Tips Mudah Supaya THR Tidak Boros dan Tetap Membawa Berkah

Reporter : Wuri Anggarini
Selasa, 11 Mei 2021 19:02
Tips Mudah Supaya THR Tidak Boros dan Tetap Membawa Berkah
Ini cara jitu agar THR tidak cuma sekadar numpang lewat di dompet dan rekening kamu

Suka cita Ramadan memang jadi hal yang paling ditunggu umat Islam di seluruh dunia. Tidak hanya dikenal sebagai bulan penuh pengampunan, Ramadan juga menghadirkan banyak kebahagiaan. Salah satunya adalah mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR).

Saldo yang bertambah setelah mendapatkan THR sebaiknya digunakan untuk hal-hal yang wajib, seperti menabung, berbagi dengan keluarga dan orang-orang yang membutuhkan. Sayangnya, banyak yang terjebak belanja impulsif hingga nasib THR hanya numpang lewat saja. Akhirnya berkah THR tidak bisa kamu rasakan.

Supaya kamu tidak terjebak dengan belanja impulsif atau pengeluaran lain yang tidak urgent saat THR cair, yuk ikuti tips mengelola finansial berikut ini!

Catat Pengeluaran, Dahulukan Kebutuhan Pokok

Tips Mudah Supaya THR Tidak Boros dan Tetap Membawa Berkah© 2021 Shutterstock

Momen Ramadan hingga Lebaran memang banyak kebutuhan rumah tangga yang perlu dipenuhi. Mulai dari belanja kue kering, masak-masak untuk Lebaran, sampai membelikan keluarga hadiah Lebaran. Tapi, biar pengeluaran tidak membludak yang bikin kantong jebol, lakukan perencanaan terlebih dulu.

Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum belanja adalah mencatat apa saja kebutuhan pokok hingga Lebaran tiba. Bedakan keinginan dan kebutuhan, eliminasi belanja yang menurutmu tidak terlalu dibutuhkan. Kalau dilakukan secara tertib, pasti bisa mengamankan saldo THR.

Jangan Lupa Sedekah

Tips Mudah Supaya THR Tidak Boros dan Tetap Membawa Berkah© 2021 Shutterstock

Berbagi dengan sesama adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membuat Hari Raya Idulfitri semakin terasa berkahnya. Apalagi dalam harta yang dimiliki ada hak untuk fakir miskin dan saudara lain yang kurang beruntung. Selain dengan membayar zakat, kamu bisa menyisihkan sebagian hartamu untuk membantu mereka yang kurang beruntung. Misalnya dengan memberikan makanan untuk sahur dan berbuka kepada anak-anak yatim piatu. Dengan begitu, kamu bisa menerima berkahnya nggak hanya di dunia saja, tapi juga di akhirat.

Alokasikan untuk Tabungan

Tips Mudah Supaya THR Tidak Boros dan Tetap Membawa Berkah© 2021 Shutterstock

Penting banget untuk mengatur keuangan dengan cermat apalagi di tengah kondisi pandemi. Manfaatkan dana THR yang kamu terima untuk dialokasikan menjadi tabungan atau dana darurat. Jika kondisi keuanganmu lebih fleksibel, dana THR juga bisa dimanfaatkan untuk investasi. Yuk ubah mindset mendapatkan dana THR sebagai kesempatan untuk menambah pundi keuangan, bukan untuk dibelanjakan.

Manfaatkan Promo dan Belanja dengan Harga Murah

Tapi gimana kalau memang harus banget belanja di momen Lebaran? Saatnya kamu manfaatkan promo belanja supaya lebih menghemat dana THR.

Sekarang berburu promo menjelang Idulfitri tidak perlu bingung lagi karena ada Haya Online Ramadan 2021 yang hadir selama bulan April sampai dengan Mei 2021 dengan berbagai promo menarik dari CIMB Niaga Syariah. Dapatkan berbagai promo dengan metode pembayaran melalui OCTO Mobile, OCTO Clicks, dan Rekening Ponsel yang bisa menghemat belanjamu. Tunggu apa lagi, yuk buruan manfaatkan sekarang biar THR makin hemat!

Beri Komentar