Tips Bersihkan Anting yang Dipakai Sehari-hari

Reporter : Cynthia Amanda Male
Sabtu, 23 Mei 2020 08:01
Tips Bersihkan Anting yang Dipakai Sehari-hari
Buat antingmu terlihat seperti baru.

Dream - Jika kamu sudah melakukan berbagai kegiatan dan masih merasa bosan, cobalah membersihkan aksesorismu. Kamu bisa memulainya dengan membersihkan anting yang sering dipakai.

Terutama, jika kamu tetap memakainya ketika mandi maupun berolahraga. Dilansir dari Cosmopolitan.com, berikut tips membersihkan anting agar kembali bersinar dan terlihat seperti baru lagi.

Siapkan mangkuk kecil, detergen berbahan ringan, air hangat dan sikat lembut. Lalu, ikuti langkah di bawah ini.

1. Isi mangkuk dengan air hangat dan sedikit sabun cair. Kamu juga bisa menggantinya dengan campuran air dan setetes amonia.

2. Aduk campurannya hingga merata dan rendam antingmu.

3. Setelah direndam selama 5 menit, ambil salah satu anting dan gosok pelan menggunakan sikat lembut hingga bersih. Ulangi hal yang sama pada anting lainnya.

4. Setelah disikat, bilas dengan air untuk membersihkan sisa kotoran. Lalu, taruh di atas handuk agar mengering.

(Sumber: Cosmopolitan.com)

1 dari 6 halaman

Tips Cara Membersihkan Perhiasan dari Noda dan Virus yang Menempel

Dream - Merapikan rumah, berlatih menu baru, atau melakukan perawatan diri untuk mengusir bosan selama tinggal di rumah mungkin sudah kamu lakukan. Jika kamu sedang kehabisan ide pembunuh waktu, mengapa tak mencoba aktivitas membersihkan perhiasan. 

Tahukan Sahabat Dream, banyak benda-benda di sekitar kita yang bisa jadi menjadi tempat bersarangnya virus corona. Salah satu benda tersebut bisa saja perhiasan yang biasa kamu pakai keluar rumah.

  ilustrasi perhiasan© Shutterstock

Bayangkan jika kamu sudah lelah membersihkan rumah, namun si virus menyebalkan itu ternyata bersarang di anting-anting atau kalung yang biasa dipakai.

Meski virus corona tak hidup selamanya di benda-benda yang kita pakai, tak ada salahnya kan kamu membersihkan perhiasan yang dikenakan setiap hari.

Nah jika kamu mau membersihkan perhiasan, mengutip laman Miss Kyra, berikut adalah beberapa tips yang akan membantumu.

2 dari 6 halaman

Hand sanitizer dapat mendisinfeksi perhiasan perak

Ingin membersihkan semua perhiasan perak, tetapi tidak tahu harus mulai dari mana? Nah, ternyata hand sanitizer bisa dimanfaatkan.

Yang perlu dilakukan adalah menuangkan beberapa tetes hand sanitizer pada perhiasan perak, lalu gosok secara perlahan.

Cairan dari campuran alkohol itu akan membantu menghilangkan semua bakteri yang mengkontaminasi. Namun, jangan menggunakan pembersih berbahan dasar klor karena dapat membuat warna perhiasan memudar.

  ilustrasi hand sanitizers© Shutterstock

Gunakan tisu pembersih

Jika biasanya tisu pembersih digunakan untuk membersihkan tangan, dan permukaan yang kotor, ternyata ia juga memiliki fungsi lain. Gunakan tisu pembersih berbasis alkohol untuk membersihkan perhiasan, karena berfungsi untuk menghilangkan kontaminasi bakteri tanpa merusak perhiasan.

3 dari 6 halaman

Rendam dalam Larutan Antibakteri dan Alkohol

Terkadang perhiasan bisa menyimpan tanah atau kotoran kecil selama bertahun-tahun karena tidak diperhatikan kebersihannya. Lapisan tersebut akan menjadi nodal dan sulit untuk dihilangkan.

