5 Tips Lebaran di Perantauan Agar Tetap Seru Meski Jauh dari Keluarga

Reporter : Arini Saadah
Rabu, 12 Mei 2021 16:00
5 Tips Lebaran di Perantauan Agar Tetap Seru Meski Jauh dari Keluarga
Kamu tidak sendirian, Sahabat!

Dream - Pemerintah melarang masyarakat mudik Lebaran untuk memutus rantai penularan Civid-19. Jadilah banyak perantau yang tidak bisa pulang ke kampung halaman untuk merayakan Idul Fitri bersama keluarga.

Tidak mudik dan harus merayakan Lebaran di perantauan memang bukanlah sesuatu yang menyenangkan. Apalagi ini tahun ke dua. Mengingat tradisi mudik dan Lebaran bersama keluarga merupakan momen berharga setiap tahunnya yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Namun kondisi saat ini mengharuskan kita tidak egois dan lebih memikirkan kebaikan bersama. Jangan khawatir bagi kamu yang merayakan Lebaran di perantauan karena beberapa tips berikut ini tetap akan membuat Lebaran kamu menyenangkan.

Berikut tips Lebaran di perantauan agar tetap seru dan menyenangkan meski jauh dari keluarga dan kerabat dekat.

1 dari 5 halaman

1. Sholat Idul Fitri

Tips Lebaran di perantauan yang pertama adalah tetap melakukan sholat Idul Fitri meskipun hanya bersama dengan tetangga atau teman kos.

Mengingat saat ini kita sedang berada dalam situasi pandemi virus corona maka saat hendak melaksanakan sholat Idul Fitri sangat dianjurkan mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Kementerian Agama pun sudah mengeluarkan pengumuman kepada warga bahwa sholat Idul Fitri di masjid boleh asalkan mengikuti protokol kesehatan secara ketat.

Nah kamu bisa nih memanfaatkan kesempatan ini untuk sholat Idul Fitri di masjid terdekatmu. Sehingga kamu bisa merayakan hari kemenangan meskipun jauh dari keluarga.

2 dari 5 halaman

2. Siapkan Kue Lebaran untuk Diri Sendiri

Ilustrasi© freepik.com

Meskipun Lebaran jauh dari keluarga, kamu bisa kok menyiapkan kue untuk diri sendiri supaya nuansa Idul Fitri tetap terasa.

Kamu bisa membeli kue Lebaran yang biasa keluarga kamu beli untuk menyambut tamu di rumah.

Jika memiliki rezeki berlebih tak ada salahnya membelikan kue kering sebagai bingkisan Lebaran untuk tetangga atau teman-teman di perantauan.

3 dari 5 halaman

3. Masak Opor Ayam atau Hidangan Lebaran Lainnya

Ilustrasi© freepik.com

Tidak mudik alias Lebaran di perantauan tidak lantas membuat kamu larut dalam kesedihan ya, Sahabat Dream. Sebab kamu masih bisa melakukan hal-hal seru meskipun jauh dari keluarga.

Jika tidak bisa makan opor buatan ibumu di rumah, kamu bisa membuatnya sendiri. Jika sungkan menanyakan resep pada ibu, kamu bisa googling karena banyak sekali resep sederhana membuat opor ayam dan beragam menu Lebaran lainnya seperti rendang atau gulai. Yang penting suasana lebaran tetap terasa dimulai dari makanan yang kamu santap daat itu.

4 dari 5 halaman

4. Video Call Orang-Orang Tersayang

Ilustrasi© freepik.com

Di era perkembangan teknologi sekarang ini komunikasi jadi lebih mudah. Meskipun tidak mudik kamu tetap bisa menjalin silaturahmi dengan orang-orang tersayang melalui beragam media sosial yang ada saat ini.

Manfaatkan fitur video call untuk bermaaf-maafan bersama keluarga, kerabat, dan teman. Dengan video call ini kamu bisa ngobrol seru dengan keluargamu maupun teman-temanmu di daerah asal. Menyenangkan sekali bukan?

5 dari 5 halaman

5. Menekuni Hobi Saat Libur Lebaran

Jangan panik dan merasa akan kesepian saat libur Lebaran karena tetap harus stay at home di perantauan. Justru ini waktu yang pas untuk kamu memberikan tubuh kamu waktu istirahat yang cukup, menekuni hobi kamu yang belum sempat terealisasi misal hobi membuat kue, atau memasak.

Mungkin kamu terlalu sibuk bekerja hingga tidak sempat menjalani hobimu. Nah waktu libur lebaran di perantauan adalah waktu yang tepat untuk membalas dendam dengan melakukan hal-hal yang kamu sukai.

Selain menekuni hobi untuk mengisi waktu libur Lebaran, kamu juga bisa menonton serial drama favorit kamu yang belum sempat kamu tonton saat sibuk bekerja.

Nah tips di atas bisa kamu jadikan rekomendasi buat mengisi libur lebaran selama di perantauan ya. Selain tips di atas, kamu juga bisa mengisi libur lebaran dengan hal-hal positif lainnya. Menulis novel, cerpen atau membaca buku, juga tak kalah asyik lho.

Meski di perantauan, jangan larut dalam kesedihan dan kesepian.

Selamat menikmati lebaran!

Beri Komentar