Kenapa Jokowi Jadi Sampul Majalah Arrajol Saudi

Reporter : Maulana Kautsar
Selasa, 21 Mei 2019 18:02
Kenapa Jokowi Jadi Sampul Majalah Arrajol Saudi
Kehidupan pribadi Jokowi hingga jejak politiknya dijelaskan di majalah itu.

Dream - Wajah Presiden Joko Widodo (Jokowi) muncul di sampul majalah Arab Saudi, Arrajol. Dalam majalah yang didirikan putra Raja Salman, almarhum Pangeran Ahmad bin Salman bin Abdulaziz Al Saud pada 1987 itu, diulas kehidupan Jokowi di masa lampau. 

" Redaktur Arrajol menegaskan, presiden yang baru saja berhasil terpilih kedua kalinya ini dikenal pribadi yang rendah hati, murah senyum, berpihak ke rakyat kecil dan nadhafatal yad (tangannya sangat bersih), tangan yang bersih dari korupsi dan bersih dari sifat zalim terhadap rakyatnya,” kata Dubes RI untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel kepada Dream.

Masih menurut redaksi Arrajol, kata Maftuh, Jokowi tampil di halaman muka majalah itu karena Jokowi merupakan seorang presiden yang berasal dari rakyat biasa dan tidak pernah mimpi dan berekspektasi menjadi seorang pejabat.

Bahkan, lanjutnya, sampul majalah ini tertulis kalimat yang menyentuh  yang berbunyi,

" Rais Indonesia Joko Widodo; Isytu fi al-Kouh Taghmuruha al-Miyah, Wa Lam Ahlum bi Mansib Hakim Wilayah (Presiden RI Joko Widodo: Saya pernah hidup di rumah gubuk yang selalu kebanjiran, saya tidak pernah bermimpi menjadi pejabat)" .

Di majalah itu, kehidupan Jokowi diulas habis-habisan. Mulai dari kegemarannya mendengar musik metal, caranya membangun bisnis, dan kehidupan pribadi, serta politiknya.

Maftuh mengatakan, majalah Arrajol ini diterbitkan Saudi Research and Marketing Group (al-Majmuah as- Su’udiyyah li al-abhas wa al-Taswiq) yang didirikan almarhum Pangeran Ahmad bin Salman bin Abdulaziz Al Saud.

Dia adalah saudara kandung dari Pangeran Sultan bin Salman bin Abdulaziz. Sosok ini, dikenal dekat dengan Maftuh.

Maftuh mengatakan, selain Jokowi, beberapa tokoh dunia yang inspiratif kerap muncul di majalah ini.

" Arrajol ini dikenal sering menampilkan tokoh-tokoh dunia yang sangat inspiratif, mulai dari Presiden Palestina Mahmoud Abbas, Presiden Mesir As-Sisi, ulama muda Saudi moderat dan progresif Saleh al-Maghamisi, Konglongmerat perbankan Saudi Al-Rajhi sampai dengan Putra Mahkota Mohammed bin Salman," kata dia.  (ism)

1 dari 2 halaman

Wajah Jokowi Jadi Cover Majalah Arab Saudi

Dream - Presiden Joko Widodo atau Jokowi muncul sebagai tampak muka (cover) majalah remaja Arab Saudi, Arrajol. Dalam tampak muka majalah tersebut, Jokowi mengenakan jas hitam dengan sejumlah pernyataan.

Duta Besar Arab Saudi, Agus Maftuh Abegabriel dalam video yang dibagikannya menerjemahkan sejumlah pernyataan Jokowi di majalah itu. Di bagian muka majalah, terdapat kalimat Jokowi yang berusaha melawan terorisme.

" Kami tidak pernah takut terhadap terorisme. Kami semua tidak `ragu` menghadapi terorisme. Adalah sebuah kegagalan yang luar biasa jika negara dan bangsa takut terhadap terorisme," kata Jokowi.

Selain terorisme, Agus menyebut, majalah itu mengutip beberapa pernyataan Jokowi mengenai keragaman Indonesia dan kemitraan dengan Arab Saudi.

" Indonesia memiliki enam agama dan 710 suku serta lebih dari 1.100 bahasa daerah. Kami hidup rukun, harmoni, dan saling tolong menolong."

2 dari 2 halaman

Islam Semesta Alam

Jokowi juga mengungkapkan berharap wisatawan Arab Saudi ke Indonesia semakin meningkat di tahun-tahun mendatang.

" Arab Saudi adalah mitra strategis dalam menebar ajaran-ajaran Islam rahmatan lil alamin," kata dia.

Majalah Arrajol merupakan majalah yang berada di bawah naungan Saudi Research and Marketing Group (SRMG). Majalah ini diluncurkan oleh Hisham Hafiz di Inggris, Arab Saudi.

Majalah Arrajol terbit bulanan dengan menyasar segmen pembaca pria dan masyarakat kelas menengah ke atas Arab Saudi.

Beri Komentar
Pengakuan Mencengangkan Aulia Kesuma, Dibalik Rencana Pembunuhan Suami dan Anak Tirinya