Namun bukan berarti kamu harus menyerah. Kamu bisa membersihkan perhiasan itu dengn meredamnya di air campuran sabun dan antibakteri. Cara ini  akan membuat kotoran lepas dari perhiasannya.

Untuk menuntaskannya, kamu bisa menggunakan sikat gigi untuk membersihkan setiiap bagian dari perhiasan tersebut.

  ilustrasi perhiasan© Shutterstock

Rendam dalam alkohol

Rendam perhiasan dalam larutan alkohol yang tentu saja harus mengandung lebih dari 60 persen kandungan alkohol.

Biarkan sebentar dan kemudian bersihkan nanti. Untuk menghindari bentuk kilau pada perhiasan, rendam perhiasan dalam air sabun setelahnya. Ini akan membuat perhiasan terlihat bersih juga.

(Sah, Laporan: Raissa Anjanique)

4 dari 6 halaman

3 Tips Atasi Ruam Akibat Memakai Perhiasan

Dream - Pernahkah telingamu tiba-tiba memerah dan gatal setelah memakai anting-anting? Jika pernah, mungkin kamu harus berhenti memakainya.

Kondisi itu disebut contact dermatitis, yang menurut MayoClinic.org merupakan ruam kemerahan dan gatal. Penyebabnya, kontak terhadap suatu barang atau reaksi alergi. 

   Ilustrasi telinga gatal© shutterstock.com

Menurut Dermatologis, Cricelda Valencia, dermatitis ini bisa disebabkan oleh pemakaian kalung, anting, produk kosmetik dan terkadang tisu.

Alergi ini tidak terlalu berbahaya, tapi bisa membuatmu sangat tidak nyaman. Dilansir dari Female Network, berikut penjelasan dan tips seputar alergi tersebut oleh Valencia.

5 dari 6 halaman

Tips 1: Mengetahui Apa yang Menyebabkan Contact Dermatitis

Mengetahui sebab dermatitis akan mengarahkanmu pada perawatan yang tepat. Kamu bisa mengetahuinya dengan dua cara.

Pertama dengan memperhatikan reaksi kulit terhadap berbagai barang.

Kedua, dengan melakukan patch test yang merupakan tindakan non-infasif untuk mencari tahu seputar alergi dengan memakai 'stiker' yang diletakkan pada punggung pasien.

   ilustrasi patch test© shutterstock.com

 

Masing-masing patch atau stiker mewakili satu alergen atau kandungan yang memicu alergi.

" Patch test merupakan pengujian dimana akan ditaruh lebih dari 20 alergen pada punggung," jelasnya. Dibutuhkan 48 jam untuk mengetahui reaksinya.

6 dari 6 halaman

Tips 2: Menggunakan Obat Anti Peradangan

Krim atau produk anti peradangan bisa mengurangi rasa gatal dan bengkak pada kulit.

Ini dijual dalam berbagai jenis, tapi dia menyarankan untuk memakai topical corticosteroid atau steroid dengan resep dokter.

Steroid memiliki efek samping jangka pendek. Oleh karena itu, berhati-hatilah dengan dosisnya.

Tips 3: Mencoba Bahan Alami

Jika ingin solusi natural dan lebih terjangkau, Valencia merekomendasikan evaporated milk atau petroleum jelly. Aplikasikan pada kulit dua kali sehari.

   ilustrasi jelly© shutterstock.com

" Saat pasien datang dengan kulit yang memerah dan teriritasi, kami menyarankan untuk mencampur secangkir air dingin dengan setengah cangkir evaporated milk. Lalu, mengompres kulit dengan campuran tersebut."

" Kami juga merekomendasikan untuk mengaplikasikan petroleum jelly yang tersedia di banyak tempat dan terjangkau," pungkasnya.

Beri Komentar