Sneak Peak Koleksi 7 Motif Batik Kolaborasi Uniqlo X Bai Soemarlono

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Kamis, 31 Maret 2022 06:12
Sneak Peak Koleksi 7 Motif Batik Kolaborasi Uniqlo X Bai Soemarlono
Intip yuk desain yang berkolaborasi dengan Bai Populo ini

Dream - Setelah debut pertama tahun 2021 lalu, perusahaan ritel global asal jepang, Uniqlo Indonesia kembali berkolaborasi dengan Bai Soemarlono atau yang dikenal dengan Bai Populo. Melalui Uniqlo Batik Motif Collection Spring/Summer 2022 Designed by Bai Populo berbagai bentuk batik akan diluncurkan secara resmi pada 4 April mendatang.

Kolaborasi ini merupakan wujud apresiasi terhadap kekayaan seni dan budaya Indonesia melalui perpaduan koleksi LifeWear dengan desain motif batik eksklusif yang bisa digunakan sehari-hari.

Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Kami berkomitmen dan mendukung para seniman Indonesia dalam melestarikan budaya Indonesia, salah satunya dengan kembali berkolaborasi bersama Bai Soemarlo yang memadukan keindahan dan karakteristik dari Batik Motif namun tetap nyaman dan stylish," ujar Daniel Pieter Sumual Marketing Director & E-Commerce Head Business Unit PT Fast Retailing Indonesia pada acara launching UNIQLO Batik Motif Collection Spring/Summer 2022, Kamis 30 Maret 2022.

Daniel juga berharap kolaborasi ini bisa memberikan inspirasi berpakaian batik motif khas Indonesia untuk digunakan sehari-hari.

1 dari 6 halaman

Ajak Hadapi Dua Tantangan Besar

Melalui desain pada kolaborasi ini, Bai Soemarlono mengangkat nilai-nilai yang membawa masyarakat untuk lebih menjaga lingkungan untuk kehidupan yang lebih nyaman.

Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

" Dunia kita sedang menghadapi dua tantangan besar yang sangat erat hubungannya yaitu krisis iklim dan efek pandemi. Keduanya hanya dapat diselesaikan jika umat manusia berhenti menggunakan alam sebagai sumber daya dan sebaliknya memahami bahwa kita hanyalah bagian dari alam,” tambah Bai Soemarlono pada kesempatan yang sama.

Dua tantangan inilah yang menginspirasi Bai Soemarlono dan menuangkan 7 pola batik yang apik nan cantik pada 9 produk koleksi batik. Koleksi ini terbagi dari enam motif dan enam warna kemeja pria serta satu motif blus wanita dengan 3 pilihan warna.

2 dari 6 halaman

1. Sido Mukti

Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

Pola diagonal bergelombang yang mewakili keinginan untuk saling berhubungan dan karenanya menimbulkan komitmen dan pencapaian.

Secara tradisional motif ini dikenakan oleh pasangan pengantin. Motif ini melambangkan konektivitas terhadap orang lain yang selama pandemi sulit tetapi sangat penting bagi kehidupan.

Selain itu, juga melambangkan hubungan dengan alam dimana menyadarkan bahwa kita hanya bagian dari jaringan yang. lebih besar. Pola ini diaplikasikan pada blus wanita dengan 3 warna pilihan yang dapat digunakan untuk berbagai kesempatan.

 

3 dari 6 halaman

2. Tirto Tedjo

Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

Tirto Tedjo melambangkan sungai atau air. Tirto yang berarti air dan Tedjo untuk cahaya, melambangkan aliran cahaya konstan yang melambangkan optimisme.

Sekali lagi motif ini membahas dua tantangan utama kehidupan kita saat ini, yakni krisis iklim dan pandemi.

“ Tirto tedjo ini mengajak kita untuk bersikap positif optimis juga tahan banting di situasi apapun. Air itu bisa melawan apa saja,” tambah Bai.

 

4 dari 6 halaman

3. Sisik Ikan (Grinsing)

Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

Pola sisik ikan melambangkan perlindungan. Secara bahasa " Gringsing" artinya tidak sakit (Gering sakit dan Sing = tidak) yang diartikan sebagai pelindung bayi dari penyakit.

“ Kain ini biasa dibalut untuk bayi agar cepat sembuh. Jadi motif ini memberi optimis, tidak sakit dan kuat dengan pandemi ini,” tambah Bai.

Motif ini juga menyatukan kebutuhan umat manusia akan perlindungan terhadap krisis iklim dan pandemi.

 

5 dari 6 halaman

4. Cakar Ayam

Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

Ayam dipandang sebagai hewan yang rajin menggali tanah ketika berburu makanan menggunakan cakar (kaki) melambangkan harapan dan hidup mandiri.

“ Kalo ayam kan pagi cari makan, jadi di masa pandemi ini kita harus tetap rajin, tidak boleh berputus asa dan ikhtiar,” jelas desainer ini.

Motif ini juga memiliki kaitan yang kuat dengan hubungan kita dengan alam. Motif ini melambangkan jejak kaki binatang di tanah, di mana semua sumber kehidupan berakar.

 

6 dari 6 halaman

5. Air Terkekang

Motif air padat yang terkurung dibuat dengan garis yang digambar tangan membentuk pola kotak-kotak. Namun secara alami, air tidak bisa dikurung karena akan selalu mengalir di luar kandang. Motif ini bermakna bahwa kita tidak boleh mengatur alam, tetapi hanya bisa mengambil bagian kita dalam ekosistem

6. Bintang

Bintang adalah simbol perlindungan dan energi positif serta memiliki banyak makna spiritual dari iman, harapan dan kejelasan. Motif ini juga menggambarkan sebuah awal yang baru yang mengacu pada perubahan iklim serta pandemi.

“ Bintang ini lambang kesucian, jadi kuat harus iman nya di masa pandemi ini. Agar gak kalah terbanting untuk melewati pandemi ini,” tambah Bai.

Pada saat yang sama, ini adalah motif yang sempurna untuk bulan Ramadhan (bintang Ramadhan).

7. Gunung

Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

Gunung melambangkan kemampuan untuk menaklukan atau mengatasi hal tertentu serta merepresentasikan kerja keras dan tekad yang kuat. Motif ini mewakili petualangan baru dan mendorong kita untuk memperluas kehidupan.

Seluruh pelanggan setia UNIQLO Indonesia dapat menikmati UNIQLO Batik Motif Collection Spring/Summer 2022 Designed by Bai Populo mulai 4 April 2022 mendatang di website dan aplikasi UNIQLO.COM serta seluruh toko UNIQLO di Indonesia

Beri Komentar