Cerita Menu Sahur Soekarno & Hatta Usai Susun Naskah Proklamasi

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 15 Mei 2019 19:01
Cerita Menu Sahur Soekarno & Hatta Usai Susun Naskah Proklamasi
Proklamasi dibacakan tepat saat masyarakat Indonesia menjalani puasa Ramadan 1364 H.

Dream - Ramadan bukan hanya menjadi bulan istimewa bagi umat Islam. Bangsa Indonesia juga merasakan keistimewaan itu.

Pada 17 Agustus 1945, Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dibacakan oleh Ir Soekarno dan tersiar ke seluruh dunia. Hari itu bertepatan dengan tanggal 9 Ramadan 1364 Hijriah.

Akun Instagram @presidensukarno mengunggah dokumentasi momen saat pembacaan naskah Proklamasi.

" Artinya, menurut perhitungan Hijriah, Proklamasi kini genap berusia 76 tahun," tulis pengelola akun tersebut diakses Dream, Rabu, 15 Mei 2019.

Diceritakan jika pembacaan proklamasi sekaligus hari kemerdekaan Indonesia berlangsung saat masyarakat tengah menjalani puasa. Termasuk dua pemimpin nasional, Soekarno dan Mohammad Hatta

Sehari sebelum pembacaan proklamasi, kedua pemimpin bangsa ini berkumpul di rumah Laksamana Maeda. Bersama tokoh nasional lain, mereka tengah mempersiapkan nasakah proklamasi. 

1 dari 2 halaman

Menu Sahur Bung Karno dan Hatta

Penyusunan naskah proklamasi ternyata selesai sebelum sahur. Bung Karno dan Bung Hatta pulang sebentar dari rumah Laksamana Maeda.

Sebelum pulang, keduanya sempat makan sahur. Sajian yang disantap waktu itu adalah roti, telur, dan ikan sarden.

" Waktu itu bulan puasa. Sebelum pulang saya masih dapat makan sahur di rumah Admiral Mayeda. Karena nasi tidak ada, yang saya makan ialah roti, telur, dan ikan sardines. Tetapi cukup mengenyangkan," kenang Bung Hatta, seperti dikutip admin.

Di hari itu pula, Bung Karno terserang demam. Bung Karno baru bangun setelah demamnya sedikit pulih sekitar pukul 09.30 WIB.

" Setengah jam kemudian, suara Bung Karno menggema membacakan Proklamasi Kemerdekaan di hari kesembilan bulan Ramadan," tulis admin.

Beri Komentar
Pengakuan Mencengangkan Aulia Kesuma, Dibalik Rencana Pembunuhan Suami dan Anak Tirinya