95 Masjid Rusak Akibat Bencana Palu dan Donggala

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 18 Oktober 2018 16:01
95 Masjid Rusak Akibat Bencana Palu dan Donggala
DMI bersama Kemenag terus melakukan pendataan.

Dream - Bencana alam yang melanda Palu dan Donggala serta beberapa daerah lain di Sulawesi Tengah mengancurkan sejumlah bangunan. Sebagian di antaranya adalah masjid.

Catatan Dewan Masjid Indonesia, sebanyak 95 masjid rusak akibat gempa, tsunami, sekaligus likuifaksi. Data ini masih bersifat sementara.

Ketua DMI Kota Palu, Moh Ikbal Andi Mangga, berterima kasih kepada para ustaz dan takmir yang telah mengirimkan data masjid yang mengalami kerusakan.

" Data tersebut saat ini diproses di Kementerian Agama untuk mendapatkan perhatian dan bantuan pemerintah," ujar Ikbal, dikutip dari Merdeka, Kamis 18 Oktober 2018.

Ikbal mengatakan, saat ini DMI bersama Kemenag terus melakukan pendataan masjid terdampak bencana di Palu. Diperkirakan jumlah masjid rusak dapat bertambah.

" Perkiraan DMI, jumlah masjid yang rusak sekitar 127 masjid atau 40 persen dari total masjid di Kota Palu," ujar Ikbal.

Menurut pria yang juga menjabat sebagai anggota DPRD Kota Palu ini, masjid rusak kebanyakan berada di Kecamatan Palu Barat dan Palu Selatan. Nantinya, masjid-masjid tersebut diperbaiki menggunakan dana bantuan Kemenag.

" Kategori kerusakan meliputi rusak ringan, sedang dan berat. Rusak berat definisinya bahwa masjid tersebut sudah tidak dapat digunakan dan ini yang diprioritaskan untuk dibangun kembali," kata dia.

Sementara, Ikbal mengatakan pihaknya belum memiliki data mengenai imam maupun takmir (pengurus) masjid yang meninggal akibat bencana. Dia meminta bantuan masyarakat untuk menghubungi DMI apabila mengetahui ada korban bencana Palu yang merupakan imam dan takmir masjid.

" Minta tolong kalau ada yang mengetahui atau ada informasi tentang imam atau takmir masjid yang meninggal saat gempa dan tsunami, dapat menghubungi untuk didata," kata dia.

Nantinya, bantuan DMI Pusat akan menyalurkan bantuan baik untuk perbaikan masjid maupun kepada para imam serta takmir masjid yang meninggal dunia. Bantuan tersebut di luar dana dari Kemenag.

Berdasarkan data Sistem Informasi Masjid (Simas) Direktorat Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Dirjen Bimas Islam Kemenag, total masjid yang berdiri di Kota Palu sebanyak 382 masjid. Sebagian mengalami kerusakan akibat bencana pada Jumat 28 September 2018 lalu.

Sumber: Merdeka.

2 dari 3 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Sekarang Bang Ijal Hidup Kayak Atta Halilintar - Smartfren Milenial Males Jadi Miliuner Eps Spesial