Angka Covid-19 Harian 414.188, India Sumbang Hampir Setengah Kasus Dunia

Reporter : Ahmad Baiquni
Sabtu, 8 Mei 2021 06:01
Angka Covid-19 Harian 414.188, India Sumbang Hampir Setengah Kasus Dunia
India kembali mencatatkan kenaikan signifikan kasus Covid-19.

Dream - India kembali mencatatkan peningkatan kasus harian Covid-19. Pada Jumat ini, ada 414.188 kasus terkonfirmasi positif baru dan 3.915 kematian dalam sehari, menurut data Kementerian Kesehatan India.

Dikutip dari Straits Times, total kasus penularan Covid-19 India kini mencapai 21,49 juta kasus. Kemudian total kematian melonjak menjadi 234.083 kasus.

Negara di Asia Selatan itu mencatat adanya penambahan kasus positif mencapai 1,57 juta dalam sepekan terakhir. Sedangkan angka kematian bertambah 15.100 kasus hanya dalam satu pekan saja.

Warga India, negara dengan populasi penduduk terbesar kedua di dunia, sedang berjuang untuk mendapatkan tempat tidur, oksigen atau obat-obatan. Banyak di antara mereka meninggal akibat minimnya perawatan.

Sejumlah rumah sakit juga berjuang mencari tempat tidur dan oksigen menghadapi lonjakan angka penularan. Fasilitas medis sudah kewalahan menangani pasien.

 

1 dari 2 halaman

India Sumbang Seperempat Kasus Kematian Global

WHO juga menyatakan kasus Covid-19 di India menyumbang hampir setengah kasus positif global. Selain itu, India menyumbang seperempat angka kematian akibat Covid-19 dunia.

Sejumlah pakar medis menyatakan angka Covid-19 di India sebenarnya bisa lima kali lebih besar dari perhitungan resmi.

Krisis Covid-19 India paling aku terjadi di Ibu Kota New Delhi dibandingkan kota-kota lain. Tetapi di kawasan perkampungan, di mana dihuni oleh 70 persen dari 1,3 miliar penduduk India, terbatasnya layanan kesehatan publik menimbulkan lebih banyak tantangan.

Perdana Menteri Narendra Modi menuai lebih banyak kecaman lantaran tak segera bertindak untuk menekan terjadinya gelombang kedua Covid-19. Tsunami Covid-19 di India sendiri dipicu oleh kerumunan saat perayaan keagamaan dan kampanye politik yang melibatkan puluhan ribu orang.

Lonjakan infeksi juga bertepatan dengan penurunan drastis dalam vaksinasi karena masalah pasokan dan pengiriman. Meskipun India adalah produsen utama vaksin.

2 dari 2 halaman

Kasus Positif Covid-19 India Setara 2 Kali Lipat Penduduk Jakarta

Dream - Kondisi India cukup mengerikan di tengah pandemi Covid-19. Tercatat penambahan kasus harian Covid-19 mencapai 400 ribu pada Kamis, 6 Mei 2021 sehingga menambah total kasus menjadi 21 juta pasien.

Jika dibandingkan dengan populasi kota terpadat di Indonesia, DKI Jakarta, jumlah kasus yang sedang ditangani India ini setara dengan dua kali lipatnya. Merujuk Sensus Penduduk tahun 2020, jumlah penduduk Jakarta mencapai 10,56 juta orang. 

Kementerian Kesehatan India melaporkan sebanyak 72,19 persen kasus harian disumbang oleh 10 negara bagian. Sedangkan Maharashtra kembali menjadi negara bagian yang menyumbang penambahan kasus terbanyak.

Beberapa negara bagian lain yang turut menyumbang kasus harian terbesar yaitu Kerala, Uttar Pradesh, Tamil Nadu, Delhi, dan Bengal Barat.

Total kasus aktif Covid-19 di India saat ini mencapai 3,5 juta kasus. Jumlah ini sekitar 16,92 persen dari kasus terkonfirmasi positif, dengan angka kasus aktif tertinggi dipegang Maharashtra.

Untuk kasus kematian harian, saat ini tercatat 3.980 kasus meninggal dunia. Total angka kematian akibat Covid-19 di India kini mencapai 230 ribu kasus.

(Sah, Sumber: Liputan6.com)

Beri Komentar