Terkuak, Ini Pemicu Gempa Kembar yang Guncang Bengkulu Hari Ini

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Rabu, 19 Agustus 2020 09:55
Terkuak, Ini Pemicu Gempa Kembar yang Guncang Bengkulu Hari Ini
Gempa pertama terjadi pukul 05.23.56 WIB dgn M 6,6 sementara gempa kedua terjadi pukul 05.29.35 WIB dengan M 6,7.

Dream - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), mencatat dua gempa berurutan terjadi di Bengkulu, Rabu 19 Agustus. Dua gempa tersebut terjadi hanya berselang sekitar 5 menit.

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Dr Daryono, lewat Instagram mengatakan, wilayah Bengkulu dan sekitarnya diguncang gempa " doublet" , yaitu gempang yang kekuatannya sama dalam waktu dan lokasi yang berdekatan.

Menurut dia, gempa pertama terjadi pukul 05.23.56 WIB dengan Magnitudo 6,6 sementara gempa ke dua terjadi pukul 05.29.35 WIB dengan Magnitudo 6,7.

1 dari 2 halaman

Guncangan “ gempa kembar” M 6,6 dan M 6,7 dirasakan di Bengkulu, Bengkulu Utara, Mukomuko, Seluma, Kepahiang IV MMI, warga sembat lari berhamburan keluar rumah.

Gempa juga dirasakan di Bengkulu selatan, Kaur, Curup, Lebong III MMI, serta di Lubuk Linggau dan Lahat II-III MMI

Gempa kembar Bengkulu M6,6 dan M6,7 ini juga dirasakan hingga warga yang tinggal di apartemen di Singapura dan Serpong, sangat mungkin sebagai long vibration periode (vibrasi periode panjang).

2 dari 2 halaman

Hingga saat ini belum ada laporan kerusakan akibat gempa. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Gempa ini dipicu oleh aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia, dengan dislokasi batuan terjadi pada segmen Megathrust Mentawai-Pagai dengan mekanisme sumber sesar naik.

Hingga pukul 06.40 WIB, Hasil monitoring BMKG menunjukkan ada 5 kali aktivitas gempabumi susulan dengan magnitude M3.4 sampai M4.9.

Beri Komentar