Mirip Cerita Film The Terminal! Pria Ini Terpaksa Tinggal di Bandara Malaysia

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 3 Oktober 2018 10:00
Mirip Cerita Film The Terminal! Pria Ini Terpaksa Tinggal di Bandara Malaysia
Pengalaman yang dialaminya mirip kisah dalam film The Terminal. Namun pemicunya berbeda.

Dream - Ingat akting Tom Hanks yang berperan sebagai Viktor Navorski yang terjebak tinggal di Bandara JFK dalam film The Terminal? Kisah yang nyaris sama ternyata terjadi di dunia nyata saat ini. Bahkan ceritanya membuat dunia terenyuh.

Kisah ini dialami Warga Suriah bernama Hassan Al Kontar. Dia terpaksa tinggal di Bandara Internasional Kuala Lumpur 2 (KLIA2) selama tujuh bulan lamanya.

Hassan tinggal di bandara sejak 7 Maret 2018. Dia tak bisa keluar dari bandara itu lantaran pihak imigrasi Malaysia tidak mengizinkannya terbang menuju ekuador.

Selama di bandara, Hassan bertahan hidup dari makanan yang diberikan oleh para penumpang pesawat. Dia semakin tidak bisa keluar dari bandara lantaran paspornya bermasalah.

Kisah tragis Hassan telah berakhir. Pada Senin kemarin, 1 Oktober 2018, dia ditangkap oleh Kepolisian Malaysia lantaran berada di area terlarang bandara.

" Penumpang yang memiliki boarding pass seharusnya yang berada di area boarding, sedangkan dia tidak memilikinya. Sehingga dia berada di zona terlarang, oleh karena itu pihak berwenang mengambil tindakan yang diperlukan," ujar Direktur Jenderal Imigrasi Malaysia, Mustafar Ali, dikutip dari Asia One.

 

1 dari 1 halaman

Dideportasi ke Suriah

Menurut Mustafar, setelah polisi selesai menjalankan interogasi, Hassan dibawa ke Departemen Imigrasi.

" Dalam kasus ini, kami akan berkomunikasi dengan Kedutaan Besar Suriah untuk mendeportasinya ke negara asalnya," ucap dia.

Mustafar juga mengatakan Hassan menolak kembali ke Suriah. Alasannya, Hassan tidak mau menjadi tentara di sana. " Tapi kami harus mengakhiri ini," kata dia.

Hassan ternyata masuk dalam daftar pencarian orang oleh Pemerintah Suriah. Sebab, Hassan menolak menjalani wajib militer.

Selama di KLIA2, Hassan mengunggah sejumlah video aktivitasnya sehari-hari. Video tersebut menarik perhatian sejumlah lembaga hak asasi manusia serta media.(Sah)

Beri Komentar
Canggih, Restu Anggraini Desain Mantel dengan Penghangat Elektrik