BNPB Serahkan Rp3,5 Miliar untuk Penanganan Banjir Kalsel

Reporter : Dwi Ratih
Senin, 18 Januari 2021 14:02
BNPB Serahkan Rp3,5 Miliar untuk Penanganan Banjir Kalsel
Bantuan dana tersebut diberikan untuk lima kabupaten.

Dream – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyerahkan bantuan berupa dana siap pakai (DSP) sebesar Rp3,5 miliar untuk penanganan bencana banjir di Kalimantan Selatan (Kalsel).

Bantuan dana tersebut diberikan untuk lima kabupaten yang terdampak paling parah dari banjir tersebut seperti Kabupaten Banjar, Kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Barito Kuala, Kabupaten, Tanah Laut, dan Kabupaten Balangan.

Masing-masing mendapat sebesar Rp500 juta ditambah 1 miliar rupiah untuk Pemerintah Provinsi Kalsel, seperti yang dilaporkan BNPB pada Senin, 18 Januari 2021.

“ Ini memberikan semangat daya dorong bagi kita dalam menghadapi musibah banjir yang melanda kita,” ujar Sahbirin Noor Gubernur kalsel dalam rapat Koordinasi Penanganan Banjir di Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin, pada Minggu, 17 Januari 2021 kemarin.

1 dari 4 halaman

Bantuan berdasarkan tipe-tipe kerusakan

BNPB menyerahkan bantuan dana© (Komunikasi Kebencanaan BNPB/Danung Arifin)

Dalam sambutannya, Sahbirin juga mengatakan bantuan dari Pemerintah Pusat melalui BNPB juga menjadi penyemangat untuk memaksimalkan kinerja Pemerintah Provinsi dalam mempercepat penanganan bencana ini.

“ Kami sesuai arahan dari Bapak Presiden akan memberikan bantuan kepada masyarakat yang mengalami kerusakan rumah, baik itu rusak berat (RB), rusak sedang (RS), maupun rusak ringan (RR),” tutur Kepala BNPB Doni Monardo di kesempatan yang sama.

Beliau menjelaskan bantuan dana stimulan untuk rumah warga yang mengalami kerusakan akibat banjir sebesar Rp50 juta untuk RB, Rp25 juta untuk RS dan Rp10 juta untuk RR.

 

2 dari 4 halaman

Segera lakukan pendataan

Selanjutnya, Doni meminta agar pemangku kebijakan di daerah segera melakukan pendataan secara akurat guna mempercepat proses penyaluran dana stimulan dan meminta agar segera dibentuk satgas yang kemudian dipimpin Gubernur guna mempersiapkan upaya rehabilitas dan rekonstruksi pascabencana.

“ Mohon pemerintah provinsi bersama dengan pemerintah kabupaten/kota untuk melakukan pendataan tentang rumah-rumah yang mengalami kerusakan,” imbuh Doni.

Hal tersebut perlu dilakukan bersama seluruh komponen pusat yang ada di daerah dan unsur terkait yang melibatkan TNI-Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan dinas-dinas di daerah, agar saat proses pendataan bisa akurat sesuai nama serta alamat dan setelahnya bisa memulai program rehabilitsi dan rekonstruksi.

(Laporan: Josephine Widya, Sumber: BNPB.GO.ID)

3 dari 4 halaman

Donasi Rp200 Juta Buat Korban Bencana Alam Dicibir, Ini Kata Nikita Mirzani

Dream - Nikita Mirzani tergerak hatinya untuk membantu korban gempa bumi di Majene, Sulawesi Barat dan banjir yang melanda di Kalimantan Selatan. Dia pun menyalurkan bantuan senilai Rp200 juta untuk para korban di dua kawasan bencana tersebut.

" Bismillah. Untuk membantu saudara-saudara saya yang terkena bencana gempa di Majene, Sulawesi Barat dan korban banjir di Kalimantan Selatan, saya ingin menyumbang masing-masing Rp100 juta,"  kata Nikita di Instagram.

Nikita berharap bantuannya ini bisa meringankan penderitaan para korban. Baik yang kehilangan anggota keluarga, mengalami luka, maupun yang kehilangan tempat tinggal.

Dengan unggahannya, Nikita juga berharap banyak artis lain tergerak hatinya dan mau membantu para korban.

4 dari 4 halaman

" Sama seperti awal bencana covid19 dulu, semoga langkah sata diikuti oleh rekan artis lainnya dan juga untuk teman-teman yang mamou terketuk hatinta untuk berbagi rejeki ke sesama manusia,"  katanya.

Postingan Niki pun langsung dibanjiri komentar oleh netizen. Ada yang memuji, ada pula yang mencibir.

" Artis2 yg laen sudah duluan kelesss...cuma gak diposting aja..,"  tulis netizen.

" Org sombong yg berfaedah,"   tulis netizen.

Nikita pun menanggapi beragam komentar yang muncul. Dia memilih untuk tidak ambil pusing.

" Iya gue showoff ngasih uang 200 juta buat bencana dan gue bangga sama diri gue,"  balas Nikita.

 

 

Beri Komentar