CONNECT WITH US!

13 Foto Palsu yang Gemparkan Dunia

Reporter : Idho Rahaldi | Minggu, 18 Juni 2017 12:02
(Brightside.me)
Sempat dinaggap asli, namun mereka palsu...

Dream - Tidak dipungkiri lagi dunia maya penuh dengan kepalsuan dan kebohongan. Berita palsu dan bohong tersebar merata hampir di semua bidang.

Tak hanya artikel, jagat maya khususnya sosial media juga dipenuhi dengan foto, gambar dan video bohong. Unggahan itu dibuat untuk menyebarkan berita palsu dan bohong. Ada pula yang cuma berniat agar akun sosial medianya banyak disukai warganet.

Dari beberapa foto yang tersebar, berikut adalah 13 foto palsu dan terkena yang dibagikan oleh BrightSide.me dan berhasil menipu peselancar dunia maya.

Nominasi Palsu

 Foto Palsu

Foto helikopter sedang menyelamatkan orang yang akan diterkam ikan hiu ini pernah dinominasikan sebagai National Geographic Photo of theYear.

Namun foto tersebut sebenarnya palsu. Foto tersebut dibuat dengan menggabungkan dua foto yang tak berkaitan sama sekali. National Geographic kabarnya sempat malu dengan kemunculan foto nominasi palsu ini.

Pulau Kastil

 Foto Palsu

Dalam keterangannya, foto pulau kastil yang sangat menakjubkan ini disebut berada di Castle Island, Irlandia. Siapa pun yang melihatnya pasti tertarik untuk berkunjung ke sana.

Namun foto ini sebenarnya palsu. Hasil editan menggunakan program Photoshop telah membuat orang-orang percaya bahwa pulau kastil di Irlandia ini benar-benar ada.

Buah Semangka Biru

 Foto Palsu

Foto buah semangka biru ini telah beredar luas di dunia maya dalam beberapa tahun belakangan. Meskipun palsu, buah yang tak mungkin ada ini memiliki beberapa nama unik dalam bahasa Jepang atau Mandarin.

Einstein Naik Sepeda

 Foto Palsu

Foto Albert Einstein sedang naik sepeda dengan latar belakang ledakan nuklir di Nevada pada tahun 1962 ini sebenarnya palsu. Sebab, Einstein sudah meninggal tujuh tahun sebelum insiden ledakan itu terjadi.

Kameramen Dikejar Beruang

 Foto Palsu

Keadaan gawat dalam pemotretan di alam liar memang sedang terjadi. Namun tidak sedramatis yang ada dalam foto ini. Karena foto kru kameramen dikejar beruang ini sebenarnya palsu.

Jika tidak percaya, coba perhatikan bentuk kepala beruang dan tambalan gambar rumput di dekat kaki depan sebelah kanan beruang tersebut. Foto ini palsu karena diedit dengan Photoshop.

Logo Singa Mengaum

 Foto Palsu`

Semua orang pasti pernah melihat logo singa mengaum dalam film-film yang diedarkan atau diproduksi oleh perusahaan film HollywoodMetro GoldwynMayer.

Menurut foto ini, kepala singa mengaum itu diambil dengan cara yang cukup sadis. Foto ini sempat memicu kemarahan para pencinta lingkungan dan satwa liar.

Namun foto yang muncul dua tahun lalu ini sebenarnya palsu. Foto asli memperlihatkan seekor singa sedang menjalani prosedur MRI.

Nominasi Palsu Lainnya

 Foto Palsu

Foto spektakuler dari foto hiu putih raksasa sedang meloncat di atas air ini pernah ditulis sebagai National Geographic Photo of the Year pada tahun 2016 lalu. Banyak yang menganggap nya asli, namun tidak sedikit yang meragukan keasliannya.

Singa Hitam

 Foto Palsu

Foto singa hitam yang eksotis ini menerima ratusan ribu Likes dari seluruh dunia. Semua orang yang melihatnya berbicara tentang binatang yang unik itu. Tapi, terlepas dari kenyataan bahwa singa hitam memang ada dalam kenyataan, khusus untuk foto ini adalah palsu. Yang asli adalah singa albino yang terlihat benar-benar menakjubkan.

Bayi yang Sangat Kuat

 Foto Palsu

Foto janin meninggalkan jejak kaki pada dinding perut ibunya ini palsu. Sebab, dinding perut terlalu tebal agar kaki terlihat dengan jelas. Selain itu, kaki tersebut terlalu besar untuk bayi yang belum lahir.

Presiden AS Baca Buku Terbalik

 Foto Palsu

Cerita tentang George W. Bush, Jr. membaca buku terbalik tidak hanya dinikmat ioleh komunitas internet. Tapi beberapa media massa menggunakan kesempatan ini untuk mengkritik kapasitas mental Presiden Amerika Serikat saat itu. Namun, kegemparan itu lahir entah dari mana: Bush memegang buku itu dengan benar.

Detik-detik Menegangkan

 Foto Palsu

Foto palsu ini muncul beberapa minggu setelah serangan teroris di WTC, Amerika Serikat pada September 2011. Terlepas dari in konsistensi logis yang jelas terlihat (seperti bagaimana mungkin turis ini tidak mendengar pesawat yang mendekat? Mengapa orang yang memotret nya tidak memberitahu turis itu?), kengerian yang ditimbulkan oleh tragedi tersebut membuat foto ini menjadi terkenal.

Batman dan Joker

 Foto Palsu

Foto Joker melompat dengan skateboard di atas Batman ini palsu. Foto palsu ini sempat trending di Twitter. Foto asli memperlihatkan Heath Ledger (pemeran Joker) sedang bermain dengan pemeran Batman di lokasi syuting The Dark Knight.

Pilot Swa foto Saat Terbang

 foto palsu

Fotoseorang pilot tanpa rasa takut swa foto di udara ini menciptakan sensasi di dunia maya. Meski banyak yang mengatakan palsu, foto ini telah meraup banyak Likes di media sosial. Meski begitu, foto yang asli tetap terlihat mengagumkan dan patut mendapat perhatian publik.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan? Jangan sampai mudah percaya dengan foto-foto fenomenal yang tersebar di dunia maya ya.....

(Brightside.me)

Sensasi Naik Bianglala Tertinggi di Indonesia