Ingin Puasa di Tanah Suci? Perhatikan Imbauan Ini

Reporter : Maulana Kautsar
Rabu, 15 Mei 2019 18:01
Ingin Puasa di Tanah Suci? Perhatikan Imbauan Ini
Hati-hati memilih makanan saat sahur dan berbuka.

Dream - Muslim asal Indonesia banyak yang menjalani ibadah puasa Ramadan di Tanah Suci. Tetapi, umat Islam di Tanah Air perlu memahami beberapa imbauan yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Arab Saudi.

Dikutip dari Arab News, Rabu 15 Mei 2019, pemerintah Saudi menerbitkan tips untuk memberi kesadaran para jemaah. Kemenkes Saudi menyebut, tips tersebut yaitu termasuk pilihan makanan yang sempurna untuk menghindari dehidrasi.

Beberapa makanan yang dianjurkan saat sahur antara lain, sayuran dan buah-buahan, dan karbohidrat kompleks seperti roti cokelat yang berkontribusi untuk menstabilkan kadar gula darah.

Pilihan makanan ini karena selama di Arab Saudi umat Islam akan berpuasa dengan durasi 15 jam. Lebih lama dari waktu puasa di Tanah Air yang rata-rata hanya 12 jam.

1 dari 1 halaman

Minuman yang Dihindari

Kemenkes Saudi menyarankan ke jemaah untuk berbuka puasa dengan kurma, sup, dan makanan ringan yang kaya vitamin dan mudah dicerna.

Selain itu, keanekaragaman bahan makanan juga sangat penting. Beberapa makanan dengan bahan-bahan kaya protein semisal daging dan produk susu berkontribusi untuk mengembalikan tenaga usai seharian puasa.

Jemaah perlu menghindari minuman semisal jus instan, kalengan, dan bubuk minuman segar. Minuman itu mengandung banyak gula, pewarna dan rasa buatan, dan memiliki nilai gizi yang buruk.

Glukosa yang terkandung dalam minuman semacam itu mungkin menawarkan bantuan jangka pendek, tetapi juga akan menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang menyebabkan kelelahan dan dehidrasi.

Beri Komentar
(Deep Dream) Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary