Ferdian Paleka YouTuber Pemberi Sembako Sampah Tertangkap

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Jumat, 8 Mei 2020 09:59
Ferdian Paleka YouTuber Pemberi Sembako Sampah Tertangkap
Ferdian ditangkap di Tol Tangerang-Merak.

Dream - Ferdian Paleka, YouTuber pemberi sembako sampah di Kota Bandung tertangkap polisi. Dia sempat menjadi buronan setelah dilaporkan beberapa transpuan yang menjadi korban dari pranknya.

Kabar tertangkapnya Ferdian diunggah selebgram Muhammad Hariz Luis Ma'luf yang juga merupakan anggota kepolisian. Dia mengunggah foto tertangkapnya Ferdian di Instagram.

Dalam unggaha Hariz, disebutkan Ferdian ditangkap Polrestabes Bandung di Jalan Tol Tangerang-Merak. Remaja itu tidak melawan saat ditangkap dan tampak tertunduk lesu dengan tangan diborgol ketika digiring polisi.

 

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram

Main-main sama Polda Jabar???? @divisihumaspolri

Sebuah kiriman dibagikan oleh Muhammad Gariz Luis Ma'luf (@garizluis37) pada

1 dari 6 halaman

Aksi Kejar-kejaran

Kanit PJR Bitung Ditgakkum Korlantas Polri, Ipda Giyarto, mengatakan penangkapan terjadi saat Ferdian berusaha melarikan diri dari daerah Banten. Sempat terjadi aksi kejar-kejaran antara polisi dengan Ferdian di Tol arah Banten menuju Jakarta.

" Sempat kejar-kejaran, dari sekitar KM 21 atau 22 gitu. Baru dia mau diberhentikan," kata Giyarto.

Setelah berhenti, Ferdian digelandang ke Mapolda Jabar. Dia akan menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

" Kita bantu nangkep saja," kata Giyarto.

 

2 dari 6 halaman

Sempat Jadi Pelarian

Saat ditangkap, Ferdian tidak sendirian di dalam mobil. Tetapi, Giyarto enggan menjelaskan sosok yang bersama Ferdian.

Ferdian sempat menjadi pelarian setelah korban video pranknya melapor ke polisi. Petugas sempat mendatangi kediaman Ferdian di Baleendah, Kabupaten Bandung namun tidak dapat menemukan Ferdian.

Polisi bahkan sempat terkecoh melakukan pengejaran mobil yang diketahui digunakan Ferdian saat membuat video prank hingga ke daerah Cileungsi, Kabupaten Bogor. Tetapi, mobil itu ternyata tidak dikemudian Ferdian melainkan ayah kandungnya.

Sumber: Liputan6.com/Pramita Tristiawati

3 dari 6 halaman

Teman Sudah Serahkan Diri, Youtuber Ferdian Paleka Masih Sembunyi

Dream - Keberadaan Ferdian Paleka, Youtuber pemberi sembako isi sampah, sampai saat ini belum diketahui. Ferdian masih dalam pengejaran aparat kepolisian.

Kasatreskrim Polrestabes Bandung, Ajun Komisaris Besar Galih Indragiri, mengaku tengah mengerahkan anak buahnya untuk mencari keberadaan Ferdian Paleka.

" Lagi ditindaklanjuti," ujar Galih, dikutip dari Liputan6.com.

Ferdian secara sadar menyebarkan video dirinya bersama beberapa temannya saat membagikan paket sembako kepada transpuan di kawasan Kiaracondong, Bandung, Jawa Barat. Alih-alih berisi sembako, Ferdian malah memberikan sampah dan batu.

 

4 dari 6 halaman

Teman Menyerahkan Diri

Tubagus Fahddinar, salah seorang rekan Ferdian Paleka, diketahui telah menyerahkan diri ke kepolisian. Dia mendatangi Mapolrestabes Bandung pada Senin, 4 Mei 2020.

Polisi telah menetapkan Tubagus Fahddinar sebagai tersangka kasus dugaan penghinaan terhadap transpuan dalam tayangan video prank di akun Youtube Ferdian Paleka.

Polisi berusaha keras mencari dan menangkap Ferdian Paleka di tempat persembunyiannya.

" Ada tim gabungan Satreskrim Polrestabes dengan unit Polsek Kiaracondong yang menangani kasusnya," kata Galih.

(Sumber: Liputan6.com/Hernowo Anggie)

5 dari 6 halaman

Belum Kapok! Youtuber Ferdian Paleka Minta Maaf Bila Followersnya 30 Ribu

Dream - Youtuber Ferdian Paleka saat ini sembunyi. Dia dilaporkan ke polisi oleh beberapa transgender perempuan atau transpuan di Kota Bandung yang jadi korban prank sembako berisi sampah.

Ferdian sempat membuat pernyataan yang diunggah di Instagram. Dia menyatakan akan meminta maaf kepada publik. Tetapi, permintaan maaf itu tidak tulus. Ferdian akan meminta maaf jika followersnya mencapai 40 ribu.

" Gue bakal minta maaf secara publik, kalau akun ini nyampe 40K follower kayak akun gua sebelumnya. Makasih," tulis Ferdian Paleka dengan latar hitam yang memperlihatkan akun Instagram @ferdianpalekaa tak bisa lagi diakses.

Diketahui ada beberapa akun Instagram yang terkait dengan Ferdian. Ketiganya yaitu @ferdianpalekawibisana, @ferdianpaleikaa, serta @ferdianpalekka yang diikuti 16 ribu orang.

Seolah mengukuhkan syarat dan ketentuan yang dipasangnya, Ferdian mengunggah foto diri sedang duduk di dalam mobil.

Menyertai foto itu, ia mencuit, " Gua janji, gua bakal nyerahin diri, dan gua bakal minta maaf secara publik, dengan catatan follower gua ini harus nyampe follower seperti akun sebelumnya, 40K follower #ferdianpalekaa #janjiferdianpalekaa."

 

6 dari 6 halaman

Turunkan Syarat, Jadi 30 Ribu Followers

Berikutnya, unggahan versi @ferdianpalekka yang diikuti 16 ribuan orang. Akun ini belum mengunggah apapun di fitur feed kecuali sebuah konten di Instagram Stories.

" Gw minta maaf buat semua orang yang tersinggung atas video saya," kata dia.

" Gw bener-bener ga tau sekarang harus ngapain. Tembus 30 ribu followers gw bakal nyerahin diri ke kepolisian," sambungnya disertai emoticon tangan menjura.

Lebih lanjut ia menambahkan, " Gue bukan mau pansos atau apapun itu. Gue benar-benar lagi down sekarang dan nggak tahu harus berbuat apa." Di penghujung status teks, membuat penegasan.

" Intinya tembus 30K followers, gue bakal langsung nyerahin diri ke kepolisian," pungkasnya.

Sumber: Liputan6.com/Wayan Diananto

Beri Komentar