Daftar Daerah Jawa-Bali Turun ke Level 3, Bagaimana Jakarta?

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 10 Agustus 2021 13:00
Daftar Daerah Jawa-Bali Turun ke Level 3, Bagaimana Jakarta?
Ada beberapa daerah yang turun level pengetatan, menyusul data Covid-19 yang menunjukkan perbaikan.

Dream - PPKM Level 4, 3, dan 2, di Jawa-Bali diperpanjang hingga 16 Agustus 2021. Selama dua pekan pelaksanaan PPKM Level 4, data kasus Covid-19 menunjukkan perkembangan membaik.

Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan, terdapat sekitar 26 daerah yang turun level PPKM dari 4 ke 3. Menurut Luhut, kondisi di daerah-daerah tersebut menunjukkan perkembangan cukup baik.

" Penerapan PPKM Level 4 dan Level 3, terdapat 26 kota kabupaten yang turun dari level 4 ke level 3," ujar Luhut dalam konferensi pers disiarkan kanal Sekretariat Presiden pada Senin malam, 9 Agustus 2021.

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, merespons pernyataan ini dengan menerbitkan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 30 Tahun 2021 tentang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4, Level 3, dan Level 2 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali. Sayangnya, DKI Jakarta masih ditetapkan dalam Level 4.

" Khusus kepada Gubernur DKI Jakarta untuk wilayah Kabupaten/Kota dengan kriteria level 4 (empat) yaitu Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Kota Administrasi Jakarta Barat, Kota Administrasi Jakarta Timur, Kota Administrasi Jakarta Selatan, Kota Administrasi Jakarta Utara dan Kota Administrasi Jakarta Pusat," demikian bunyi diktum Kesatu poin a Inmendagri Nomor 30 Tahun 2021, berdasarkan salinan yang diperoleh Dream.

1 dari 5 halaman

Patokan Penetapan Level Kewilayahan

Instruksi tersebut juga menjelaskan ketentuan penetapan level wilayah berpatokan pada Indikator Penyesuaian Upaya Kesehatan Masyarakat dan Pembatasan Sosial dalam Penanggulangan Pandemi Covid-19. Indikator ini disusun Menteri Kesehatan, yang disesuaikan dengan perhitungan angka kematian.

" Jika mayoritas kota/kabupaten dalam 1 (satu) wilayah aglomerasi tersebut masih pada level 4 (empat), maka kota kabupaten lain di dalam wilayah aglomerasi tersebut bukan di level 4 (empat) maka akan dimasukkan dalam level 4," lanjut instruksi tersebut.

Berikut daftar daerah yang masuk level 3 di masa perpanjangan PPKM hingga 16 Agustus 2021.

 

2 dari 5 halaman

Daftar Daerah PPKM Level 3

Banten

- Kabupaten Serang,
- Kabupaten Lebak,
- Kota Serang, dan
- Kabupaten Pandeglang.

Jawa Barat

- Kabupaten Kuningan,
- Kabupaten Indramayu,
- Kabupaten Subang,
- Kabupaten Garut,
- Kabupaten Purwakarta,
- Kota Banjar,
- Kabupaten Sukabumi,
- Kabupaten Pangandaran,
- Kabupaten Majalengka,
- Kabupaten Cirebon,
- Kabupaten Cianjur,
- Kabupaten Ciamis,
- Kabupaten Karawang, dan
- Kota Tasikmalaya.

Jawa Tengah

- Kabupaten Purbalingga,
- Kabupaten Pekalongan,
- Kabupaten Magelang,
- Kabupaten Jepara,
- Kabupaten Cilacap,
- Kabupaten Brebes,
- Kabupaten Blora,
- Kabupaten Pemalang,
- Kabupaten Grobogan,
- Kabupaten Tegal,
- Kabupaten Pati,
- Kabupaten Temanggung,
- Kabupaten Kudus,
- Kabupaten Banjarnegara,
- Kabupaten Wonogiri,
- Kabupaten Batang,
- Kabupaten Rembang,dan
- Kota Pekalongan.

