Baznas Kembali Gelar Penganugerahan Lembaga Zakat Berprestasi

Reporter : Ahmad Baiquni
Sabtu, 8 September 2018 15:49
Baznas Kembali Gelar Penganugerahan Lembaga Zakat Berprestasi
Baznas Award merupakan salah satu dari rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73.

Dream - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kembali memberikan Baznas Award kepada sejumlah Badan Amil Zakat Daerah (Bazda) tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) BUMN, Lembaga Amil Zakat (LAZ) swasta.

Penghargaan juga diberikan kepada daerah, tokoh, serta media yang turut mendukung kebangkitan zakat di Tanah Air.

" Tahun ini Baznas kembali menganugerahkan penghargaan kepada Bazda dan LAZ terbaik. Ini kami rangkai dalam Baznas Award agar semakin memacu kebangkitan zakat di negeri ini," ujar Ketua Baznas, Bambang Sudibyo.

Bambang mengatakan Baznas Award merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-73. Tahun ini, Baznas Award mengusung tema 'Kuat Karena Zakat'.

" Harapan kami Baznas Award ini mampu memberi dampak positif untuk terus menginspirasi dan mendukung kemajuan perzakatan," kata Bambang.

Selanjutnya, Bambang menjelaskan Baznas Award bertujuan mendorong optimalisasi pengelolaan zakat nasional. Selain itu, juga untuk mempererat tali silatuhmi antara Baznas dan LAZ, memupuk semangat kebangsaan antargenerasi untuk memperkuat ketahanan nasional.

Ketua Panitia Baznas Award 2018, Jaja Jaelani, menjelaskan para penerima penghargaan diumumkan pada malam penganugerahan.

Penghargaan ini diberikan untuk beberapa kategori penilaian seperti Pertumbuhan Penghimpunan ZIS Terbaik, Kreativitas Penghimpunan ZIS Terbaik, Pendistribusian dan Pendayagunaan ZIS Terbaik, Program Pemberdayaan Ekonomi Terbaik, Laporan Tahunan Terbaik, dan BAZNAS dan LAZ Terbaik.

" Kemudian untuk pemerintah provinsi dan kabupaten/kota kategori Pendukung Kebangkitan Zakat 2018 dinilai berdasarkan kepatuhan pada Undang-undang, alokasi anggaran rutin untuk Bazda dalam persentase terhadap belanja APBD, penyediaan kantor Bazda dan sarana pendukung lainnya, frekuensi keterlibatan kepala daerah pada kegiatan Bazda tahun 2017," kata Jaja.

Selain itu, ada juga penghargaan untuk Kepala Daerah Terbaik, UPZ Terbaik, Muzaki Badan Terbaik, Muzaki Individu Terbaik, Media serta Tokoh Pendukung Kebangkitan Zakat.

" Akan menerima piagam penghargaan dan tropi," tutup Jaja.

Laporan: Erisa Riyana

Beri Komentar
5 Kiat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Biar Nggak Gampang Sakit Bersama Tolak Angin