Doni Monardo Diganti, Letjen Ganip Warsito Kini Resmi Jadi Kepala BNPB

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 25 Mei 2021 09:32
Doni Monardo Diganti, Letjen Ganip Warsito Kini Resmi Jadi Kepala BNPB
Doni Monardo tak lagi menjabat sebagai Kepala BNPB.

Dream - Presiden Joko Widodo hari ini, 25 Mei 2021 akan melantik Letnan Jenderal Ganip Warsito sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Ganip bakal menggantikan Letjen Doni Monardo.

" Iya, penggantinya Ka BNPB yaitu Ganip Warsito," ujar sumber internal Istana, dikutip dari Merdeka.com.

Kabar ini diketahui lewat agenda yang tercantum pada laman wapresri.go.id. Pelantikan diagendakan di Istana Negara.

Ganip baru beberapa bulan menjabat sebagai Kasum TNI setelah dilantik Panglima Marsekal Hadi Tjahjanto pada Januari 2021. Pelantikan tersebut disahkan lewat Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/80/I/2021 tanggal 26 Januari 2021 tentang Pemberhentian Dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

Sebelumnya, Ganip menjabat sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III. Dia juga pernah menjabat sebagai Panglima Daerah Militer XIII/Merdeka dan Asops Panglima TNI. (mut)

1 dari 2 halaman

Doni Monardo Terima Gelar Doktor Honoris Causa dari IPB

Dream – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo, mendapatkan gelar kehormatan Doktor Honoris Causa dari Institut Pertanian Bogor (IPB). Doni mendapatkan gelar di bidang pengelolaan sumber daya alam (SDA) dan lingkungan.

Rektor IPB, Arif Satria, mengatakan pemberian gelar doktor kehormaran ini berdasarkan Keputusan Senat Akademik IPB No. 21/IT3.SA/PP/2020 tentang Persetujuan Pemberian Gelar Doktor Kehormatan (Doktor Honoris Causa) kepada Letjen TNI Doni Monardo dalam, Bidamg Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan. IPB menilai Doni piawai dalam mengelola SDA dan lingkungan.

Misalnya, saat membuat program “ Emas Biru dan Emas Hijau” kepada masyarakat Ambon, Maluku. Sekadar informasi, emas biru adalah budi daya hasil laut, sedangkan emas hijau adalah pembibitan.

Arif menilai pengelolaan SDA diperlukan kombinasi proses yang bersifat cultural serta kolaborasi dengan berbagai pihak.

“ Proses governance dalam mengelola SDA akan meredam konflik. Gagasan Emas Biru dan Hijau adalah langkah baik untuk menciptakan stabilitas sosial,” kata dia melalui siaran langsung IPB TV.

Arif juga mengatakan leadership di bidang pengelolaan lingkungan pun diperlukan. Inilah yang menjadi landasan IPB memberikan gelar doktor kehormatan kepada Doni.

Kepala BNPB, Doni Monardo, mendapatkan gelar doktor kehormatan dari  IPB© Youtube IPB TV

© Dream
2 dari 2 halaman

Janji Konsisten Selamatkan Lingkungan Indonesia

Doni merasa senang mendapatkan gelar kehormatan itu. Dia juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah mengusulkan pemberian gelar doktor kehormatan dari IPB.

“ Dari lubuk hati yang terdalam, izinkan saya juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada Rektor IPB University, Prof. Arif Satria, Majelis Wali Amanat, Senat Akademik, Dewan Guru Besar IPB University yang telah menganugerahi saya Doktor Kehormatan dan memfasilitasi saya melaksanakan orasi ilmiah ini,” kata dia.

Doni berjanji akan bertanggung jawab terhadap penghargaan yang diberikan oleh IPB. Dia juga berjanji akan terus konsistem dalam mengelola SDA dan lingkungan di Indonesia.

“ Saya akan mempertanggungjawabkan penghargaan dan kepercayaan yang diberikan IPB University kepada saya. Gelar Doktor Kehormatan ini menjadi energi baru bagi saya untuk terus konsisten membantu menyelamatkan lingkungan dan sumber daya alam Indonesia,” tuturnya.

Beri Komentar