Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Ditanya Kaitan Al Maidah dengan Kerapu, Ini Jawab Ahok

Ditanya Kaitan Al Maidah dengan Kerapu, Ini Jawab Ahok

Dream - Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara mencecar terdakwa dugaan penistaan agama, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, dengan pertanyaan seputar kaitan Surat Al Maidah 51 dengan budidaya ikan kerapu. Pertanyaan itu disampaikan karena Ahok menyinggung ayat tersebut saat menyosialisasikan program Pemprov DKI Jakarta di Kepulauan Seribu.

"Maksudnya saudara itu apa, ikan dengan Al Maidah itu apa hubungannya?" tanya Ketua Majelis Hakim Dwiarso Budi Santiarso di ruang sidang Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Selasa malam, 4 April 2017.

Ahok menjelaskan, kutipan surat Al Maidah itu diambil karena teringat saat situasi Pilkada Bangka Belitung tahun 2007. Ahok sebenarnya ingin mengingatkan warga agar tidak khawatir apabila dirinya tidak lagi menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Dia mencoba meyakinkan warga bahwa program budidaya ikan akan terus ada.

"Terlintas, ini jangan-jangan kayak di Belitung, orang polos, karena dia pikir dalam pilkada, harus bayar budi nih kalau milih program," ucap Ahok.

Merasa bingung, Dwiarso kembali bertanya maksud Ahok dengan menyebut warga Belitung. "Saudara katakan, 'Jangan-jangan seperti di Belitung', apa itu? Panen kerapu juga?" tanya Dwiarso.

Menjawab pertanyaan Dwiarso, Ahok menerangkan ada upaya untuk menjatuhkan dirinya sebagai calon gubernur non-Muslim di Pilkada Babel. Salah satunya dengan adanya selebaran menolak memilih gubernur non-Muslim.

"Bukan, selebaran menolak saya menjadi gubernur," jawab Ahok.

Belum puas dengan jawaban Ahok, Dwiarso kembali menanyakan hubungan Surat Al Maidah dalam pidatonya di Kepulauan Seribu. Padahal, saat itu Ahok tidak sedang berkampanye.

"Ya ini hubungannya apa? Saudara di sini ini (Kepulauan Seribu) bukan kampanye Pilkada. Sedangkan di Belitung peristiwa Pilkada 2007, masalah Al Maidah itu. Gimana? Sambungkan pikiran saudara itu," Dwiarso menegaskan pertanyaannya.

Ahok kemudian berusaha memberikan penjelasan kepada hakim tentang pengalamannya saat bertarung dalam Pilkada Babel. Saat itu, ada seorang ibu yang berkata langsung di depannya, tidak bisa memilih Ahok.

"Dia bilang, 'Mohon maaf Hok, ibu gak pilih kamu'. 'Kenapa?' saya tanya, 'Ibu takut murtad, meninggalkan agama ibu'," jawab Ahok.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Ahok Kritik Bansos: Itu Zaman Kerajaan, Ketika Rakyat Minta Belas Kasihan Raja

Ahok Kritik Bansos: Itu Zaman Kerajaan, Ketika Rakyat Minta Belas Kasihan Raja

Ahok tidak ingin rakyat Indonesia hanya mendapatkan bantuan sosial, alih-alih mendapatkan keadilan sosial.

Baca Selengkapnya
Alasan Jokowi Kirim Bunga Anggrek Ungu Saat Ketum PDIP Megawati Ulang Tahun ke-77

Alasan Jokowi Kirim Bunga Anggrek Ungu Saat Ketum PDIP Megawati Ulang Tahun ke-77

Jokowi mengungkap alasannya mengirim bunga anggrek ungu ke kediaman Megawati Soekarnoputri

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
NOTED KAK! Isi Hati Karyawan

NOTED KAK! Isi Hati Karyawan

Sahabat Dream termasuk tipe orang yang suka mengeluh nggak sih kalau diberi pekerjaan? Kalau adam coba komentar dan share pengalaman kalian.

Baca Selengkapnya