Dikunjungi Syeikh Saudi, Ridwan Kamil Nekat Ngomong Arab

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 28 Januari 2019 11:00
Dikunjungi Syeikh Saudi, Ridwan Kamil Nekat Ngomong Arab
Ridwan mengaku sudah 2 bulan kursus Bahasa Arab. Selain itu dia juga makan kurma. Nekat dah.

Dream - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, sudah kondang dengan sifat yang 'anak muda' banget. Dia selalu berusaha menyapa semua orang dengan gaya kocaknya.

Seperti ketika kedatangan tamu agung, Syeikh Thalal bin Yusuf Al Suwail. Meski tak fasih, pria yang karib disapa Kang Emil itu nekat mengajak bicara Syeikh Thalal berbincang dalam Bahasa Arab.

" Setelah dua bulan les bahasa Arab dan rutin makan kurma, saya nekat aja mempraktikkannya walau terbata-bata saat menyambut Syekh Thalal bin Yusuf Al-Suwail di Gedung Sate, dikawal Ustadz @afif_rohaly," tulis Ridwan di akun Instagram @ridwankamil.

Syeikh Thalal adalah pendiri Museum Alquran Al Karim, Museum Asmaul Husna, dan Museum Sejarah Rasulullah di Kompleks Masjid Nabawi, Madinah. Selain itu, Syeikh Thalal juga pakar IT di perusahaan telekomunikasi Saudi Telecom.

" Rencananya kita akan bekerja sama membangun museum Alquran di Masjid Raya Jawa Barat yang masih tahap konstruksi," tulis Ridwan.

Dia menambahkan, tidak ada kata terlambat untuk belajar. Sehingga, wajar saja Ridwan nekat ngomong Arab meski tidak fasih.

2 dari 5 halaman

Ketika Ridwan Kamil Dibuat Ngakak oleh Epy Kusnandar

Dream - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, dibuat terpingkal-pingkal dengan aksi Epy Kusnandar bareng kawan-kawan. Momen tersebut terjadi saat premier film Preman Pensiun yang digelar pada Sabtu, 12 Januari 2019 di Ciwalk, Kota Bandung.

" Tadi banyak ketawa-ketawanya, karena halnya sangat rutin sangat receh istilahnya, tapi diangkat jadi sesuatu yang menyenangkan," kata Ridwan.

 Ridwan Kamil

Foto: Nur Ulfa/Dream

Ridwan mengaku terhibur dengan cerita dalam film ini. Dia juga menilai film ini juga banyak memberikan pesan moral untuk yang menontonnya.

" Ya, jadi memang pesannya sangat mendalam tentang tanggung jawab, siapa yang berbuat dia harus punya pertanggungjawaban dan tentunya ini menjadi hikmah buat kita yang nonton," ujar Ridwan.

 Ridwan Kamil

Foto: Nur Ulfa/Dream

Lebih lanjut, Ridwan juga bangga dengan Preman Pensiun karena pengambilan gambarnya hampir 100 persen dilakukan di Bandung. Di mata Ridwan, Bandung memang menyuguhkan segala latar belakang kehidupan kemasyarakatan. 

" Saya kira Bandung ini lengkap ya. Ada konteks sejarah, ada konteks kampusnya, ada konteks daerah premanismenya, ada konteks romantisnya, semuanya lengkap,” ucap Ridwan.

3 dari 5 halaman

Ridwan Kamil Latih Ulama Jabar Ngomong Inggris

Dream - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, kembali membuat terobosan. Kali ini, pria yang akrab disapa Kang Emil ini menggandeng Kedutaan Besar Inggris dan lembaga pendidikan Inggris, British Council, membuat program pelatihan Bahasa Inggris.

Tapi ini bukan buat anak sekolah. Pelatihan tersebut diberikan kepada para ulama se-Jawa Barat. Namanya, English For Ulama alias EFU. " English For Ulama (EFU) Alhamdulillah resmi dimulai,"  ujar Kang Emil di akun Instagramnya, @ridwankamil.

" EFU bagian dari kerjasama antara Pemprov Jabar dengan British Embassy dan British Council dalam strategi English for West Java untuk intensifikasi pelatihan Bahasa Inggris dengan kurikulum terbaik bagi guru dan ulama," tambah dia.

Kerja sama program ini telah ditandatangani pada Selasa, 8 Januari 2018. Nantinya, para ulama akan diajar ngomong Inggris sampai fasih.

4 dari 5 halaman

Ingin Jadikan Ulama Jabar Go International

Kang Emil berkeinginan agar ulama se-Jabar tidak hanya berceramah di sekitarannya saja. Tetapi bisa sampai luar negeri.

" Suatu hari ulama-ulama Jawa Barat yang lulus program EFU ini akan dikirim ke seluruh dunia," kata Kang Emil.

Para ulama tersebut akan membawa pesan perdamaian ke penjuru dunia dan aktif berdialog dalam sejumlah forum internasional.

" Melakukan promosi ke-Indonesiaan dan dakwah ke-Islaman," tulis Kang Emil.

Beri Komentar
Rumah Emas Selamat dari Tsunami, Ini Amalan Sang Pemilik