Ngabuburit ke Lima Masjid Instagramable di Ibukota

Reporter : Maulana Kautsar
Rabu, 15 Mei 2019 17:01
Ngabuburit ke Lima Masjid Instagramable di Ibukota
Sembari mengikuti kajian bisa sambil potret sana-sini.

Dream - Menunggu buka puasa kerap menjadi waktu yang sibuk. Mencari makanan dan tak sabar untuk memenuhi hasrat makan atau minum.

Untuk mengalihkan itu, ada banyak kegiatan ngabuburit. Mulai dari menggelar aksi sosial hingga mengikuti kajian.

Selain itu, kamu juga dapat menjadikan masjid sebagai obyek fotografi menarik.

Berikut lima masjid yang Instagramable dan cocok untuk pelengkap ngabuburit kamu.

1. Masjid Istiqlal

Kesibukan akan tampak di Masjid Istiqlal ketika bulan Ramadan tiba. Berbagai aktivitas ibadah dan kajian digelar di salah satu masjid terbesar di Asia Tenggara ini.

Perpaduan aktivitas manusia dan gaya bangunan Masjid Istiqlal dapat menjadi tampilan menarik di foto.

2 dari 4 halaman

3. Masjid Raya Jakarta Islamic Centre (JIC)

      View this post on Instagram

MASJID JAKARTA ISLAMIC CENTER . Foto dari @zianlutfiana . Sulit membayangkan bahwa lahan tempat masjid ini berdiri dulunya adalah bekas lahan prostitusi atau lokalisasi Karamat Tunggak di wilayah Jakarta Utara. Tapi begitulah faktanya. Situs resmi masjid ini menyebut kehadiran Jakarta Islamic Centre (JIC) yang merubah tanah hitam menjadi tanah putih, "min al-dzulumaat ila an-nuur", diharapkan mampu menampilkan citra baru yang memancarkan nilai-nilai keimanan dan ketakwaan yang menyejukkan nurani. . Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta atau yang lebih dikenal dengan Islamic Center Jakarta atau Jakarta Islamic Centre (JIC), adalah organisasi Non Struktural di bawah Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta. Dibangun para era kepemimpinan Gubernur Sutiyoso. Rancangannya ditangani oleh Prof. Muhammad Nu’man yang terkenal dengan mahakarya arsitekturnya, beberapa diantara-nya adalah Masjid Amir Hamzah di Taman Ismail Marzuki, Masjid at-Tin Jakarta, Masjid Indonesia atau Masjid Soeharto di Bosnia serta Masjid Syekh Yusuf di Cape Town, Afrika Selatan. . Masjid Jakarta Islamic Center diresmikan pada tanggal 4 Maret 2003 Luas bangunan masjidnya mencapai 2200 meter di atas lahan tanah seluas 109,435 m2 dan mampu menampung hingga 20.680 jemaah sekaligus. Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Badan Pengelola Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta (Jakarta Islamic Centre) ditetapkan tahun 2003 melalui SK Gubernur KDKI No. 99/2003. Kemudian dilalkukan penetapan Badan Pengelola Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta (Jakarta Islamci Centre) melaui SK Gubernur KDKI Jakarta No. 651/2004 pada bulan April 2004. . . ========================= Terimakasih sudah bersama @masjidinfo & @masjidinfo.id kunjungi blog kami untuk informasi masjid masjid Nusantara dan dunia di bujangmasjid.blogspot.com | bujanglanang.blogspot.com | singgahkemasjid.blogspot.com ======================= . #masjidinfo #masjid #mesjid #mosque #cami #mescid #мәсет #мечеть #masjidbloger #blogermasjid #fotomasjid #masjidphotograp #artikelmasjid #islamiccenterjakartautara #islamiccenterjakarta #jakartaislamiccenter #JIC #indonesia

A post shared by masjidinfo.id (@masjidinfo.id) on

Masjid JIC juga memiliki kesibukan tersendiri selama Ramadan. Kajian menjelang buka puasa dan kegiatan buka puasa gratis meramaikan masjid ini.

Masjid berarsitektur megah ini diresmikan tanggal 4 Maret 2003 dengan luas tanah 109.435 meter persegi. Desain bangunan masjid ini mirip dengan masjid-masjid asal Persia.

 

 

3 dari 4 halaman

4. Masjid Al Azhar

      View this post on Instagram

Sesekali berdiamlah sejenak lebih lama di dalam rumah -rumahNYA, sambil duduk untuk berdzikir, berdoa penuh harap, atau mungkin sekedar diam sambil melepas lelah. Luangkan waktu untuk melihat yang ada ‘di dalam’, barangkali hati kita mulai usang. Maka selalu rawatlah ia, karena dari situlah semuanya bermula. #selfreminder #muhasabah #muhasabahdiri #tafakur #istiqomah #ramadhan #ramadhankareem #mosque #mesjid #islamrahmatanlilalamin

A post shared by Tri Noviatri 🇲🇨 (@tri_noviatri3) on

Masjid Al Azhar merupakan salah satu masjid berarsitektur unik di Jakarta. Bangunan dua lantai masjid ini memadukan gaya arsitektur Saudi dan Mesir.

Masjid yang berlokasi di Selong, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan ini telah berdiri sejak November 1953.

 

4 dari 4 halaman

5. Masjid Nurul Iman Blok M Square

      View this post on Instagram

. Temen-temen pasti udah pada ga asing sama masjid satu ini, banyak ilmu yg bisa didapet dari kajian-kajian yang menarik disini, . Kalau mimin sih rindu saat berbuka puasa disini, nasi padang plus takjilnya itu bikin ngangenin hehe, Yang pasti kebersamaannya! Kalau temen-temen gimana? . . Masjid Nurul Iman, @masjidnuruliman Blok M Square, Jakarta . . #blokmsquare #masjidnuruliman #pemudahijrah #masjidnuruliman #blokmsquare #masjidblokmsquare #masjidjakarta #nabawi #dji #drone #moeslim #muslim ##saudiarabia #saudi #quran #muhammad #alquran #prophetmuhammad #masjidalharam #fotografermuslimid . 📸 by : @fotografermuslim.id Follow: @fotografermuslim.id Follow: @fotografermuslim.id

A post shared by Fotografer Muslim 🇲🇨 (@fotografermuslim.id) on

Masjid Nurul Iman ini terletak di lantai atas Mal Blok M Square. Di masjid ini kerap terselenggara kajian-kajian ilmu yang menghadirkan ustaz kenamaan seperti Ustaz Utsman Abdulbarr Kaisinda dan Ustaz Khalid Basalamah.

Selain kajian, keindahan bangunan masjid ini sudah tersohor. Lorong-lorong megah dengan pemandangan cantik dan warna keramik cokelat yang berpadu dengan cokelat krem menjadi tampilan menarik masjid ini. (ism)

Beri Komentar
Alasan Nada Zaqiyyah Terjun Sebagai Desainer Fashion Muslim