Tokopedia x Dekranas Luncurkan Festival Fashion Lokal Jabar

Reporter : Jeffreydien Winanda
Kamis, 14 Oktober 2021 15:00
Tokopedia x Dekranas Luncurkan Festival Fashion Lokal Jabar
Festival ini adalah turunan dari inisiatif Hyperlocal Tokopedia.

Festival Fashion Lokal Jawa Barat resmi diluncurkan. Agenda ini merupakan kolaborasi antara perusahaan teknologi Indonesia Tokopedia dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dewan Kerajinan Nasional Daerah Provinsi Jawa Barat (Dekranasda Jabar).

Senior Lead Fashion Tokopedia, Aldhy Darmayo mengatakan jika festival ini bertujuan untuk mendekatkan pembeli dan penjual khususnya di bidang fesyen.

“ Festival ini adalah turunan dari inisiatif Hyperlocal Tokopedia yang bertujuan mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat demi mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. Kami berharap produk lokal semakin menjadi pilihan utama masyarakat dan UMKM, termasuk yang bergerak di industri fesyen, agar bisa meraja di negeri sendiri,” ungkap Senior Lead Fashion Tokopedia, Aldhy Darmayo.

Peminat Fesyen di Jawa Barat Meningkat Pesat

Festival Fashion Lokal Jawa Barat© Festival Fashion Lokal Jawa Barat

Jawa Barat sendiri menjadi salah satu daerah dengan peningkatan pesat dari sisi jumlah penjual produk fesyen dilansir dari data internal Tokopedia. Di sisi lain, peningkatan jumlah transaksi juga terjadi hampir 2x lipat di Jawa Barat selama kuartal III 2021 dibanding kuartal III 2020.

“ Kategori Fashion adalah salah satu kategori di Tokopedia dengan peningkatan transaksi paling tinggi pada kuartal III 2021 di Jawa Barat. Animo tinggi dari masyarakat inilah yang melatarbelakangi kehadiran Festival Fashion Lokal Jawa Barat,” lanjut Aldhy.

Jadi Momentum UMKM Fesyen Jawa Barat Semakin Berkreasi

Ketua Dekranasda Jawa Barat, Atalia Praratya, mengatakan jika Festival Fashion Lokal Jawa Barat ini menjadi momentum yang tepat sebagai panggung UMKM fesyen Jawa Barat bisa unjuk gigi lewat karya mereka. Dirinya pun berharap agar produk fesyen dari pelaku UMKM lokal Jawa Barat ini bisa dijangkau seluruh masyarakat Indonesia bahkan dunia.

“ Kami sangat mengapresiasi Tokopedia yang telah memberikan panggung bagi para pelaku UMKM fesyen di Jabar lewat Festival Fashion Lokal. Lewat festival ini, produk fesyen buatan UMKM Jabar bisa dengan mudah dijangkau oleh seluruh masyarakat Indonesia di mana pun berada,” ujar Atalia.

Festival Fashion Lokal Jawa Barat sendiri diikuti oleh banyak UMKM di Jawa Barat, termasuk Nayara, Ame Raincoat, dan Gonegani.

Sinergi Offline-Online Jadi Kunci di Masa Pandemi

Salah satu pelaku UMKM, Nayara mengatakan jika di masa pandemi ini diperlukan sinergi offline dan online dalam berbisnis di era pandemi. Nayara sebagai UMKM fesyen wanita pun menerapkan pola ini untuk memasarkan produk unggulannya.

“ Tokopedia menjadi harapan bagi Nayara untuk mempertahankan penjualan di tengah pandemi. Sejak rutin mengikuti kampanye di Tokopedia, kami mampu menjual ratusan produk setiap bulan. Omzet bulanan pun kembali mencapai puluhan juta,” ujar Adrina Effendi, pendiri Nayara.

Fashionable dengan Jas Hujan, Mengapa Tidak?

Kreativitas menjadi kunci untuk mendapatkan produk yang digemari masyarakat luas. Hal inilah yang disadari Mirza Miftah dan Bimo Atiflu, selaku founder dari Ame Raincoat.

Berawal dari tugas kuliah desain produk, Mirza dan Bimo melanjutkan bisnis jas hujan merk Ame ini dengan sentuhan lebih segar.

“ Semua produk Ame Raincoat terbuat dari bahan polyester terbaik dan 100% lokal,” jelas Mirza.

Meski sempat mengalami penurunan penjualan di awal pandemi, keadaan ini memotivasi Mirza dan Bimo untuk berinovasi dari segi produk, termasuk membuat masker kain yang dibutuhkan masyarakat.

“ Terus berinovasi dan memaksimalkan pemanfaatan platform digital Tokopedia membuat penjualan Ame Raincoat meningkat hingga 2x lipat,” tutur Bimo.

Bisnis Fesyen Muslim Lokal Bermodal Minim, Sukses Raih Omzet Ratusan Juta

Founder dari Gonegani, Khairul Ghani mengatakan jika dirinya mendirikan bisnis ini dengan bermodalkan Rp 1 juta saja. Produk fesyen rancangan dirinya yang sudah hadir sejak 2016 tersebut menjelma menjadi usaha yang memiliki omzet ratusan juta rupiah.

“ Lewat Tokopedia, kini omzet kami bisa mencapai ratusan juta per bulan. Nama Gonegani bahkan dikenal dari Aceh hingga Papua,” tutup Khairul.

Festival Fashion Lokal Jawa Barat berlangsung hingga 28 Oktober 2021 nanti. Masyarakat bisa mendapatkan produk fesyen terpilih dari UMKM Jawa Barat dengan beragam penawaran, mulai dari bebas ongkir, cashback, flash sale, dan masih banyak lagi. Jangan sampai terlewatkan ya, Sahabat Dream!

Beri Komentar