Anjing Hitam yang Dibawa Masuk ke Mesjid di Sentul Mati Tertabrak?

Reporter : Idho Rahaldi
Rabu, 3 Juli 2019 16:01
Anjing Hitam yang Dibawa Masuk ke Mesjid di Sentul Mati Tertabrak?
Akhir kisah si hitam...

Dream - Beberapa hari terakhir masyarakat dihebohkan oleh aksi seorang wanita yang membawa anjingnya masuk ke dalam mesjid.

Peristiwa itu terjadi di Masjid Al Munawaroh, Sentul City, Bogor pada Minggu 30 Juni 2019 lalu.

Aksi wanita berinisal SM itu sontak membuat dirinya harus berurusan dengan pihak berwenang.

Dilansir dari merdeka.com, Rabu 3 Juli 2019, polisi menetapkan SM sebagai tersangka penistaan agama.

Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) sudah dikirimkan. Kapolres Bogor AM Dicky mengatakan pihaknya akan langsung menahan SM.

Sebelum ditahan, SM akan menjalani pemeriksaan kesehatan lantaran diduga mengidap gangguan kejiwaan.

 

1 dari 6 halaman

Anjing Hitam Trauma

Dan baru-baru ini warganet kembali dibuat heboh terkait kasus yang sama. Yakni nasib anjing hitam yang dibawa SM masuk ke mesjid pada saat itu.

Anjing tersebut dikabarkan mati tertabrak kendaraan bermotor usai kabur keluar mesjid usai peristiwa tersebut.

Hal ini diungkapkan oleh akun Facebook Esther Imelda pada Selasa 2 Juli kemarin.

Menurut akun yang pemiliknya merupakan pecinta hewan ini, awalnya ia dan teman-teman berniat menemukan anjing malang tersebut. Esther menegaskan tindakan ini semata dilakukan karena keprihatinan terhadap kondisi anjing tersebut. 

" Kami gak berniat sedikit pun ikut campur dalam kasus yang tidak kami mengerti duduk masalah nya. Yang menjadi concern kami hanya nasib si hitam mungil yang tampak ketakutan dan kabur entah kemana setelah di usir,"

Esther yang bekerja sama dengan divisi lingkungan management Sentul bagian satwa menyisir tempat diduga anjing hitam ini bersembunyi.

2 dari 6 halaman

Akhir Kisah si Hitam

Lalu kemudian menurutnya, anjing yang dipanggil 'si hitam' ini terlihat di sekitaran Taman Venesia.

Saat itu kondisi sang anjing terlihat seperti trauma. Si hitam berlarian ke sana kemari seperti takut dengan kehadiran manusia.

Sudah coba dipancing dengan menggunakan makanan namun tetap tak berhasil. Akhirnya anjing ini lari menyebrang jalan dan tertabrak kendaraan bermotor.

" Maaf kami tidak bisa berbuat banyak , rip di tempat. Saat ni jenasah si hitam di serah kan ke polsek yang mengusut kasus ibu ini," ujar akun Esther Imelda.

3 dari 6 halaman

Begini Kronologi Lengkapnya

Jurnalis Dream masih mencoba mengkonfirmasi kabar kematian anjing tersebut yang disebutkan dibawa SM saat masuk ke ruangan masjid Al Munawaroh, Sentul.

Hingga berita ini diturunkan, pesan yang dikirimkan ke akun Facebook milik Esther, masih belum mendapatkan respon dari yang bersangkutan.

4 dari 6 halaman

Netizen Turut Berduka

Akhir kisah dari anjing yang sempat viral ini pun mendapat simpati dari warganet. Meskipun sempat membuat heboh beberapa waktu lalu, namun naluri hewan yang hanya mengikuti majikannya ini tak patut untuk disalahkan.

" Terima kasih semua yg sdh berusaha menolong si anjing. Tp ternyata kehendak Tuhan beda," tulis akun Yuly Ym.

" Rip hitam imut anak baik," ujar akun Dita Wardani.

" Rest in love anak manis," kata akun Claudia Vera Nita.

 

5 dari 6 halaman

Ibu Pembawa Anjing ke Masjid di Sentul Pernah Dirawat di RSJ

Dream - Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan, SM, wanita yang membawa anjing masuk ke dalam Masjid Al Munawaroh, Sentul City, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat, pernah dirawat di ruang sakit jiwa (RSJ).

" Yang bersangkutan juga memiliki riwayat pernah dirawat di rumah sakit jiwa, tahun berapa nanti disampaikan," ujar Dedi di Mabes Polri, Jakarta, Senin, 1 Juli 2019.

Meski demikian, dia belum bisa menjelaskan secara rinci seberapa parah penyakitkejiwaan yang diderita SM.

" Yang bersangkutan mengalami depresi, jenisnya apa kan ada jenisnya. Nanti disampaikan," ucap dia.

Dedi menjelaskan, kondisi kejiwaan SM saat ini sedang diobservasi dokter di Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta Timur.

" Memang sudah ada riwayat, tapi dirawat dulu gimana sembuh apa nggak, nanti akan disampaikan ahlinya," kata dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, SM membuat heboh jemaah Masjid Al Munawaroh dengan masuk menggunakan alas kaki dan membawa anjing, pada Minggu, 30 Juni 2019.

Aksi SM kemudian viral di media sosial. Dalam video yang beredar, wanita berusia 52 itu terlihat marah-marah kepada jemaah karena tidak diterima mendapat teguran.

6 dari 6 halaman

Kronologi Wanita Bawa Anjing Masuk ke Masjid di Sentul

Dream - Pemicu wanita paruh baya, masuk ke area dalam Masjid Al Munawaroh Sentul City, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat dengan menggendong anjing dan memakai alas kaki akhirnya terungkap. Wanita berinisial SM itu diketahui mengidap masalah kejiwaan.

Kapolres Bogor, AKBP AM Dicky, menceritakan kejadian itu berlangsung pada Minggu, 30 Juni 2019. Menurut dia, SM tiba di Masjid Al Munawarah sekitar pukul 14.00 WIB.

" Memasuki Masjid Al Munawaroh dengan membawa anjing dengan tujuan mencari suaminya," ujar Dicky dalam keterangan tertulisnya, Senin 1 Juli 2019.

Melihat ada orang masuk membawa anjing, jemaah masjid segera menegur SM. Wanita itu lalu diminta keluar.

Bukannya menurut, SM malah balik marah-marah. Dia juga terlibat adu mulutdengan beberapa jemaah masjid.

Selang beberapa waktu, aparat kepolisian datang dan langsung mengamankan SM. Selain itu, polisi turut meminta keterangan empat orang pengurus DKM Masjid Al Munawaroh dan beberapa jemaah.

Saat ini, SM tengah berada di Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta Timur. Dia sedang menjalani pemeriksaan kejiwaan.

Beri Komentar
BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie