Tips Jalani Ramadan di Tengah Pandemi

Reporter : Dwi Ratih
Selasa, 13 April 2021 15:31
Tips Jalani Ramadan di Tengah Pandemi
Yuk kita bikin Ramadan tahun ini makin hangat.

Dream - Tak bisa dipungkiri bahwa kita harus melewati Ramadan untuk kedua kalinya di masa pandemi COVID-19. Sama seperti tahun lalu, Ramadan kali ini akan banyak dihabiskan dari dalam rumah saja.

Mulai dari tarawih, tadarus, kajian, hingga menikmati buka puasa bersama sahabat dan keluarga via daring.

Semua dilakukan demi meminimalisir penyebaran virus COVID-19 yang kian menggila. Biasanya, orang-orang ramai memenuhi masjid atau surau untuk berbuka puasa bersama atau menjalankan salat Tarawih, namun tahun ini dianjurkan untuk tetap #dirumahaja.

Agar Ramadan vibes tahun ini tidak hambar, yuk kita bikin suasana Ramadan di rumah makin hangat dan tetap semangat seperti biasanya.

1 dari 5 halaman

Ikhlaskan niat karena Allah SWT

Kita harus mencurahkan niat dan tekad untuk menggunakan setiap momen di bulan suci ini untuk beribadah dengan membaca Alquran, salat malam, zikir, doa, dan apa pun yang dapat mendekatkan kita kepada Allah.

Ilustrasi© Shutterstock

Susun jadwal

Kemungkinan besar kita akan terlena dengan smartphone dan acara televisi yang dapat membuat kita lupa dengan tujuan puasa kita yang sebenarnya.

Karena itu kita sebaiknya mengisi waktu dengan membuat jadwal yang berkaitan dengan ibadah secara teratur seperti mendengar tauziah, membaca Alquran, atau mengkaji ilmu agama.

Tujuannya agar ibadah kita bisa terus berjalan secara teratur selama tidak bisa keluar ke masjid.

2 dari 5 halaman

Ramaikan rumah dengan ibadah

Selama lockdown, kita dilarang untuk keluar rumah. Maka dari itu kita bisa mengumpulkan seluruh anggota keluarga di rumah untuk beribadah bersama.

Ramaikan dengan sholat, membaca Alquran, zikir dan berbagai aktivitas ibadah lainnya agar suasana Ramadan benar-benar terasa.

Ilustrasi© Shutterstock

Sedia pasokan vitamin

Kesehatan jadi hal utama saat puasa, terlebih saat pandemi COVID-19. Kita semua dituntut untuk menjaga kesehatan yang super ketat. Untuk itu, jangan ragu buat sediakan vitamin atau suplemen sebagai pelengkap menu sahur dan buka puasa.

Nggak mau kan, puasa jadi bolong perkara sakit yang dibuat sendiri?

3 dari 5 halaman

Catat! Tiga Waktu Terkabulnya Doa di Bulan Ramadan

Dream - Hari pertama Ramadan 1442 H sedang kita jalani hari ini, Selasa, 13 April 2021. Sejak pertengahan Syaban kemarin, semua muslim sudah bersiap untuk menyambut datangnya bulan yang mulia ini. 

Segala keistimewaan dan kemuliaan ada di bulan Puasa ini. Selain nilai ibadah dilipatgandakan, segla pintu doa dibuka sehingga terkabulnya hajat semakin besar.

Namun tahukan Sahabat Dream jika ada waktu-waktu mustajab untuk berdoa di bulan Ramadan? Pada waktu-waktu itulah doa-doa mudah dikabulkan.

Menurut para ulama, ada beberapa waktu waktu utama terkabulnya doa di bulan Ramadan. Yaitu pada waktu sahur, saat berpuasa, dan saat berbuka.

4 dari 5 halaman

Waktu Sahur


Niat, Tata Cara, Ketentuan dan Keutamaan Puasa Syawal: Pahala Berpuasa Setahun© MEN

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda; " Rabb kita tabaraka wa ta’ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Allah berfirman, " Siapa saja yang berdoa kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, maka akan Aku ampuni.” (HR. Bukhari, no. 1145 dan Muslim, no. 758).

Ibnu Hajar juga menjelaskan hadits di atas dengan berkata, " Doa dan istighfar di waktu sahur mudah dikabulkan."  (Fath Al-Bari, 3: 32).

 

5 dari 5 halaman

Saat Berpuasa


Waktu Sahur© MEN

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda; "  Tiga orang yang doanya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang dizalimi."  (HR. Ahmad 2: 305. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini shahih dengan berbagai jalan dan penguatnya)

Imam Nawawi rahimahullah berkata, "  Disunnahkan orang yang berpuasa untuk memperbanyak doa demi urusan akhirat dan dunianya, juga ia boleh berdo’a untuk hajat yang ia inginkan, begitu pula jangan lupakan do’a kebaikan untuk kaum muslimin secara umum.” (Al-Majmu’, 6: 273)

Ketika Berbuka Puasa

Dianjurkan Makan Sahur Diakhirkan, Ini Hikmahnya© MEN

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda; "  Ada tiga orang yang doanya tidak ditolak : (1) Pemimpin yang adil, (2) Orang yang berpuasa ketika dia berbuka, (3) Doa orang yang terzalimi.” (HR. Tirmidzi no. 2526, 3598 dan Ibnu Majah no. 1752. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini hasan).

Dalam Tuhfah Al-Ahwadzi (7: 278) disebutkan bahwa kenapa doa mudah dikabulkan ketika berbuka puasa yaitu karena saat itu, orang yang berpuasa telah menyelesaikan ibadahnya dalam keadaan tunduk dan merendahkan diri.

(Ism, Sumber: rumaysho.com)

Beri Komentar