Jawa Timur

- Kabupaten Pasuruan,
- Kabupaten Pamekasan,
- Kabupaten Pacitan,
- Kabupaten Kediri,
- Kabupaten Sumenep,
- Kabupaten Probolinggo,
- Kabupaten Tuban,
- Kabupaten Jember,
- Kabupaten Bojonegoro,
- Kabupaten Jombang,
- Kabupaten Ponorogo,
- Kabupaten Blitar,
- Kabupaten Banyuwangi,
- Kabupaten Situbondo,
- Kabupaten Ngawi,
- Kabupaten Bondowoso,
- Kabupaten Magetan,
- Kota Probolinggo, dan
- Kota Pasuruan.

3 dari 5 halaman

26 Kota di Jawa-Bali Turun Level PPKM, Menko Luhut Ajak Bermasker Jadi Budaya

Dream - Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, Luhut mengimbau masyarakat mulai membudayakan memakai masker dalam kesehariannya. Imbauan ini disampaikan karena dalam beberapa tahun ke depan masyarakat Indonesia harus mulai membiasakan diri akan hidup dengan masker.

" Kita mungkin akan hidup dalam tahun-tahun ke depan dengan masker ini," ujar Luhut, dalam konferensi pers disiarkan kanal Sekretariat Presiden.

Saat ini, kata Luhut, tingkat kepatuhan memakai masker mencapai 82 persen. Angka ini meningkat 5 persen dibandingkan pada Februari 2021.

Sedangkan perkembangan PPKM Level 4 di Jawa-Bali menunjukkan perkembangan cukup baik. Penularan kasus Covid-19 mengalami penurunan.

" Penurunan telah terjadi 59,6 persen dari puncak kasus 15 Juli 2021. Momentum cukup bai ini harus terus dijaga," terang Luhut.

 

4 dari 5 halaman

26 Daerah Jawa-Bali Turun Level PPKM

Luhut mengatakan terdapat 26 daerah di Jawa-Bali yang turun level PPKM. Kondisi ini, kata dia menunjukkan perbaikan yang signifikan.

" Penerapan PPKM Level 4 dan Level 3, terdapat 26 kota kabupaten yang turun dari level 4 ke level 3," kata dia.

Luhut melanjutkan penurunan terjadi di hampir sebagian besar wilayah aglomerasi di Jawa-Bali. Meski demikian, masih ada beberapa daerah yang menunjukkan kasus tinggi sehingga Pemerintah akan melakukan intervensi.

" Tim sedang bergerak ke sana," kata dia.

 

5 dari 5 halaman

PPKM Level 4 Jawa-Bali Diperpanjang Sampai 16 Agustus 2021

Dream - Pemerintah memutuskan memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 Jawa dan Bali sampai 16 Agustus 2021. Meski tetap diperpanjang, pemerintah memastikan angka kasus Covid-19 di Jawa dan Bali menunjukkan perbaikan dalam dua pekan terakhir.

" Atas arahan Bapak Presiden, maka PPKM Level 4 di Jawa-Bali diperpanjang sampai 16 Agustus 2021," ujar Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, dalam konferensi pers disiarkan kanal Sekretariat Presiden pada Senin malam, 9 Agustus 2021.

Luhut mengatakan setiap langkah yang diambil Pemerintah sudah mempertimbangkan berbagai aspek. Juga telah mempertimbangkan masukan dari berbagai ahli.

" Dengan struktur penanganan sekarang ini, menurut hemat saya, sudah sangat baik," kata Luhut.

Menurut Luhut, kondisi di Jawa dan Bali dalam penanganan Covid-19 telah menunjukan perbaikan. Angka penurunan terjadi baik pada perkembangan kasus baru maupun tingkat keterisian rumah sakit.

" Penurunan kasus dan keterisian rumah sakit juga sudah terjadi di seluruh wilayah aglomerasi kecuali di Malang Raya dan Bali," kata dia.

Beri Komentar