Matahari Tepat di Atas Kabah pada 15-16 Juli, Yuk Cek Arah Kiblat

Reporter : Maulana Kautsar
Jumat, 12 Juli 2019 15:01
Matahari Tepat di Atas Kabah pada 15-16 Juli, Yuk Cek Arah Kiblat
Begini cara memverifikasinya.

Dream - Posisi Matahari kembali akan tepat berada di atas Kabah pada pekan depan tepatnta, 15 dan 16 Juli 2019. Di saat inilah kita bisa membetulkan atau memastikan arah kiblat sudah tepat. 

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Agus Salim mengatakan, peristiwa matahari tepat melintas tepat di atas Kabah akan terjadi pada pukul 16.27 WIB atau 17.27 WITA. 

" Saat itu, bayang-bayang benda yang berdiri tegak lurus, di mana saja, akan mengarah lurus ke Kabah," kata Agus Salim melalui keterangan tertulis yang diterima Dream, Jakarta, Jumat, 12 Juli 2019.

Agus mengatakan, peristiwa semacam ini dikenal juga dengan nama Istiwa A'dham atau Rashdul Qiblah. Yaitu, waktu matahari di atas Kabah, di mana bayangan benda yang terkena sinar matahari menunjuk arah kiblat.

Momentum ini, kata Agus, dapat digunakan bagi umat Islam untuk memverifikasi kembali arah kiblatnya.

Agus mengatakan, cara memverifikasi arah kiblat yaitu dengan menyesuaikan arah kiblat dengan arah bayang-bayang benda pada saat Rashdul Qiblah.

1 dari 5 halaman

Cara Verifikasi

 Tata cara memverifikasi arah kiblat (Istimewa)

Tata cara memverifikasi arah kiblat (Istimewa)

Agus menyebut, ada beberapa hal yang perlu diperhaikan dalam proses verifikasi arah kiblat, yaitu,

1. Pastikan benda yang menjadi patokan harus benar-benar berdiri tegak lurus atau pergunakan Lot/Bandul

2. Permukaan dasar harus betul-betul datar dan rata

3. Jam pengukuran harus disesuaikan dengan BMKG, RRI atau Telkom.

2 dari 5 halaman

Di Dalam Kabah, Ke Mana Arah Kiblat Sholatnya?

Dream - Dalam melaksanakan sholat baik fardlu maupun sunah, terdapat syarat yang harus terpenuhi. Salah satunya adalah menghadap kiblat.

Kiblat yang dimaksud yaitu Kabah yang terletak di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi. Bangunan ini menjadi pusat arah sholat umat Islam sedunia.

Kabah sendiri merupakan bangunan berbentuk kubus. Terdapat pintu yang menghubungan dengan bagian dalam Kabah.

Tidak semua orang dapat masuk ke dalam Kabah. Hanya para pejabat dan tamu istimewa Kerajaan Arab Saudi yang bisa masuk dan melihat sisi dalam Kabah.

 

3 dari 5 halaman

Sholat Sunnah

Kebanyakan mereka yang masuk ke Kabah akan melaksanakan sholat sunah. Karena jadi pusat arah sholat, lantas ke mana seseorang menghadap jika sholat di dalam Kabah?

Dikutip dari NU Online, Syeikh Wahbah Az Zuhayli dalam kitab Al Fiqhul Islami wa Adillatuh, menjelaskan menghadap kiblat merupakan kewajiban dalam sholat. Sedangkan mengenai sholat di dalam Kabah, ketentuannya sudah banyak dibahas oleh para ulama fikih.

" Kita mengetahui bersama bahwa (orang yang shalat di dalam Kabah) secara syar'i harus menghadap salah satu bagian Kabah… Ahli fikih telah menetapkan pelaksanaan sholat di dalam Kabah."

4 dari 5 halaman

Bisa ke Semua Arah

Terkait arah sholat dalam Kabah, Imam An Nawawi dalam kitab Minhajut Thalibin menjelaskan sholat di dalam maupun di atas Kabah dapat menghadap ke salah satu arah. Boleh pula dengan menghadap pintu Kabah.

" Siapa yang sholat di dalam Kabah dan menghadap dindingnya atau pintunya yang tertutup maupun terbuka disertai ketinggian ambang pintunya tiga hasta, atau di atas atapnya sambil menghadap salah satu bangunannya yang telah lalu, maka boleh."

Penjelasan ini menjadi pendapat yang dipegang dan diyakini oleh Mazhab Syafi'i. Dari penjelasan tersebut, sholat dengan menghadap ke arah mana saja ketika berada di dalam Kabah dibolehkan.

Syeikh As Syarbini dalam Mughni Muhtaj ila Ma'rifati Ma'ani Alfazhil Minhaj menjelaskan arah mana saja di dalam Kabah adalah bagian dari Kabah. Sehingga, orang tidak perlu khawatir mengenai sah tidaknya sholat yang dikerjakan.

" Karena pada hakikatnya dia menghadap ke salah satu bagian dari Kabah atau ke salah satu benda yang seakan menjadi bagian dari Kabah."

5 dari 5 halaman

Sholat Apa yang Sah di Dalam Kabah?

Meski demikian, para ulama berbeda pendapat mengenai sholat apa yang sah dikerjakan di dalam Kabah. Apakah itu sholat sunah dan fardlu atau hanya sholat sunah.

Sebagian ulama berpendapat sholat yang sah dikerjakan di dalam Kabah hanya sholat sunah. Sholat fardlu dianggap tidak sah dikerjakan dalam Kabah.

Sementara sebagian ulama lain berpendapat baik sholat sunah maupun sholat fardlu, keduanya sah dikerjakan di dalam Kabah.

(ism, Sumber: NU Online.)

Beri Komentar
Detik-detik Bom Bunuh Diri Meledak di Polrestabes Medan