh agar tidak mudah sakit. STIMUNO memperbaiki sistem imun dengan cara merangsang tubuh memproduksi lebih banyak antibodi dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh agar daya tahan tubuh bekerja optimal.

Jaga Imunitas KELUARGA dengan STIMUNO! Dapatkan potongan harga, beli di sini!

5 dari 6 halaman

Tetap Jaga Jarak

 Tips Aman Olahraga di Luar, Biar Nggak Viral Karena Abaikan Protokol Kesehatan© Shutterstock

Begitu sampai di lokasi olahraga yang ramai seperti CFD, usahakan tetap melakukan jaga jarak. Menurut WHO, jaga jarak yang dianjurkan saat berada dalam tempat umum adalah 1-2 meter. Droplet yang keluar dari orang yang berbicara, bersin, atau batuk dapat terbang di udara dan menempel di tubuh jika kamu nggak menerapkan aturan jaga jarak yang sesuai.

Supaya lebih aman, cari tempat atau sudut CFD yang nggak terlalu ramai. Selain bisa bebas olahraga, kamu juga nggak perlu khawatir melakukan kontak fisik dengan orang lain. Hindari berpapasan dengan orang lain dalam satu jalur yang sama. Segera pindah jalur jika melihat kemungkinan berpapasan agar tidak terjadi kontak fisik.

6 dari 6 halaman

Gunakan Transaksi Cashless

 Tips Aman Olahraga di Luar, Biar Nggak Viral Karena Abaikan Protokol Kesehatan© Shutterstock

Salah satu imbauan yang dilakukan WHO selama masa pandemi ini adalah untuk meminimalisir transaksi dengan uang tunai karena bisa menjadi media penyebaran virus. Jadi, kalau terpaksa membeli sesuatu selama di CFD, pilih penjual yang menawarkan metode pembayaran dengan uang elektronik.

Namun jika memang terpaksa harus menggunakan uang tunai, pastikan selalu cuci tangan atau gunakan hand sanitizer setelah melakukannya. Agar lebih aman, bawa sendiri semua barang yang kamu butuhkan selama olahraga, baik peralatan atau perbekalan.

Itu tadi beberapa poin protokol kesehatan yang perlu diperhatikan selama olahraga di luar, biar nggak jadi viral karena dianggap nggak mematuhi physical distancing. Selain itu, tanamkan selalu prinsip bahwa olahraga adalah untuk membuat tubuh sehat, bukannya malah memperbesar risiko penyebaran penyakit. Terapkan selalu tips aman ini ya, Sahabat Dream!

Beri Komentar