Ajakan Mengejutkan Anak Osama bin Laden

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 22 Agustus 2016 08:02
Ajakan Mengejutkan Anak Osama bin Laden
Hamza mengajak pemuda Saudi bergabung dengan gerakan Al Qaida yang berbasis di Yaman.

Dream - Anak pimpinan Al Qaeda Osama bin Laden, Hamza bin Laden mengajak rakyat Arab Saudi mengulingkan kerajaan. Ini untuk membebaskan negara itu dari pengaruh Amerika Serikat.

Perusahaan pemantau terorisme Site Intelligence Group mengungkapkan, ajakan tersebut disebarkan Hamza melalui pesan audio. Dalam pesan itu, Hamza mengajak pemuda Saudi bergabung dengan gerakan Al Qaida yang berbasis di Yaman.

Diidentifikasi sebagai jaringan mematikan oleh AS, AQAP dibentuk pada Januari 2009. Gerakan ini merupakan gabungan sayap Al Qaeda cabang Yaman dan Saudi.

Yaman adalah negara asal leluhur Osama bin Laden, yang terbunuh di Pakistan pada 2011 lalu oleh NAVY Seals. Sebelumnya, selama puluhan tahun Osama dalam pelarian.

Pejabat inteligen AS mengatakan Hamza yang berusia 23 taun merupakan anak kebanggaan dalang tragedi 9/11. Anak ini digadang-gadang akan menjadi pengganti kepemimpinan Al Qaeda usai Osama meninggal.

Pada Haul kelima Osama bin Laden, 2 Mei lalu, sejumlah pakar mencatat perkembangan pengelolaan organisasi Al Qaeda di tangan Hamza. Perkembangan ini mengalahkan kepemimpinan Ayman al-Zawahiri di Al Qaeda cabang Mesir.

Koalisi pimpinan Saudi memerangi pemberontak yang disokong Iran di Yaman. Selain itu, mereka juga memerangi militan Sunni yang bergabung dengan AQAP dan ISIS.

Otoritas Saudi pada 1994 mencabut status kewarganegaraan Osama. Penyebabnya, Osama mengeluarkan fatwa yang mengecam hubungan baik Kerajaan Arab Saudi dengan AS.

(Ism, Sumber: theguardian.com)

Beri Komentar