Kabar Terbaru Kasus Wanita Bawa Anjing ke Dalam Masjid di Sentul

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 31 Juli 2019 13:56
Kabar Terbaru Kasus Wanita Bawa Anjing ke Dalam Masjid di Sentul
Penyidik Polres Bogor diminta melengkapi berkas tersebut.

Dream - Polres Bogor masih melakukan perbaikan berkas tersangka SM, 52 tahun, ibu yang membawa anjing masuk ke Masjid Al Munawaroh Sentul, Bogor, Jawa Barat. Berkas tersebut dikembalikan Kejaksaan lantaran dinilai masih belum lengkap.

" Saat ini berkas masih dilakukan penelitian, sehubungan adanya pengembalian berkas (P18, P19) pada 24 Juli 2019 kepada penyidik," ujar Kasubag Humas Polres Bogor, AKP Ita Puspita Lena, dikutip dari Liputan6.com.

Ita mengatakan berkas tersebut telah diserahkan penyidik kepada Kejaksaan Negeri Bogor pada 11 Juli 2019 dengan nomor BP/72/VII/2019/RESKRIM. Berkas itu kemudian dikembalikan untuk perbaikan.

" Terdapat kekurangan yang harus dilengkapi terlebih dahulu oleh penyidik," kata dia.

Forum Umat Islam (FUI) Bogor Raya bereaksi atas kabar pengembalian berkas tersebut. Ormas ini meminta Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bogor untuk mengeluarkan fatwa atas kasus dugaan penistaan agama ini.

" Memang lazimnya fatwa MUI diperlukan oleh pihak kepolisian, pengadilan bahkan kejaksaan seperti kasus Ahok. Jadi dari awal memang laporan seolah-olah tidak diterima oleh Mabes Polri," ujar Sekjen FUI Bogor Raya, Muhammad Al Khaththath, seperti dilansir Antara.

Terkait hal ini, Ketua MUI Kabupaten Bogor, KH Ahmad Mukri Aji, menyatakan pihaknya perlu membahas masalah ini lebih dulu di Komisi Fatwa.

" Nanti kita ada rapat Komisi Fatwa internal, janji kita tadi itu atas masukan (dari FUI Bogor Raya)," ucap dia.

(Sah, Sumber: Liputan6.com)

1 dari 5 halaman

Viral, Video Wanita Masuk Masjid di Sentul Membawa Anjing

Dream - Warganet tengah dikejutkan dengan video viral seorang wanita menggunakan baju putih dan celana panjang masuk masjid menggunakan sepatu. Tak hanya itu, ia juga membawa anjing.

Video yang disebar oleh akun Instagram @makassar_info menyebut kalau insiden itu terjadi di Masjid Al Munawaroh, Sentul City, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat.

Dalam video tersebut, terlihat ada beberapa orang yang menegur wanita tersebut untuk tidak membawa anjing ke dalam masjid. Nampaknya, sang wanita tidak terima dengan teguran itu hingga akhirnya terjadi adu mulut.

 

2 dari 5 halaman

Kapolsek Membenarkan

Kapolsek Babakan Madang, Kompol Wawan membenarkan adanya peristiwa tersebut, meski ia enggan menjelaskan kronologi ya. " (Kasusnya) nggak ditangani Polsek, saya nggak bisa klarifikasi, itu Polres, yang jelas ada kejadian itu," ujar Wawan saat dihubungi Dream, Minggu 30 Juni 2019.

Setelah itu, tim redaksi Dream mencoba mengonfirmasi ke Polres Bogor mengenai duduk perkara dari kasus wanita membawa anjing ke dalam masjid. Kasubag Humas Polres Bogor, AKP Ita Puspita Lena mengaku belum mendapat informasi secara jelas dari Polsek Babakan Madang mengenai peristiwa itu .

" Belum ya, belum ada pernyataan dari (Polsek) Babakan Madang. Saya dari tadi belum dikabarin," ujar Ita.

3 dari 5 halaman

Polisi: Ibu Pembawa Anjing Masuk Masjid Jiwanya Kurang Stabil

Dream - Wanita berinisial SM membuat heboh linimasa sejak Minggu 30 Juni 2019 kemarin. Wanita yang berteriak-teriak dan membawa anjing masuk ke dalam Masjid Al Munawaroh, Sentul City, Bogor itu saat ini masih menjalani pemeriksaan.

SM yang diduga depresi itu saat ini sedang menjalani pemeriksaan kejiwaan di RS Bhayangkara Polri, Kramatjati, Jakarta Timur.

" Sekarang sedang diperiksa di Rumah Sakit Bhayangkara untuk diperiksa kesehatan jiwa," ujar Kasubag Humas Polres Bogor, AKP Ita Puspita Lena, saat dihubungi Dream, Senin 1 Juli 2019.

Ita mengatakan SM memberikan keterangan tidak konsisten ketika diperiksa penyidik. Jawabannya selalu berubah-ubah.

" Ibunya saat diperiksa jiwanya kurang stabil. Karena dari omongan pertama, kedua, ketiga (berubah-ubah)," ucap dia.

 

4 dari 5 halaman

Belum Jadi Tersangka

Hingga kini, polisi belum menetapkan SM sebagai tersangka.

" Belum tersangka. Yang jelas saat ini sedang diperiksa kejiwaannya," kata dia.

Sebelumnya, aksi SM viral di media sosial. Dia terekam kamera masuk ke dalam masjid Munawarah sembari menggendong anjing.

5 dari 5 halaman

Kronologis Wanita Bawa Anjing Masuk ke Masjid di Sentul

Dream - Pemicu wanita paruh baya, masuk ke area dalam Masjid Al Munawaroh Sentul City, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat dengan menggendong anjing dan memakai alas kaki akhirnya terungkap. Wanita berinisial SM itu diketahui mengidap masalah kejiwaan.

Kapolres Bogor, AKBP AM Dicky, menceritakan kejadian itu berlangsung pada Minggu, 30 Juni 2019. Menurut dia, SM tiba di Masjid Al Munawarah sekitar pukul 14.00 WIB.

" Memasuki Masjid Al Munawaroh dengan membawa anjing dengan tujuan mencari suaminya," ujar Dicky dalam keterangan tertulisnya, Senin 1 Juli 2019.

Melihat ada orang masuk membawa anjing, jemaah masjid segera menegur SM. Wanita itu lalu diminta keluar.

Bukannya menurut, SM malah balik marah-marah. Dia juga terlibat adu mulut dengan beberapa jemaah masjid.

Selang beberapa waktu, aparat kepolisian datang dan langsung mengamankan SM. Selain itu, polisi turut meminta keterangan empat orang pengurus DKM Masjid Al Munawaroh dan beberapa jemaah.

Saat ini, SM tengah berada di Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta Timur. Dia sedang menjalani pemeriksaan kejiwaan.

Beri Komentar
Catat! Tips Tampil dengan Makeup Bold Ala Tasya Farasya-